Michi's Story #1 Part 2

 Why Did I Choose To Go To Taiwan





 

 Kalau kalian belum baca part 1, wajib banget baca dulu sebelum kesini. Buat yang belum baca bisa Click Here

Buat part kali ini aku bakalan cerita pengalamanku selama di Shute.

Note: Disini mungkin bakalan keliatan banget pengalaman burukku di shute gimana, aku ga meng-hiperbola kan, cuma ya yang aku tulis disini emang yang aku rasain dari sudut pandangku. Kalau keliatan menjelekkan buat anak Shute (kalau ada baca), ga usah tersinggung. Aku cuma sharing aja what happened to me before. Buat yang baru mau masuk, aku ngerasa Shute sekarang pasti ada perubahan.


  

Waktu aku masuk Shute itu aku ini Qiaosheng pertama yang masuk di Shute lah istilahnya gitu. Jadi ketika Shute baru terima murid asing ya aku ini salah satunya. Jadi kemungkinan sekolah kurang siap dalam menangani masalah-masalah dengan qiaosheng. Gurunya mostly baik, sampe sekarang pun aku masih ada berhubungan sama banyak guru Shute sebagai teman. 

Di foto ku waktu pertama kali sampe Taiwan ada 1 orang cewe pake seragam itu kakak kelas aku orang Taiwan. Guru yang 1 lagi itu dia baik banget agamakatolik juga jadi dia tunjukin aku gereja-gereja Katolik di Kaohsiung biar aku bisa ibadah. 

 Waktu aku dateng Taiwan aku bener -bener kayak orang bodoh, aku tuh yang ga ngerti bahasa & males banget belajar, jadi apa-apa ya ga ngerti dan ga mau ngerti (segitu ga mau nya ke Taiwan, sampe udah sampe di Taiwan pun kayak bodoamat. 

Waktu awal masuk sekolah aku letak koper dulu di asrama & langsung diajak belajar di kelas sekalian kenalan. IH SUMPAH PADAHAL CAPEK BANGET WOI MALAH DISURUH BELAJAR. Abis perjalanan di Malay ga tidur cuma tidur 4 jam an. Udah di suruh di kelas aja. Tapi luckily yang dari Medan & Semarang udah dateng. 

Shout out to my friend EVELIN VIVIANI !! Dia ini temen yang pertama kali nyapa aku dan yang menurutku perkenalannya paling EPIC! hahaha. Karena namaku jepang banget si Evelin begitu aku masuk kelas langsung ngajak ngomong bahasa Indonesia tanya asalku dari mana & aku bilang aku dari Indonesia. Terus dia ngomong pake bahasa indonesia bilang "oh iya orang indo, Indonya mana?" (aku lupa the exact words she said tapi ya itu lah intinya) aku jawab dong "Surabaya" ehh malah ngomong bahasa jawa dia hahahah. 

Anak yang dari Vietnam, Myanmar, Malaysia udah pada dateng semua. Sebelum aku masuk ke Shute ini ada 1 anak namanya Cindy dari Pontianak ngechat aku, aku juga ga tau dia dapet kontak aku dari mana waktu itu. Jadi aku ada kenalan Cindy ini. Lumayan ku kira ada temen, ehh ternyata dia belum dateng hahaha. Kupikir aku yang terakhir dateng ternyata ada si Cindy ini ama 1 lagi anak dari Kalimantan.

Kalo ga salah sih ya abis kenalan di kelas itu ga lama waktu makan terus tidur, aku duduk bareng ama si Evelin ini ama sepupu dia Kevin. Dari Indo total ada 11 orang, 1 cowo 10 cewe. 1 dari Surabaya, 2 Semarang 2 Pontianak, sisanya Medan. Zaman-zaman ini ada yang bahkan udah lulus kuliah (dari Malay, tapi ngulang lagi), jadi banyakan yang lebih tua & seumuran yang dateng.

 Aku sendiri waktu dateng bahasa Indoku ga bagus kebanyakan ngomong Inggris sampe bahasa gaul terbaru pun ga update (dan ini bikin sebagian anak indo ga suka ama aku). Ya gimana ya soalnya yang dateng banyakan dari Medan yang kebiasaannya itu pake bahasa hokkien, jadi mereka kadang juga yang ga ngerti gimana cara ngomong ke Bahasa Indonesianya, jadi banyak miss gitu dan salah paham.

Hari pertama itu pokoknya abis makan, tidur terus ada pelajaran dikit tentang aturan sekolah apa gimana ya.. Lupa dan ga peduli juga karena bodo amat dan ga ngerti, soalnya otak itu udah capek banget pengen rasanya just hit the hay. ISTIRAHAT YA TUHAN!!

Makannya itu sistem prasmanan (jadi ada catering dari luar gitu, terus kamu antri buat ambil makanannya, kayak gini katanya karena sekolah belom buka jadi ga ada kantin.. Jujur aku dulu ga ngerti maksudnya apa.. I mean sekolah ga buka, kalo gitu ngapain kita masuk, tapi maksudnya belum mulai sekolah aja). Aku dikasih mangkok stainless steel sama sumpit. Tiap hari katanya harus bawa. Biar bisa makan, kalo ga bawa harus beli mangkok kertas.

Yang kuinget tuh pokoknya udah bel pulang sekolah aja.. Waktu balik asrama, koperku ada di ruangan guru asramanya, karena paling deket dari tangga & biar ga ilang letak di situ. Baru abis itu di tunjukin kamarnya.. Ternyata aku sekamar bareng si EVELIN yee.. paling ga ada yang bisa diajak ngomong gitu.. 

Aku masih inget banget roommate ku siapa aja waktu pertama kali masuk.. Aku kenalin satu-satu lah ya.. Ada mak Ayen, kenapa di panggil mak karena dia itu yang paling tua dari Indonesia, dan ya paling keibuan, walaupun kadang kalo ngomong ga enak di denger, bisa mak jleb gitu, tapi benernya sih baik.. Cuma mungkin juga aku yang ga terbiasa dengar gaya ngomong mereka. Mak Ayen ini punya sodara yang sepupu yang udah lama dateng ke Taiwan buat sekolah jurusan Elektro di Zhongshan.. Weird-True-Story cicinya ini sekelas ama my Ex dan waktu my Ex bilang ada deket sama anak Shu-Te, cicinya ini langsung ngelarang buat deket ama aku, padahal aslinya udah mau jadian hahahahha.

Kedua ada EVELIN!! hahaha Evelin ini tuh seangkatan sama aku hitungannya.. Tapi dia lahirnya bulan January tahun 2000.. Benernya kalo di itung secara shio sih ya bener sih masih sama shio nya.. Hahah.. ya asik sih anaknya, mantan anak cheerleader gitu, rame dan enak diajak curhat.. Bisa nyambung gitu.. Mungkin karena sesama Jawa.

Last, but not least ada JULY! Lahirnya sama aku beda 3 hari doang! Dia lebih tua. Once you know her tuh udah deh anaknya bisa jadi joker gitu walaupun nerdy nerdy. She's super smart, kalo ga salah dulu rangking 1 ato 2 gitu di kelas padahal pelajaran semua mandarin. Ngakunya mandarin ga bagus tapi sebenernya mah bisa hahaha..

Aku butuh ngenalin satu satu ga sih? hahaha..

Di kamar seberang tuh ada isinya dari Medan semua. Maknae nya ada namanya Fiora, Fiora ini anaknya chubby - chubby gitu, selebgram followers 8000/13000 gitu ga salah. Anaknya emang famous, sebelum dateng aja anak dari sekolah lain banyak pada ngomongin dia gitu (ya anak Medan juga sih yang ngomongin, cuma ya termasuk terkenal lah ya.. Gila followers nya aja segitu).

Tertua lagi kedua ada namanya Ci Cindy (fyi Cindy ini ada 2, berhubung yang Medan ini lebih tua jadi di panggil Cici Cindy). Ci Cindy ini aku jujur jarang ngobrol sih, sejauh yang kuliat emang bisa ngelucu gitu. Cuma lebih suka dan bisa ngomong hokkien, jadi sama aku kek ga nyambung, entah karena harus ada orang ke-3 yang translate ato yang lain.

Ada juga namanya Velia. Well, seangkatan biasanya kalian ada yang namaya frienemy (how to spell it? lol) ya Relationshipku ama dia sih gitu. dia sepupunya Ci Cindy, jadi ya paling banyak ngabisin waktu bareng Ci Cindy.. Sisanya aku sering dimanfaatin, tapi aku orangnya iya iya aja.. Hahaha.. Entah karena bego ato males nyari perkara. Mostly sih emang dia dateng ke aku kalo ada maunya.. Misal; pinjem catokan, pengen diajak jalan.. Tapi giliran kita yang butuh orangnya menghilang.

Another best friend of mine, yang sampe sekarang tetep berhubungan baik itu Cindy. Ayi dia udah kayak Ayi aku sendiri di Taiwan. Banyak banget kasih barang. Cindy baik sih anaknya imut banget apalagi karena pendek jadi kek anak kecil.. Jujur aku sih kalo punya tinggi badan sedia keknya seneng daripada harus kek sekarang tuh nanggung rasanya. Cindy jarang hangout ama anak anak yang lain, lebih banyak kalo ga part time ya bantu ayinya..

Cristine (aku kalo ga bisa spell nama mu maaf ya Cris - manatau orangnya baca lol). Cristine ini artis, di Jakarta pernah main Sinetron dan bukan sekedar figuran yang ga ngomong, dia kek di gengnya juga gitu kalo ga salah. Ortunya punya toko roti & kue di Singkawang. Sering banget ngomongin soal cowo, bagi info cowo Taiwan, dll.

Cowonya sih cuma 1 sepupunya Evelin itu doang. Temen baik banget soalnya bisa di roasting hahaha. Pengen banget jadi Fashion Designer dia tuh. Selalu ngomenin baju aku yang apa adanya tidak ada style, dll. Kocak lah intinya.. Sangking seringnya barengan ampe dikira pacaran.

Aku kenalin anak anak Indo aja ya, kalo sampe yang negara lain mah aku namanya juga ga inget hahaha.

Benernya ada 1 lagi tapi dia di Taiwan cuma bentar banget. 

Namanya Tasha Victoria, dari Semarang.. Tipe cici cici Semarang banget, anaknya elegant gitu. Kerasa banget orang kaya vibe lol. Anaknya bener - bener calm dan ga norak. Vibe nya itu ibarat nya Rosé Blackpink gitu lah. Somehow dia tuh ama Evelin punya banyak mutual friend. Tasha ini di bawahku umurnya tapi mature banget. Dia dateng ama mamanya semingguan terus mutusin ga mau sekolah jadi balik. 

Ini foto waktu mamaku ke Shute (Aku udah ga di Shute & aku yang bagian motoin jadi ga ikut foto), yang di barisan belakang itu temen kelas ku dulu 

Kayaknya hari itu akhirnya karena aku ga ada bawa alat mandi dll, aku minta diajak keluar buat beli dan depan Shute ada toko namanya Da Jiu Jiu (Semacam toserba gitu, lumayan murah lah), disitu beli ember buat cuci baju, charger ada seingetku.. Emang ga segitu lengkap tapi ya sebagian besar yang kalian butuhin itu ada. 

Depan Shu-te juga ada family mart, jalan agak jauh ada seven eleven.. Depan sekolah ada toko sepatu kecil ama tukang jahit baju, ada toko minuman juga. Ada tukang gorengan juga buat nyemil ama tukang jualan crepes (crepes Taiwan ini menurutku mayan pricey, harganya kayak di mall padahal di pinggir jalan). Jalan ke perempatan jalan gede ada teppanyaki, sama ada KFC.

Favorite place dulu kalo makan tuh ada restoran Vietnam, anak anak di bawa ama anak vietnam makan, terus aku di kasih tau. Menurutku nasi goreng mereka ter de best yang selama ini aku pernah makan di Taiwan. Favorite dish kalo makan disini sih pho mereka.. Hahaha, nama mandarinnya He-Fen. Mereka ada beberapa macem daging gitu 

First Impression nya itu tempatnya to be honest, bukan di pusat kota bener bener pusat, tapi ternyata sebenernya terhitung masih pusat. Soalnya tempatnya itu ama MRT agak jauh (harus naik bus dulu, itupun kayak 15 menitan gitu). Jalan Shute juga bukan jalan gede, deket jalan gede sih jalan yang dilewatin bus gede (bukan bus kota).

Dulu yang enak sih di Shute ini setiap orang dikasih orang tua asuh gitu 1 guru, biasanya sama ortu asuh ini dikenalin ke anaknya juga bahkan, diajak jalan jalan juga, nah kalo butuh barang apa boleh bilang tar di bantu cari ato beliin, ya pokoknya gitu deh. Aku sih pernah diajak jalan ke Carrefour ga jauh benernya dari Shute, tapi rasanya udah wah gitu hahaha. Diajaknya naik mobil ber -5 ama ortu asuhnya si Mak Ayen.

Sabtu minggu juga pernah diajak jalan - jalan waktu diawal - awal. Diajak ke Fo Guang Shan (Buddha Museum), diajak jalan keliling sekolah kek anak ayam, biar tau daerah sekolah (tempat beli buah, pasar, toko ini itu, dll), pernah juga diajak ke Dollar Store gitu (大樂), buat belanja.

Abis itu pernah juga diajak ke ChengChing lake (dijemur gosong) hahaha, ujungnya setelah jalan ngitarin tuh danau kita BBQ an gitu. Biasa orang Taiwan suka banget BBQ hahaha.. Tapi dulu juga sempet sabtu minggu ga ada kakel (kakelnya dulu cuma orang Taiwan, karena aku kan yang pertama masuk Shute - murid asing jadi ga ada kakel orang indo ato asing), nah orang Taiwan ini kebiasaannya kalo tinggal di asrama gitu, sabtu minggu mereka pulang ke rumah.

Jadi di Taiwan ini somehow banyak murid dari luar kota sekolah dan tinggal di asrama, kayak di Shute dulu aku ada kenalan dia orang Pingtung, ada juga pacarnya temenku itu orang Tainan. Tapi ada juga yang di Kaohsiung gitu (ini aneh sih temenku, katanya biar ga telat mangkanya di asrama, ada juga yang karena males pulang rumah karena dia suka berantem ama keluarganya, ini kalo bilang pulang biasanya pulang ke tempat cowonya). Nah kalo hari Jum'at gitu mereka pulang tar hari minggu balik gitu.

Sempet sehari ini kita ga diajak kemana-mana dan masih ga boleh pergi-pergi keluar gitu. Kayaknya cuma dikirimin sarapan aja terus gatau mau makan apa. Alhasil kita bertahan hidup dengan makan mie instant (aku yang ga punya ya terpaksa minta. fyi, aku ga suka makan mie instant dulu, sempet kayaknya 2 tahun tuh ga makan mie instant sama sekali). 

Yang paling ga enak itu waktu aku belom dateng, kata group yang bener bener pertama sampe ke sekolah (anak Medan), mereka dateng bahkan ga ada AC & Wifi! Aku bersyukur banget ga dateng waktu gini karena pasti aku yakin banget bakalan minta pulang immediately & lapor ke mama biar mama lapor ke pihak yang berwenang AHAHHAAH, maksudku kek sekolah ini tuh bener - bener ga siap terima murid, kenapa terima? Alhasil kitanya yang ngerasa ga nyaman, padahal kita siswa, bayar sekolah harusnya kan ga gitu cara perlakuannya. 

Jujur kadang ada beberapa sekolah yang ngerasa mereka nerima kita tuh kita yang harus terima kasih ama sekolah. Sekolah sekolah gini tuh ga bagus.

Dulu aku sebelom punya kartu telpon Taiwan tuh nunggu mayan lama, kayak 2 mingguan baru di buatin program kontrak (sampe sekarang Shute masih pake program ini), murah sih benernya 400 NTD, aku pake sih cepet cepet aja, tapi katanya dulu, kalo udah setengah tahun udah lemot (sekarang tanya lagi ama adek kelas ada yang pake 3 bulan udah kerasa lemot). 

Di kelas waktu awal awal ini kerjanya cuma cuci rambut diulang ulang, tiap hari cuci rambut (jujur aku khawatir rambutku jadi rusak hahaha, soalnya rambutku tuh orang paling takut buat keramasin, karena gampang banget kusutnya, rambutku tipenya rambut kering, jadi di cuci tiap hari terus di hairdryer tuh jadi kering banget kadang rasanya, meskipun udah pake conditioner). Btw, nih cuci rambut bawa shampoo conditioner sendiri.

Selain keramas, diajarin buat pijet juga. Di salon di Taiwan tuh lucu menurutku, jadi sebelum di keramas, dll biasanya di pijet dulu 5 menit bagian bahu gitu. Jadi diajarin juga teknik pijet singkat, sampe telapak tangan. Pertengahan bulan Agustus gitu waktu anak anak udah lengkap di bagiin alat alat salon gitu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade