Breakdown Biaya Hidup di Taiwan

Halo semuanya, aku jujur lagi banyak ide gatau dari mana hahaha.. Lagi suka banget ngebahas soal uang. Jadi kali ini aku pengen breakdown kira kira berapa sih biaya hidup di Taiwan itu.

Artikel kali ini khusus buat student ya.. Aku juga bakalan kasih beberapa contoh barang dan harganya biar kalian juga bisa kira kira mau bawa duit berapa.

Karena aku tinggal di Kaohsiung jadi harga ini bisa jadi cuma harga lokal di Kaohsiung. Tapi buat perbandingan biasanya sih ya kalo 1 gelas Bubble Tea "merk A" di Kaohsiung misal harganya 50 NTD, Di Taichung biasanya jadi 55 NTD, dan di Taipei jadi 60 NTD.

Ya ini patokan tidak pasti sih karena ga semua barang akan gitu, cuma ya bisa buat patokan aja :)


Mari kita bahas dari harga uang sewa dulu
Kalo kalian tinggal di asrama gitu (istilahnya di Taiwan itu 雅房, bisa sekamar 2 orang, kamar mandinya bareng gitu), setauku biasanya paling murah 2000 NTD sebulan, aku sendiri kurang ngeh soal perkara air listrik tapi kayaknya kalo campur begini bakalan susah liat air listrik kecuali AC.

Kalo kalian pengen yang bisa sendiri bisa pilih pilihan kost (di Taiwan istilahnya 套房). Kamar kayak gini biasanya diliat dari luas nya, kalo luas ya pasti lebih mahal. Kalo kalian ngerasa space ga usah gede gede asalkan ada privacy gitu aja sih kalian bisa dapet dengan harga 4000 NTD sebulan. Enaknya kamar begini tuh biasanya karena kamar mandi juga ga bareng. Kekurangannya biasanya karena listrik kamar begini karena biasanya tuan rumahnya itu ambil harga listriknya jadi 5NTD/ KwH. Tapi ada juga yang udah termasuk listrik, cuma kadang jadinya listrik dalem kamar di batasin (contohnya; ga boleh masak, ga boleh pake alat listrik yang gede gitu, ato mungkin juga dalem kamar ga di sediain kulkas dll).

Pilihan yang lain kalian bisa juga sewa rumah ato istilahnya ngontrak (租房子). Kalo rumah ini biasanya emang lumayan mahal, biasanya tergantung jumlah kamarnya, paling murah bisa yang 7000 NTD gitu, listrik dan air juga bayar sendiri (berupa tagihan).

Kalo kalian emang berencana sewa diluar asrama sekolah gitu biasanya ada yang namanya (押金) ato jaminan. Uang jaminan ini biasanya tuan rumahnya minta 2x dari uang sewa bulanan. (Jadi harus siapin diawal 3x uang sewanya).


Uang makan.
Jujur aku tuh gundah kalo mau ngebahas soal makan, karena porsi makan tiap orang beda.. Hahaha
Tapi kalo bilang yang wajar sih kan sehari makan 3x, biasanya sih aku sehari 150NTD kecualli kalo lagi males gitu bisa cuma 100 NTD (Karena ga makan sarapan).
Biasanya sih aku kalo pagi sarapannya sih
Sandwich 25~30 NTD
蛋餅 20~30 NTD (ini kalo liat inggrisnya jadi pancake omelete?)
抓餅 30 NTD
Teh susu 20 NTD (Yang kecil aja)
Kalo lagi bosen, pengen makan yang beda, makan burger ayam gitu (卡拉雞漢堡) ini bisa 50 NTD sendiri
ato kalo ga, ada semacam onigiri khas Taiwan namanya (飯糰) tapi aku biasa beli yang nasinya ungu gitu jadi agak mahal bisa 60 NTD
Onigiri di seven eleven gitu juga oke sih 30NTD

Kalo makan siang sih, gatau aku orangnya bisa ga makan siang & pagi hahaha, asalkan makan malem ama makan subuh tetep jalan.
Menu makan siangku kalo dulu sekolah sih
小籠包 
Spaghetti 
Serba 50ntd
Kalo di luar sekolah ada sih yang 50 NTD tapi rada susah carinya.

Aku kadang kalo buat makan malem malah cuman beli nasi putih doang ama masak telor sendiri (pinjem wajan temen). Harga nasi putih doang itu biasanya 1 porsi nya 10 NTD.

Ini makanan aku waktu aku sekolah di Sanshin ya, kemungkinan kalo anak kuliah bakalan agak beda dikit biayanya, soalnya aku pernah beberapa kali makan di kantin anak kuliah itu harganya agak beda gitu, lebih mahal dikit, tapi masih terjangkau

Kalo mau makan enak dikit aku biasanya suka makan hotpot gitu, biasanya makan di tempat yang gratis nasi, 1 鍋 (1 kuali) gitu biasanya 100 an, kadang bisa nambah daging gitu ato isian yang ain senilai brp ntd, jadi 1 pot boleh berdua.. 1 pot tuh mahan gede biasanya, kuahnya juga boleh nambah, jadi 2 orang makan apalagi cewe bisa lah (biasanya kalo pagi 2 gitu 1 orang sekitar NTD 75 paling murah).

Harga paket MCD paling murah kayaknya 150NTD, Paket KFC 179NTD (ga ada nasi di KFC ato MCD sini).. Kalo mau hemat aku biasanya masak nasi sendiri beli chicken bucket, kayak gini bisa berdua makan dan bisa makan seharian (beli yang 5/6 pcs ayam).

Jadi kalo kalian hemat (tanpa masak, makan beli terus gitu). Kalian buat uang makan bisa cuma 150 x 30 jadi ya 4500 NTD juga udah bisa hidup layak makan 3x sehari.

Uang kebutuhan lain lain.
Internet. Biasanya paket Internet itu kalo mau beli bulanan paling murah 400 NTD/bulan. 

Uang cuci baju. Kalo kalian mau hemat bisa cuci pake tangan, kalo cuci pake mesin tergnatung juga mesin yang gimana. Cuci diluar yang setipe landromart biasanya udah termasuk sabun dan pewangi itu lebih mahal.. Sekali nyuci bisa abis 50NTD ato bahkan kalo mamu cuci kering yang ga usah di jemur lagi bisa abis 100NTD.
Kalo beli detergent sendiri sih 100NTD biasanya udah dapet 1000ml (ini sama aku bisa tahan lama, apalagi kalo nyuci pake tangan kan air ga banyak beda ama mesin cuci). 
Pilihan detergent lain ada yang kayak sabun batang (ini paling murah dan bersih banget kalo cuci pake tangan bagus pake ini), ada juga detergent bubuk (detergent bubuk ini ada yang kemasannya kek karung beras, murah sih ga abis abis jadinya aku kek sumpek, kalo kalian di asrama boleh nih beli 1 buat rame rame sama anak asrama).

Harga Sabun & Shampoo.
Sabun sendiri kalo mau beli murah sabun batang disini masih ada kok, merk harmoni itu kalo ga salah 20NTD aja. Sabun cair kalo kalian ga terpaku oleh merk, aku kadang bahkan beli yang punya carrefour atau watson, 1liter nya bisa 50 NTD doang mungkin? Kalo mau yang bermerk kayak Dove, dll bisa 100NTD+
Shampoo & Conditioner ini mayan pricey sih, paling murah merk Pert (kalo di Indo jadi rejoice), itu kemasan 1litre nya sekitar 150NTD. 

Kalo di tambah duit asrama gitu ya paling minim 6000 NTD di Kaohsiung udah bisa live well.
Tapi kalo kalian mau hidup sedikit mewah, atau kebutuhan lagi banyak menurutku 8000NTD udah cukup sih.


Alat-alat masak & makan.
Buat yang pengen masak sendiri, biar hemat (benernya beda tipis sih kalo masaknya buat diri sendiri, tapi kalo masak buat orang banyak rame rame bisa lebih murah).

Kompor listrik (biasanya di asrama, kalo boleh masak ga boleh pake kompor gas, jadi harus beli yang listrik. paling murah 800NTD (inipun harga promo dulu aku beli). ato ya NTD 1000 an.
Rice Cooker (buat yang suka makan nasi & makan nasinya banyak, apalagi cowo, biasanya beli kan 2 mangkok) biasanya harganya sih ga sampe 1000 NTD untuk porsi 10 orang.
Di Taiwan ada semacem tempat buat masak hotpot kecil gitu, lucu banget ini harganya sekitar 400~500NTD. Biasanya bisa buat masak mie instant ato sop gitu.

Alat makan, ini tergantung belinya di mana, menurutku beli di Carrefour gitu lumayan mahal, kalo kalian bisa beli di pasar yang murah gitu, piring keramik gede bisa cuma 40NTD an aja. 
Alat makan kayak sumpit biasanya belinya sekitar 3-5 set itu harganya 50 NTD. Alat makan yang lain sendok / garpu aku sih ga beli, lebih kayak secara ga langsung nyolong dari tempat kerja yang lama (ga sengaja kebawa pulang gitu), cuma kalobeli yang murah ya biasanya tipis.

Groceries.

Buat yang pengen masak sendiri. 
Buah sendiri disini ngitungnya kadang perbiji, misal contoh 100NTD dapet 3 buah.
Aku sendiri karena ga pinter potong buah (lebih tepatnya ga bisa) jadi aku lebih suka beli buah potong, kalo di toko buah gitu bisa di jual 1 stryofoam itu biasanya 35NTD.

Sayur sih tergantung sayur apa. tapi kalo bentuknya satuan (misal, wortel, tomat) biasanya dijual perbiji.  Kalo sayur yang bentuknya kayak kangkung, dijualnya biasanya per iket, periket kalo di pasar sih bisa 20 NTD aja, kalo di super market bisa 30 paling murah.. Beda ga banyak amat sih benernya, tapi ya lumayan juga..

Daging. Jelas tergantung jenis dagingnya. 
Kalo ayam yang bagian paha biasanya 90 NTD dapet 6 pcs. Dada biasanya 2 pcs itu 70 NTD
Daging babi di Taiwan murah apalagi kalo beli kemasan gede. 100NTD itu udah dapet pork belly yang udah dibumbuin lada hitam, udah dapet 1 kemasan gitu. Biasanya segini aku bisa makan sama doi ya 1,5 kali lah.
Daging sapi sih dimana mana mahal, aku kalo mau masak daging sapi biasanya diacampur ama daging lain, belinya juga pasti grosiran.. Udah setengah tahun ga beli daging sapi jadi harganya lupa, yag jelas mahal. lol.

Gula & Garam. 
Gula sih sekilo nya 30~40 NTD, tergantung tipe gulanya.. Gula putih ato kuning ato batu.. Ya gitu lah.
Garem sih 20~30NTD sekilonya

Telor biasanya isi 10 iytu 50~60NTD,
Telor asin mateng itu 10NTD/pcs

Baju.
Namanya cewe apalagi, kayaknya banyak yang ga bisa hidup dengan baju terbatas, alhasil pasti suka beli baju apalagi baju buat musim dingin (karena orang Indo biasanya ga tahan dingin dan juga beli baju dingin di Indo susah.

Baju kalo semacam kaos T-shirt sih barunya bisa cuma 100 NTD
Celana panjang (buat cowo cewe) yang murah sekitar 400NTD
Celana pendek Cewe 300 NTD
Baju dingin start dari 1000NTD kalo di toko, di shopee bisa lebih murah.
Sepatu kalo yang di pasar malem yang ga ada merk 300 NTD udah dapet, tapi kalo mau yang bermerk kayak nike biasanya 1000+NTD
Sandal sekitar 100NTD 

Buat yang pengen hemat bisa beli lewat thrift store alias toko baju bekas (tapi kadang bajunya ga bekas.. masih ada tag nya) di thrift store sendiri baju biasanya bisa mulai dari 50 NTD


Biaya hidup aku saat ini. 
Berhubung aku udah kuliah dan aku mutusin buat tinggal berdua bareng cowo aku. Live expansion ku jadi makin mahal sih walaupun aku udah hemat dan sering masak.

Sebulan buat berdua paling minim itu abis 18000NTD mungkin ya..

Biaya sewa rumah kita (kita sewa yang selantai 1 kamar, kamar mandi dalam, free mesin cuci, free air. Di dalam kamarnya udah ada lemari gede, kulkas, meja meja kecil, bedside table, laci, TV, Internet 5G, sama tempat make up.)
Harga sewanya NTD 6500/bulan tapi karena nawar jadi dapet NTD 6000/bulan (benernya dalem kamar cuma bole masak yang rebus rebus ato oseng oseng dikit, bukan yang goreng.. tapi kadang curi curi goreng juga)
Harga sewa rumah kita ini belom termasuk listrik. Di dalem kamar ada meterannya jadi harus fotoin pas bayar uang sewa. 房東 (pemilik rumah)nya itu ngitungnya 1Kwh itu 5NTD (hitungan kasarnya kalo seharian buka AC harga nya bisa 100NTD sehari, buat ac doang) karena aku juga masak dalem kamar, jadi listrik kita agak mahal, paling mahal kayaknya pernah 3500NTD sebulan kalo ga salah.

Aku kebanyakan belanjam belanja ku sendiri sih benernya ga aneh aneh benernya, aku suka beli barang dalam jumlah besar mangkanya bisa murah.
Kalian bisa beli barang ukuran besar gitu di costco yang wholesale biar murah, tapi karena di asrama jadi susah juga sih. aku biasanya beli daging ukuran 2 kg, kalo beli di carrefour bisa minta potongin jadi kecil, tapi ga kecil kecil banget.. sampe rumah harus dipotong lg jd 2/3 biar pas. Ini biasanya sekitar 400NTD, dan bisa dibuat masak 4-5 kali (sekali masak bisa tahan 2-3 hari).

Sayur, kalo sayuran ijo aku biasanya beli seplastik di supermarket, biasanya harga mulai dari 30~40an NTD, kadang beli yg beli 1 gratis 1.

Kalo mau beli tahu 1 papan 20NTD, buat goreng jadi ayam goreng sama tahu tempe. Tempe biasanya 50/100NTD.

Masak biasanya aku pake bumbu jadi (bumbu indonesia sih biasanya) harganya 20NTD 1 sachet. 

Buat beras aku sendiri suka beli beras Thailand (beras Thailand ini kayak beras Indo panjang panjang dan wangi, beda ama beras Taiwan yang lebih bulet bulet). Harganya aku biasa beli 4 kg sekitar NTD250 an kayaknya, ini bisa makan sekitar seminggu lebih.

Buat minuman (飲料) biar hemat sih aku beli sendiri, biasanya 10 sachet bilanglah nutrisari, itu sekitar 50NTD, kalo beli minuman sendiri di 飲料店 bisa sih 20NTD dapet 冬瓜茶 sekali minum.  

Aku juga orangnya ga rajin rajin amat. Ada kadang juga kayaknya gatau mau masak apa ato bosen masak, males masak.. Biasanya kalo gini aku beli makanan diluar. Beli makanan diluar ini tergantung kalo zaman sebelum covid sih biasanya bisa sekali makan abis 500~1000NTD (ya sekali-kali gila ga apalah ya), cuma biasanya suka beli ayam goreng buat makan ama nasi..

Ayam goreng semacem shilin gitu biasanya paling murah mulai dari NTD60 (ini biasanya ada tulangnya), yang tulangnya kecil ato ga ada + daging tebel itu biasanya NTD75. Aku juga sering beli McD, KFC, ato merk taiwan fat daddy ga salah namanya (lol) yang chicken bucket gitu.
Beli gorengan di 鹹酥雞 gitu biasanya seporsi bisa abis 100NTD (beli gorengan deep fried, tempura, sosis, kulit ayam, dll)
Pilihan lainnya biasanya aku suka makan nasi kari rumahan yang harganya juga ga murah amat (aku suka beli yang ada kejunya biasanya ada kejunya ini sekitar 80/90NTD)
Cowo aku suka banget makanan Thailand karena pedes pedes, biasanya dia beli 打拋肉 yang pedes, kalo lagi ga males amat beli yang daging doang 100NTD buat 2x makan dia (masak nasi sendiri), kalo lagi males masak banget ya beli pake nasi 80 NTD + nasi 10NTD buat sekali makan. Makanan Thailand yang aku suka itu Kwetiau nya sih soalnya lumayan mirip sama kwetiau goreng Indo.
Pilihan lainnya makanan Vietnam. Aku suka banget ama Pho nya. Ini seporsinya 70~80NTD

Kalo lagi males keluar biasanya pesen foodpanda, ongkir foodpanda paling murah 19NTD (harga makanan di foodpanda kadang agak mahal 10~20NTD (kalo minuman biasanya beda nya 5~15NTD)

Air dirumah aku juga harus beli diluar (isi ulang), aku biasanya abis 20 liter buat seminggu (buat masak pake air mentah) hahaha... Ini biasanya 30NTD sekali isi bisa 40NTD juga tergantung dimana dan jenis air nya (ada yang disaring pake arang bambu jadi lebih sehat jadi lebih mahal)..
Sempet berencana beli water purifier sendiri karena aku tinggal di Lt. 4 kasian doi angkat angkat. Cuma di hitung hitung harganya 2x lipat daripada sekarang jadinya ya udah lah gitu.

Buah suka beli buah potong. Yakult juga a must ama yogurt karena aku orangnya jarang boker mwhahahaha. Malem malem aku juga suka ke 7-11 beli es krim ato es ato minuman ga jelas ato makanan (宵夜) hahaha. 

Shelf minuman 7-11

Keliatannya aku mayan hemat ya masak iya sampe 18000NTD sebulan.. Aku sih jarang beli baju benernya, uangku banyakan lari ke makanan ato cemilan. Jujur sih kadang lebih hahaha. Karena udah tinggal ga diasrama kadang hati ini pengen beli barang lebih banyak, wajan baru lah.. ato apa.. Pokoknya suka laper mata banget apalagi kalo ke Ikea..

Buat internet sih aku sendiri itungannya sebulan abis 400NTD x 2 orang 800NTD 

Aku juga langganan game (origin) kayak The Sims 4, perbulanannya gatau berapa bilanglah 200NTD, aku ada langganan spotify juga 150NTD sebulan
Aku juga ada Netflix (ambil paket yang paling mahal 390NTD, dipake banyak orang sih, mama ama adekku, adeknya doi, aku & dia kadang nonton ga sama, dia juga share ke temennya, di ganti duit cash game lol).

Doi ku juga main game kadang beli cash / point ato apalah itu, dia juga kadang ngedonate youtube temennya.. Aku juga kadang beli diamond mobile legend ato starlight lol. 

Sekali tarik uang di Taiwan biasanya kena 5NTD, sekali masukin duit di ATM kena 15NTD.. transfer gatau berapa kalo beda bank, kayaknya 15NTD juga. Duit segini banyakan kalo udah di Taiwan udah ga mikir sih.

Kalo pergi pergi sekarang biasanya ada motor jadi menurutku hemat sih daripada kalo naik MRT (MRT gitu kadang bisa abis 50NTD buat PP (sama naik bus). Kalo naik motor bensin isi 100NTD bisa buat 3 hari PP doi berangkat & pulang kerja + pergi deket deket buat beli barang.



Ya gitu dulu deh tulisan aku kali ini, aku berharap tulisan aku kali ini bisa ngebantu ga cuma buat yang mau berangkat tapi juga yang udah di Taiwan khususnya buat yang mau lanjut ke jenjang kuliah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade