Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

Jadi kali ini aku cuma mau sharing info aja soal program sekolah kejuruan (SMK) di Taiwan.

Kalo kemaren aku udah kasih testimony di Taiwan dan ikut programnya kayak gimana, sekarang aku mau kasih penjelasan soal programnya sendiri, cara ngurus, apa yang dibutuhkan, dll

Program ini resmi dari Taiwan, dari Komite Overseas Chinese (Sehingga status masuk kita ke Taiwan itu sebagai 僑生 atau China Rantau) yang bekerja sama dengan kementerian pendidikan & kementerian ketenaga kerjaan, sehingga kita bisa mendapatkan program magang 40 jam seminggu yang mana sebenarnya tidak diperbolehkan bagi anak sekolah.

Program ini bisa di tanyakan langsung ke kedutaan Taiwan di Indonesia. Berikut ini video pengenalan program dari Pemerintah Taiwan.


Di Taiwan program ini lebih dikenal dengan istilah 僑生專班 (qiaosheng zhuanban) atau kelas rotasi. Ada juga yang menyebutnya 3+4 (san jia si).


Simplenya program ini ditujukan bagi siswa siswi keturunan tionghoa lulusan minim SMP yang berusia 16 tahun (atau 15 tahun yang berulang tahun pada akhir tahun) dari negara - negara asia tenggara seperti Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Myanmar, dll.

Program sekolahnya adalah program sekolah tanpa uang SPP, rolling kerja & magang setiap 3 (6 bulan) selama 3 tahun. Magang diperusahaan yang sesuai dengan jurusan kita. Semisal, ambil jurusan kecantikan, otomatis magangnya jadi di salon, atau kalau IT, maka kerjanya di pabrik jadi operator mesin gitu. Magangnya akan digaji sesuai dengan UMR Taiwan pada tahun tersebut (per 01.01.2021 menjadi NTD 24.000). 

Kalian ga salah baca! SPP nya emang gratis, jadi kita memang mendapatkan subsidy seperti dana BOS. Ini BUKAN berarti sekolah gratis ya. Sekolahnya tetap akan bayar biaya biaya seperti uang kebersihan, uang praktek/uang bahan, uang kegiatan dll. 

Jurusan yang disediakan dalam program ini antara lain:

  1. Informatika / IT  「資訊科」
  2. Elektro 「電子科」
  3. Tata Boga / Catering Management 「餐飲管理科」
  4. Tourism / Pariwisata (Mencakup perhotelan)『觀光事業科』
  5. Kecantikan / Beautification『美容科』

Untuk daftar sekolah bisa dilihat di sini

Anak program SMK 3 + 4 ini WAJIB tinggal di asrama yang sudah disediakan oleh pihak sekolah maupun pihak perusahaan magang kerja sama dengan sekolah.


Biasanya perusahaan magang & sekolah sudah di tinjau terlebih dahulu oleh pemerintah. Jadi sekolah & perusahaan magang yang tidak masuk kualifikasi tidak boleh terima siswa asing untuk magang.

Karena status kita adalah siswa jadi kita sebenernya dilarang untuk ambil lembur (kalau ketahuan lembur, sekolah, tempat kerja & juga orang yang bersangkutan akan terkena sanksi, entah berupa denda atau yang lain).


Cie, kalau udah lulus SMK 3 tahun ini, terus gimana ya?
Nah program nya kan 3 + 4, jadi 3 tahun SMK bisa ditambah 4 tahun kuliah. Program kuliahnya orang - orang bilangnya 4-2-1, 4 hari kerja 2 hari kuliah 1 hari libur. Tapi sebenernya ngga gitu ya. Aku disini berusaha kasih info se-akurat mungkin supaya kalian ga salah masuk program.
Biasanya kuliahnya akan masuk di jurusan yang kalian ambil waktu SMK.
Hanya saja kemungkinan kalian masih bisa ambil jurusan kuliah lain jika universitasnya sama dan memang menyediakan jurusan lainnya.


Kok bisa kenyataan nya ga gitu?
Karena tempat magang kita pasti nuntutnya 5 hari kerja (sehari 8 jam, sehingga 40 jam dalam seminggu). Kalau kita kekeh mau libur seharusnya bisa, tapi jadinya 1 hari libur ini kita dianggap izin kerja, otomatis kalo gitu gaji kita juga akan dikurangi.
Ada juga yang programnya jadi 5-1-1, 5 hari kerja 1 hari kuliah 1 hari libur. Ini berlaku buat yang kerjanya shift malam biasanya, karena masuknya siang ato sore, jadi mereka biasanya ada 1 hari yang pagi sampe siangnya kuliah, terus sore sampe malem nya kerja. Jadi mereka bisa dapet 1 hari yang bener-bener libur.

Kuliah boleh tinggal sendiri ga ya?
Boleh! Kok boleh? Jadi beda dengan SMK yang dianggap anak kecil, kuliah kalian ga dibatasi lagi, mereka tidak lagi se-bertanggung jawab seperti selama SMK. Belum lagi jika ikut program maka kalian harus menyesuaikan dengan lokasi magang kalian, sehingga pihak universitas biasanya tidak membatasi kalian ingin tinggal dimana (biasanya siswa memilih tinggal di tempat yang dekat dengan tempat magang). 
Anak kuliah juga biasa membeli motor sendiri sehingga bisa menghemat waktu pulang pergi kerja atau kuliah. Karena kuliah program ini biasanya seharian full dari pagi, jika menggunakan transport umum kemungkinan bisa telat, dll.

 
Kalau mau kuliah putus program gimana?
Cara paling aman ikut ujian selayaknya orang Taiwan sih, karena status kita adalah China rantau itu tadi, jadi sudah dianggap sama seperti orang Taiwan. Khususnya kalau kalian mau masuk di Universitas Negeri. 






FAQ
  • Kenapa usianya harus minimal 16 tahun? Padahal biasanya lulus SMP kan usia nya baru 14-15 tahun.
    • Karena di Taiwan, ketentuan  dari KEMENTERIAN KETENAGA KERJAAN usia minimal untuk kerja & magang adalah 16 tahun.
    • Karena berdasarkan standard Taiwan, usia masuk SD adalah 7 Tahun. Sehingga usia masuk SMA Sederajat adalah 16 Tahun, pada tahun tersebut.
  •  Kalau usia nya baru 15 tahun pada tahun tersebut apakah masih bisa join program?
    • Bisa, tapi magangnya akan mundur, misalkan genap berusia 16 tahun pada bulan January, maka magangnya start dari bulan January.
  • Kerjanya gimana? Apa dicarikan?
    • Untuk kerja, di carikan oleh sekolah. Yang mungkin harus cari sendiri itu kerja Part Time.
    • Kerjanya tergantung jurusan, jadi magangnya pasti berhubungan dengan jurusan yang di pilih. Misalkan; Jurusan Tata Boga kerja nya bisa di pabrik roti, atau pelayan restoran, kalau jurusan IT kerja nya di pabrik pembuat barang elektronik seperti memory card, dll. 
  • Kalau Mandarin sama sekali tidak bisa apakah masih bisa di terima?
    • Karena masih SMK, gurunya biasa lebih sabar jadi masih diajarkan dari sangat dasar, ada beberapa sekolah juga yang menyediakan jam belajar malam & mendatangkan guru bahasa dari luar sekolah (seperti les) untuk memperkuat mandarin. Tapi akan jauh lebih baik jika belajar dulu sebelum berangkat, at least basic, karena saat interview kerja akan sangat membantu. 
  •  Keberangkatan kira kira kapan?
    • Biasanya bulan July akhir, 1 bulan masa MOS, Interview  kerja, pengurusan surat-surat, dll. Tapi harus dilihat lagi apa masih ada pandemi Corona atau tidak, karena jika masih ada Pandemi, otomatis harus sedia biaya lebih untuk karantina 14 hari di Hotel Khusus.
  •  Masa Pandemi gini apa masih bisa berangkat?
    • Berdasarkan tahun 2020 tetap bisa berangkat bagi pemilik visa Student. Akan tetapi keberangkatannya yang seharusnya bulan July akhir / Agustus awal, menjadi bulan October
  •  
  •  

Komentar

  1. Buat yang mau tau info lebih nya & pendaftaran bisa langsung ke link di bawah ini ya..
    https://michikoakane.blogspot.com/2020/10/announcement.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear apa bisa minta informasi kapan pendaftaran dimulai.karna anak saya berminat sekali.trimakasih

      Hapus
    2. Prapendaftaran sudah di buka dari beberapa agent, ini untuk menghindari deadline file saat form pendaftaran keluar.. mengingat murid dari Indonesia adalah nomor 2 paling banyak setelah Vietnam.

      Hapus
    3. Baik terimakasih banyak.Apakah saya boleh minta alamat email.untuk tanya2 lebih dalam.terima kasih

      Hapus
    4. Bisa kirim email ke StudykeTaiwan@gmail.com

      Hapus
    5. dimana saya bisa mencari beasiswa di Taiwan?

      Terimakasih

      Hapus
  2. Mau nnya brpa rincian uang pendaftran sekolah smk san shin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello.. Thank you for asking, Sorry for slow respond..
      semua tergantung jurusan nya.. Karena tergantung bahan- bahan yang dibutuhkan.. Yang kalau di rata rata sekitar NT$ 40.000

      Hapus
  3. Biaya untuk kesana brp yah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Valen, hehe..
      Biaya tergantung lokasi kalian, krn tiket pesawat & biaya check up & vaksin tergantung tempat banget.

      Kalau keadaan normal dan tinggalnya nya di kota besar kemungkinan dgn 5 jtan udah bsa berangkat..

      Tapi karena pandemi jga, penerbangan murah jd byk yg ga ada, blm lg karantina.. jd minim untuk pengurusan s/d keberangkatan + karantina butuh 10 jtan?

      Hapus
    2. Hii , apakah bagi yang mendaftar akan mendapat kuota bagi jurusan yg di inginkan? Apakah boleh di jelaskan secara terperinci?

      Hapus
    3. Hallo, terima kasih telah meninggalkan comment.

      Untuk program SMK 3+4 ada kuotanya, hanya saja tiap sekolah tidak sama, biasanya sekitar 90 s/d 100 per jurusan. Mereka sistemnya harus cepet-cepetan. Kedua, harus ada kenalan yang bersekolah disana, Agar bisa di indentkan tempat begitu.

      Semoga bisa membantu menjawab pertanyaanmu ya.
      Terima Kasih

      Hapus
  4. Hallo , maaf saya tanya , karena anak saya berminat lanjut SMK di taiwan chung shan industrial & commercial school , karena sepupunya sudah ada 2 orang disana , cuma kami mualaf tapi keturanan cina , apakah bisa ikut program ini. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, terima kasih telah meninggalkan comment.

      Agama tidak mempengaruhi sebenar nya, hanya saja mungkin mencari makan di Taiwan agak susah, serta beribadah mungkin bisa terganggu, karena kewajiban sekolah & kerja.

      Itu saja.

      Maaf atas keterlambatan menjawab. Semoga bisa membantu.

      Hapus
  5. Hallo, sya mau bertanya.. kalo misal gak ada keturunan tionghoa sama sekali. Apakah bisa masuk ke SMK taiwan? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo DIla,

      Sorry banget baru bisa ngejawab comment kamu sekarang.

      Sayangnya program ini cuma di tujuin khusus but keturunan tionghoa atau overseas chinese.

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  6. Hi. Syarat" selain etnis tionghoa dan min umur 16th, apakah ada syarat lainnya? Calon siswa yang sudah berumur 24th apakah masih bisa di terima. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Stive,
      terimakasih sudah meninggalkan comment.

      Syarat lainnya lulus SMP, kalau masalah usia sih, harus ditanyakan ke sekolahnya langsung, karena aku ada kanal 1 orang, dia datang waktu usia nya 26 tahun..

      Katanya sih karena ada bantuan orang dalam.. Kalau boleh tau rencana mau masuk sekolah mana?

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
    2. Hi Michi,
      Thank your for replying.

      Untuk Sekolah tujuan sya tertarik di jurusan otomotif.
      Kira" jurusan IT apa masih bisa masuk ke sekolah otomotif atau e-commerc? juga kalau melalui pihak agensi apa masih bisa pilih sekolah tujuanya? Karena ada temen yang seumuran daftar dan sekolahnya di bantu carikan dari pihak agensi.
      Tanpa kenalan org dalam, masih ada kesempatan tidak ikut program smk taiwan?

      Warm regards,
      Stive and friend

      Hapus
    3. Hi Stive

      Bisa pilih sekolahnya kok. Program ini memang harus lewat agensi ga bisa direct.
      Jurusan E-commerce tahun ini juga sudah ga ada.

      Untuk kasus temen kamu, dia sekarang posisinya di Taiwan? Sebenernya bisa lewat jalur pindah sekolah.. Cuma juga susah susah gampang, aturannya sih kenaikan kelas 1 ke kelas 2 baru bisa pindah.
      Karena casenya lumayan unik, informasi lebih dalam bisa melalui DM instagram aku, @Michiko_Akane

      Thank You So Much for reading
      Michiko Akane

      Hapus
  7. Kalau sekolah smk kayak gini ada ulangan kenaikan kelas ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, terima kasih sudah comment disini,

      Untuk ulangan kenaikan kelas ga ada sih, Di Taiwan sistemnya tetep naik kelas tapi kalau ada nilai yang ga tuntas harus seperti remidi dengan cara bayar guru.. seperti ikut summer class gitu..

      Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu ya

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  8. Apakah harus punya skill nya dulu buat masuk jurusan tsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo,
      Terima Kasih udah tinggalin comment disini..

      Kalo tentang skill sih ga harus bisa, karena disini diajarin dari nol..

      Kalau untuk skill bahasa akan lebih baik kalau sudah bisa bahasa di tingkat basic, tapi kalau ga bisa juga benernya ga masalah, ada beberapa sekolah yang menyediakan kelas mandarin tambahan setelah pulang sekolah..

      Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu ya..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  9. Bisa ga sih klau sejolah SMK nya diTaiwan trus kuliahnya lanjut diluar negeri??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo,
      Terima kasih sudah mau meninggalkan comment disini..

      hmm.. benernya bisa bisa aja sih, tapi itu tergantung kemampuan sendiri, bisa ga cari opportunity-nya. Kalau bisa ya ga ada masalah mau kuliah dimanapun..

      Aku punya kakak kelas ada yang dapat beasiswa karena mandarinnya jago sampai ke Russia. Ada juga temennya cowo aku dia ke Jepang buat kuliah juga beasiswa kalo ga salah.

      Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu ya..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  10. halo saya mau nanya... saya sudah menanyakan ke agent dikota saya tentang perihal biaya keberangkatan itu memakan biaya -+25 juta selama 1 semester atau 1 tahun pertama saya kurang jelas mendengar... apakah benar yang dikatakan? atau yang benar adalah biaya keberangkatan 5 juta (dengan kondisi pandemi mungkin bisa sampai 10jutaan). tolong dijawab kak michiko..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo,
      Terimakasih sudah meninggalkan comment,

      Menjawab pertanyaan ini rada susah susah gampang sebenernya kalo disuruh harus rinci sekali..
      Kalau urusan sampai dengan keberangkatan iya minim sekarang harus sediakan 10 juta (karena sekarang harga tiket minimal diangka 4 - 5 jutaan pesawat direct jakarta-taipei) kalau dulu kan pesawat ada yang 2 jutaan bisa transit.

      Berhubung pandemi jadi HARUS lewat Jakarta, otomatis juga harus beli tiket ke Jakarta dulu.. Belum lagi biaya entah swab test atau rapid test nya..

      Ini belum termasuk biaya karantina nya, karantina sendiri paling aman sedia 15jt (sehari 1 juta).. Cuman, kalau berdasarkan tahun kemarin, student karantinanya emang ada dikasih subsidy senilai -+ 500rb sehari, ada juga sekolah yang kasih tambahan subsidy sendiri jadi siswa ga perlu bayar apa apa lagi..

      Perincian tentang biaya karantina ga akan keluar sampe waktunya bikin visa, jadi kalau beruntung, buat berangkat doang ga usah keluar biaya sampe 25 juta,

      estimasi termahal sih bisa 40jt buat semester pertama doang..
      Karena semester pertama kan butuh beli seragam, dll..

      Ya segitu dulu jawaban dari aku, semoga bisa membantu.. :)

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
    2. Hy tahun ini keberangkatan di bulan brp ya

      Hapus
  11. hallo kak mau tanya... program ini tuh pasti berangkat ga ya? pasti diterima pihak smk nya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Calista,
      Terimakasih sudah meninggalkan comment

      Menaggapi pertanayan kamu, kalau soal pasti di terima sih pasti, asal sekolah tersebut masih ada slot (karena sekolahnya ini pakai sistem kuota, jadi kalau penuh ya ga bisa terima lagi)

      Ketentuan di terimanya itu asal di rapot ga ada nilai yang 0 kalo ga salah..

      Balik lagi tentang kuota sekolah, kalau kamu pilih sekolah favorit ya harus cepet biar kebagian tempat, atau bisa juga biar aman, pilih sekolah yang masih baru buka kelas overseas chinese..

      Ya sekian dulu dari aku, kalau ada pertanyaan lagi bisa tinggalin comment atau reach out ke ig aku @michiko_akane

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  12. halo kak saya mau tanya.. saya sekarang kelas smp3 masi berumur 15 kalau misalkan saya mau smk di Taiwan apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rosemary,
      Terimakasih sudah meninggalkan comment disini..

      Menjawab pertanyaan kamu, kalo boleh tau usia 16 nya kapan ya? Karena kalau terlalu jauh (misal masih pertengahan tahun depan) harus tunggu tahun depan baru bisa daftar.

      Sekian jawaban dari aku,

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  13. Halo kakk mau tanyaaa, sekolah terbaik untuk smk jurusan informatika dimana ya kak? Ap sklh hua de bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Terimakasih banyak sudah meninggalkan comment.

      SMK yang menyediakan jurusan IT ada banyak, tergantung kamu maunya di daerah mana.. Kalau di Kaohsiung Huade bagus kok, Kalau favorit di Kaohsiung sih di Zhongshan, cuman Zhongshan ini banyak banget yang mau masuk jadi kemungkinan di terimanya agak kurang besar..

      Kalau mau di Taipei bisa pilih SMK Zhuangjing...

      Sekian dulu jawaban dari aku..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  14. Halo, kalau sekolah disana ulangan atau pelajaran nulisnya apakah pakai hanzi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo
      Terimakasih sudah meninggalkan comment..

      Ulangan, tugas, catatan semua biasanya dalam bahasa mandarin jadi memang semua pakai hanzi,

      Semoga jawabanku bisa membantu

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
    2. halo saya mau nanya saya lahir di tanggal 13-12-2005 apakah bisa saya bersekolah ditaiwan?

      Hapus
    3. Yaampun ternyata comment nya disini hahaha.. pantes aku cari cari kok susah gitu..

      Harusnya sih bisa bisa aja, cuma karena tahun ini ketat aku kurang tau juga, cuma emang setaukua da slot terbatas buat yang masih 15 tahun, katanya setahun itu dibatesin buat cuma 60 orang aja..
      Ini tergantung jug aama pihak sekolah yang kamu pilih mau terima ato ngga..

      Semoga menjawab pertanyaan kamu ya..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  15. Hai aku mau tanya kemarin sodara ku punya temen ngulang gitu jadi dia ud tamat sma trs tanjut smk ke taiwan dan ktny 1 bulan bisa dpt sktar 10jt apakah benar ? Terus katanya dia cuman keluar uang tiket sama di kasih duit jajan aja selebihnya free itu gimana ya ? Sama kalo yang ngulang smk gt bamyak gk sih pdhl udah tamat sma. hehe makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Thank you banget udah ninggalin comment, sorry banget baru bisa bales sekarang soalnya commentnya ketupuk X_X

      Iya ga salah kok, magang di Taiwan sebulannya di gaji UMR nya emang sekitar kurleb 12jt (gaji kotor). BUKAN FREE tapi ada dapet subsidi gitu, jadi tetep bayar uang sekolah dari uang gaji, Ini duitnya masih sisa, bisa buat uang jajan.

      Banyak kok yang ngulang gitu hahaha biasanya emang banyakan yang ngulang gitu soalnya kalo di Indo kan SMA 14/15 tahun udah masuk SMA, tapi kalo di Taiwan ini biasanya 16 tahun baru SMA (ada umurnya)

      Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu ya..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  16. Halo haloo, Hahaha
    Thank you udah ninggalin comment

    Kalo gaji magang emang bener dapetnya 10jutaan (gaji UMR Taiwan tahun 2021 senilai NTD 24000 atau kalau kursnya 500 berarti 12juta)

    Benernya ga free juga karena uang sekolah ada yang mesti di bayar seperti uang bahan atau asrama. Mungkin ada yang kasih gratis asrama cuma ga semua tempat gitu hehehe..

    Kalau yang ngulang gitu dulu banyak sih.. Tapi kalo sekarang ya masih banyak, tapi banyakan yang lulus SMP yang berangkat,

    Sekian Jawaban dari aku.. Semoga bisa membantu

    Salam,
    Michiko Akane

    BalasHapus
  17. Halloo kakk saya mau nanya ni
    Di setiap tahun nya di sana ada ulangan kenaikan kelas ga si kak
    Terus bagi anak yg baru masuk dan bahasa Mandarin nya kurang bisa apa kah di ajari dari paling dasar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo

      Di Taiwan ga ada ulangan kenaikan kelas.. beberapa sekolah bahkan kasih keringanan buat ga ngasih uas ke anaknya..

      Tapi biasanya kalo SmK ada ujian negara tiap tahun yang masuk di kurikulum sekolahnya.. ini sih ga wajib ujiannya harus lewat tapi kalo lewat bakalan bagus buat future nya kalo masih menetap di Taiwan..

      Salam
      Michiko Akane

      Hapus
  18. hai kak michiko aku mau tanya kalau batasan umurnya sampai umur berapa ya kak?
    apakah kalau udah 20an udah ga bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo

      Thank you udah ninggalin comment

      Batas umurnya 22 ya, jadi kalau masih umur 20 masih boleh

      Semoga bisa membantu

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
    2. Kak saya mau nnya emg hars bkin ktp ya baru bisa pergi

      Hapus
  19. tahun ajaran baru di sana dengan Indonesia sama kah?
    juni-juli..
    trus pendaftaran worth it biasa bulan apa awal pembukaan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Vie

      Terimakasih sudah meninggalkan comment

      Menjawab pertanyaan kamu ini, di Taiwan ini awal masuk sekolah itu bulan September, tapi berangkatnya biasanya bulan july akhir.

      Pendaftaran resmi biasanya bulan february.. Tapi kadang bisa indent nama ke sekolah sekolah sebelum itu..

      Semoga bisa menjawab pertaanyan kamu

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  20. Halo kakk mau tanya bentar lagi aku lulus SMA kalau aku baru daftar pas lulus masi bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo

      Thank you banget udah ninggalin comment, sorry banget baru bisa jawab sekarang soalnya ketumpuk..

      Masih bisa kok, asal usianya ga lebih dari 22 tahun aja..

      Semoga bisa menjawab pertanyaanmu,

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  21. Hallo,
    Thank you udah ninggalin comment disini..

    Bisa aja sih, bahkan ada yang udah kuliah juga masih ikut program ini.. Hahaha
    Cuma sayangnya pendaftaran untuk tahun ini udah tutup 15 April kemarin..

    Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu ya.

    Salam,
    Michiko Akane

    BalasHapus
  22. kak, mau nanya donk. Biaya apa aja ya yang harus dipersiapkan? Aku taunya cuman tiket pesawat, asrama, uang praktek, biaya hidup disana. Tapi apa ada yang lain dari itu? Kayak visa, paspor, seragam, uang jalan-jalan (aku punya kakak kelas ikut program ini, dan biasanya mereka jalan-jalan di tempat wisata yang ada di sana. Itu bayar sendiri atau dari programnya?), Terus pas di asrama itu apa aja ya yg harus dibeli, apa harus beli ember, bayar air, listrik, etc? Dan kalau uang praktek itu biasanya satu kali praktek berapa yah? Maaf banyak nanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian mau tanya, mereka tau kita Chinese itu buktinya diambil dari mana ya? Apa ada suratnya sendiri?

      Hapus
    2. Halo
      Thank You banget udah ninggalin comment disini,
      Sorry banget baru bisa bacain dan balesin comment sekarang..

      Menjawab pertanyaan ini aku rada susah jawab karena aku bukan orang dalem sana.. Biasanya diliat dari apakah punya nama mandarin atau ngga (biasanya kalau ada keturunan chinese ada diberi nama oleh ortu atau kakek nenek, nama mandarin ini butuh banget),

      Nama marga indo juga sangat bantu karena waktu zaman presiden Suharto, nama mandarin leluhur kita kan dipaksa ganti, biasanya keliatan kalo masih orang chinese, marga Indonesia nya masih ada unsur chinesenya. Contoh: Tantowi, Tanuwijaya, dll berkemungkinan akan bermarga 陳 (Karena marga Chen ini spell an hokkien nya jadi Tan)

      Kedua kalo aku dulu harus bisa sebutkan ras china nya, apalagi kalau masih bisa bahasanya ya ga akan di ragukan lagi, Dulu kalo aku harus bisa cerita dulu kira kira akong tuh dateng dari China tahun berapa dan asal bener bener asal daerahnya di china di mana.

      Soalnya aku ada kenalan asal Papua, masih ada keturunan Chinese dari mamanya tapi ga diakuin karena mereka mikirnya di Papua ga ada etnis Tionghoa nya, jadi harus kasih bukti kalo emang di Papua ada Tionghoa gitu jadinya, Foto makam nenek kakek kan kalo keturunan tionghoa ada nama mandarinnya, dll.

      Kalau soal surat mungkin surat ganti nama zaman Suharto itu sih, cuma kalo ga ada juga ga apa. Hahaha

      Ya.. Semoga jawaban ku bisa menjawab pertanyaan kamu deh..

      Semangat!

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
    3. Tambahan buat pertanyaan yang diatasnya ya..

      Visa ama Passport harus dong, ini kebutuhan sendiri, Jadi emang ga di mention di biaya sekolah karena sekolah ga bantu bikinin passport ama visa, jadi emang mesti bikin sendiri sebelum berangkat. Kalo ga ada passport, ga bisa keluar negeri. Kalau ga ada visa, ga bisa masuk di suatu negara. Apalgi kan mau datang buat sekolah itu pasti ada visa khusus namanya visa pelajar.

      Seragam pasti ada, karena SMK beda ama kuliah yang bajunya bebas. Kalo soal jalan jalan biasanya ada outing emang tapi ga sering, kalau outing biasanya juga mesti pakai seragam gitu.. Jadi kalau pakai baju bebas kemungkinan sih jalan sendiri.

      Kalo soal asrama ini tiap sekolah regulasinya ga sama ya.. Ada yang kasih fasilitas asrama gratis cuma bayar tagihan listrik aja.. Ada juga yang bayar semua, ada juga yang semua harganya udah masuk di uang asramanya.

      Alat alat seperti ember dan lain lain itu tergantung kamunya sih mau beli atau ga.. Misal mau nyuci bajunya bukan pake tangan, tapi pake mesin.. ya ga usah beli ember.

      Hapus
    4. oke kak, makasih udah dijelasin secara rinci..

      Hapus
    5. Sama - sama..

      Thank you banget udah baca dan comment.

      Hapus
  23. hi kak, aku mau tanya. Persyaratanku di program ini semuanya bisa (kayak keturunan Tionghoa, umur minimal 16, lulus SMP, etc..) tapi kalau semisal kita itu gk punya kenalan di alumni situ, apa kita masih bisa ikut program? Atau ada cara lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Xia,
      Sorry banget baru sempet bacain comment dan balesin comment.. Tapi thankyou banget udah mau tinggalin comment disinj..

      Benernya ga a1da kenalan tetep bisa ikut program kok.. Cuma kalo sekolah nya favorit, biasany susah kalo mau masuk karena ga ad yang recommend.. Bedanya disitu aja sih.

      Jadi tetetep bisa ikut program cua sekolahnya kemungkinan ga bisa dapat yang favorit aja.

      Semoga jawaban ku bisa menjawab pertanyaan kamu ya..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  24. Hai kak mau tanya dong, klo misal pake kacamata gitu bisa masuk sana kah? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo

      Sorry baru sempet buka comment dan ngebalesin. Tapi Thankyou banget udah ninggalin comment.

      Pakai kacamata ga ngaruh sih sebenernya. Magangnya juga biasanya ga ada masalah pakai kacamata ato ngga, cuma kadang emang kalo pakai kacamata jadi agak susah aja di beberapa jenis restoran..

      Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  25. Hai kak, aku mau nnya. Biasa disklhnya ad libur panjangnya ga si trs klu misalnya ad libur panjangnya bisa kembali ke indo atau pulang kekampung halaman ga si

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo

      Thank you banget udah ninggalin comment, sorry banget baru bisa bales sekarang.

      Benernya ada sih libur panjangnya tapi buat program reguler, kalau program yang sambil magang ini full sekolah full kerja, soalnya kalo kebagian kenaikan kelas nya waktu magang, jadi susah banget mau izin ga kerja nya buat pulang.

      Tapi buat gantinya kalo masa sekolah gitu terus emang mau pulang indo, bisa minta izin gitu 2 minggu buat pulang ke Indo.

      Semoga bermanfaat.

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
    2. Kak saya mau nnya misalnya klw udh lulus smp trs umur 16 (gak ad password)bisa g si ke taiwan
      Bikin ktp hrs umur 17 kan?

      Hapus
    3. Halo..

      Aku luruskan sedikit ya.. dokumen yang di butuhin buat ke luar negeri itu Passport bukan KTP.

      KTP tapi ga punya passport kamu tetep ga bisa keluar negeri.

      Sedikit cerita aku dateng ke Taiwan ini ga punya KTP..
      Aku waktu 16 tahun udah pembaharuan passport (bukan buat baru), jadi kalo di keluarga ku itu passport biasanya ga dibiarin ampe mati udah ganti (jadi ada sisa 3-6bulan, udah buat baru).
      Aku dari umur 6 tahun kayaknya udah punya passport sendiri mangkanya bisa keluar negeri jalan jalan juga..

      Sekarang aku udah 22 tahun Dan ga pernah ngurus KTP.. bukan contoh yang bagus di tiru tapi KTP Indonesia di Taiwan juga ga berguna 😂

      Semoga pertanyaan kamu terjawab deh ya..

      Salam
      Michiko Akane

      Hapus
  26. Hai ka..saya mo nanya lagi..hehehe
    Kondisi covid begini, apakah yg udah daftar smk tetap jadi berangkat ya? Apakah disana juga sekolah online saat ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo lagi Xixi

      Menjawab pertanyaan kamu ini, sekarang di Taiwan memang sekolah semua di wajibkan online.
      Untuk info programnya sendiri belum ada keterangan di batalkan, jadi kemungkinan emang masih berangkat, hanya aja mungkin terlambat.

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  27. Halo kak, mau nanya nih, kalau umur nya udah 18 bisa ikut ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. Thank you banget udah ninggalin comment disini..

      Masih bisa ikut kok :) maximal usianya buat ikut program ini tuh 22 tahun.

      Semoga bis amenjawab pertanyyan kamu.

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  28. halo kk,mau nanya ni klo kelahiran aku 13des2005 apakah bisa smk di taiwan? saya berencana tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Thank you banget udah ninggalin comment disini,

      Untuk pendafataran tahun ini sudah di close, jadi kalau belum daftar, harus tunggu pendaftaran tahun depan biar bisa berangkat.

      Kalo kamu udah daftar sih tergantung, katanya kuota nya buat yang 15 tahun tahun ini cuma 60 orang aja, kemungkinan bakalan di seleksi gitu..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  29. siang kak
    anak saya lahiran 9-2-2006
    bisa ikut ga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Terimakasih sudah meninggalkan comment disini..

      Untuk pendaftaran tahun ini sudah tutup ya, jadi kalau mau daftar bisanya tahun depan.. Tahun depan daftar sih harusnya ga ada masalah..

      Sekian jawaban dari aku..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  30. kak, total biaya dari visa, pesawat, pendaftaran sekolah, paspor, dll (semua biaya pas mau ke Taiwan/sebelum sekolah) SMK Sanshin jurusan kecantikan itu berapa ya, apa sampai 20jt? Pas pendaftaran yg dari agent studyketaiwan itu bayar tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf tanya lagi, hehe🙏🏻

      Hapus
    2. Halo lagi Lynn..

      Total biaya ini tergantung daerah juga, karena kalau luar pulau Jawa, kan otomatis harga tiket pesawat lebih mahal, harga medical check up sama vaksin biasanya juga lebih mahal.. Tapi amannya sih 20 juta udah cukup kok..

      Di Sanshin setelah masuk sekolah ada fasilitas pinjam uang sama pihak sekolah senilai 8000 NTD / bulan (max pinjam 3x).

      Jadi kalaupun memang ada kurang biaya setelah di Taiwan, bisa pinjam pihak sekolah,

      Semoga menjawab pertanyaan kamu ya

      Salam hangat,
      Michiko Akane

      Hapus
    3. once again thanks ya kakk

      Hapus
    4. Sama - sama ^^
      Jangan bosen baca blog aku ya >.<

      Hapus
  31. hai min,saya mau nnya tentang program magang SMK di Taiwan.
    kalau sudah usia 26thn masih bisa ikut program itu ga ya min?
    dan dalam 1thn magang berapa bulan? apa selama 3thn sklh setiap tahunnya akan ada magang min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..

      Malu aku di panggil admin.. Berasa kayak blog ku udah gede banget sampe butuh admin. hahaha.. (maafkan jokes ku yang sampah ini).

      Kalo udah usia segitu jujur sih ya udah susah, soalnya batas usianya 22 tahun, dulu sih masih bisa ada yang lolos cuma sekarang udah diperketat banget, bahkan yang 15 tahun juga udah susah lolosnya.

      Hmm.. gimana ya, mungkin dicoba aja kalo lolos ya bersyukur, kalo ngga, mungkin saranku sih coba ambil program kuliah aja yang free.. Kuliah gini juga bisa part time 20 jam seminggu (Kira-kira dapetnya sih 6 juta sebulan, kalo full 20 jam seminggu). Kalo lagi summer ato winter holiday kerjanya bisa full 40 jam seminggu.

      Bonusnya sih kadang kuliah ini masih kasih kamu uang saku lagi, jadi kayak kamu di bayar untuk sekolah.

      Kalo SMK sih tiap 3 bulan rolling jadi 3 tahun tuh total magangnya 17 bulan, sekolahnya juga 17 bulan (soalnya sekolahnya start bulan september, lulusnya bulan juni akhir/july awal). note: SMK ga ada libur sepanjang tahun kalo ga sekolah ya magang, jadi 3 tahun itu full libur cuma tanggal merah lah.

      Semoga jawaban aku bisa ngebantu deh..

      Salam hangat,
      Michiko Akane

      Hapus
    2. Yang umur 16 bisa g? Kan blm ad ktp
      Trs klw smk/sma nya kelas 1 dh naik kls 2 trs kels 2ny di taiwan msh tetap lanjutkan kls 2 atau ulang lagi kls 1

      Hapus
    3. Halo..
      Sorry baru bales ya..

      Bisa bisa aja bahkan di Taiwan ada yang 14 tahun udah berangkat buat program SMA reguler.. Jadi ga masalah juga.. mungkin kalo di bawah 17 tahun kamu ga bisa buat passport sendiri aja.. harus di temani orangtua tapi bisa..

      Kalo soal ngulang pasti kan bakalan ngulang.. karena di Taiwan sistem sma nya ga sama kayak di Indo.. lulusan SMA Taiwan nerima nya diploma..

      Semoga pertanyaan kamu terjawab ya..

      Salam..
      Michiko Akane

      Hapus
  32. Halo sy Evi, apa benar program ini hy bisa diikuti oleh anak dr Jabodetabek batam, jambi & lampung?? Apa bisa sy minta no wa agent yg urus sklh ke Taiwan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Evi,
      Thank you udah ninggalin comment..
      Ngga kok, bali juga ada agent, bahkan tahun ini ada yang dari Papua juga.. kalo mau aku share via ig aja ya, dm aku di @michiko_akane atau kalo ngga kamu bisa ke FB page Study ke Taiwan atau juga bisa kirim email ke StudyKeTaiwan@gmail.com.

      Semoga bisa membantu,

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  33. Haloooo , apa siswa siswi smk 3+4 taiwan boleh semiran??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..
      Thank you udah ninggalin comment

      Sayangnya karena status ya masih anak SMA.. rambut ga boleh semir.. (kecuali masa magang.. kalo masa magang ini biasanya diliat lagi aturan dari perusahaannya gimana, ada yang ga boleh terlalu terang ada juga yang terang / warna warni ga masalah)

      Salam..
      Michiko Akane

      Hapus


  34. Mau tolong tanya dong. Saya itu pengen kuliah di jurusan biotech.... Jadi carinya sma.... Ada ga yg kasi beasiswa?

    BalasHapus
  35. Haloo,mau tanya nih kalau kita lagi sedang masa sekolah,setelah selesai jam sekolah kita cari part time gitu boleh ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..

      Part time sih ga masalah asalkan tidak menggangu dalam belajar, biasanya sekolah lebih pro untuk ambil sabtu minggu biar ga terlalu capek..

      Semoga membantu

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  36. Halo kak bantu ada nomer wa gak sama bantu cara pendaftaran bisa gak ? Saya ada 2 saudara juga barmau berangkat ke sana gtiu ke kota kaosshing katanya bantu saya mendaftar bisa gak kak saya kelas 3 SMA umur 17 tahun bisa dibantu gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Bisa kok aku bisa bantu..

      Langsung hubungi email
      StudyKeTaiwan@gmail.com aja ya

      Makasih..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus


  37. Hai, mau tanya di smk di taiwan ada jurusan teknik mesin ngak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kevin

      Thank you udah ninggalin comment disini ya..

      Menjawab pertanyaan kamu ini, di Taiwan sendiri untuk program SMK reguler ada program sejenis teknik mesin, hanya saja mesinnya biasanya di bedakan lagi, mesin pesawat atau mesin kereta, atau mesin mobil.. gitu..

      Semoga pertanyaan kamu terjawab,
      Semangat..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  38. Saya mau nanya misalkan kita sediakan biaya keberangkatan, sampe di sana kita ada di.kenakan biaya apa lg setiap bulan nya. Apakah mmg free sampe anak tamat Smk. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mom Rita

      Terimakasih telah meninggalkan komentar
      Maaf banget karena baru bisa reply sekarang.

      Aku tekankan sekali lagi ya, SMK TAIWAN TIDAK FREE.
      Aku udah bahas berkali kali bahkan ada post yang memang ngebahas khusus tentang rincian biaya.

      Program SMK Taiwan ini hanya memberikan subsidi uang sekolah. Sistem pembayaran di Taiwan dan di Indonesia juga tidak sama, yang mana uang sekolah sendiri belum mencakup ; uang bahan, uang praktek, uang kegiatan, uang eskul dan lain lain.

      Uang sekolah gratis ini hanya mencakup uang gaji guru, uang kebersihan sekolah, uang listrik dan air sekolah, (lebih ke arah uang operasional sekolah saja).

      Tentu saja siswa siswi juga masih membutuhkan uang makan, uang jajan (beli kebutuhan sehari - hari), dan juga membayar uang asrama..

      Jadi tolong jangan beranggapan bahwa sekolah ke Taiwan itu gratis..

      Mohon pengertiannya..
      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  39. Halo kak saya mau tanya, saya keturunan tionghoa tapi saya tidak punya nama chinese apakah tetap bisa mendaftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak, mau daftar jugaaa? ayo kita daftar bareng bareng yuu!! biar ada temenn😁

      Hapus
    2. Halo semuanya,

      Kalo untuk nama mandarin kan bisa di cari, mungkin tanya ke akong atau ama, atau minta ke orang pintar yang memang carikan nama mandarin gitu.. Yang penting harus tau nama marga nya..

      Karena nama marga di keturunan etnis tionghoa kan sangat penting ga boleh asal di lupakan karena itu bentuk jati diri.

      Aku sendiri ada jasa buat cariin nama mandarin yang bagus, cuma memang ga sampe ke arah fengshui nama ya.. cuma nama yang kedengeran sama arti aja.. kalo berhubungan sama fengshui bisa bayar mahal.. cuma mau cari nama di orang tetep yang utamanya harus tau marganya.

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  40. Saya mau nanya, rencana tahun depan 2022 mau berangkat ke taiwan, tepatny di kota kaoshiung, saya keturunan Tionghoa tp masuk muslim, apakah bisa?, Dan kalo ambil jurusan tataboga, jika disana lockdown karena covid, apakah bisa tetap bekerja atau gimana ya?
    Thank you😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kamu yang di sana!

      Sebelumnya aku minta maaf dulu, bukan bermaksud mau rasis atau gimana, cuma memang bagi yang muslim menurut aku agak susah mau stay di Taiwan apalagi kalo statusnya jadi pelajar SMK..

      Program SMK sendiri tidak membatasi para pesertanya dari sisi agama, Hanya saja akan susah mencari menu makanan yang sesuai, apalagi tidak semua sekolah menyediakan dapur untuk memasak makanan, bahkan beberapa sekolah memberlakukan sistem makan bersama di sekolah (bisa diakalin dengan mengambil menu vegetarian)

      Kalo untuk masalah magang tetep bisa magang kok, jangan khawatir, Taiwan ga pernah lockdown gimana banget, karena masyarakatnya sadar diri sih..


      Semoga membantu deh,..
      Sampai jumpa di Taiwan!

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  41. Selamat pagi... Saya mau tanya jika anak saya sekarang kelas SMA 1, lalu melanjutkan SMA 2 nya di Taiwan itu bisakah?
    Ada nomor WA untuk bertanya hal lain? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Sihin

      Terimakasih sudah meninggalkan comment

      SMA Taiwan dan Indonesia ga sama ya, secara kurikulum udah beda.. lain misalnya di Indonesia ambil yang mungkin kurikulum Cambridge lalu di Taiwan terusin juga yang kurikulum Cambridge, itu bisa lanjut.

      Nah aku udah pernah jelaskan di Taiwan ini lulusan SMA sederajat itu gelarnya diploma beda sama di Indonesia.. Karena kurikulumnya ga sama, jadi ya harus ngulang..

      Semoga membantu..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
    2. untuk pendaftaran atau informasi lebih lanjut bisa menghubungi email
      StudyKeTaiwan@gmail.com

      Hapus
  42. Halo michico mau tny ada agen di surabaya ng ya ..kalo ada tolong info mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Maaf atas slow responnya ya..

      Untuk agent daerah Surabaya bisa menghubungi StudyKeTaiwan@gmail.com

      Semoga membantu

      Hapus
  43. Malam cie, mau tanya kalau ini mau ambil program 3+4 terus ambil jurusan kecantikan, itu magangnya apa aja ya?

    BalasHapus


  44. Mau nnya klau dah tamat SMK jjb ini..mua kuliah di luar jjb apa bisa? Apa harus plg ke ind urus surat2 buat kuliah Tawan lagi?

    BalasHapus
  45. Kak saya mau tanya saya kan pengen sekolah disana ambil jurusan komputerr tapi masalahnya saya ga tau sama sekaliii main komputer, apakah itu bisa? Dan apakah di ajarin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..
      Thank you udah ninggalin comment..

      Jurusan IT / Computer itu ga full belajar komputer kok.. Malah benernya lebih banyak belajar hardwarenya.. Jadi harusanya tetep bisa ngikutin..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  46. Jika ikut program 3+4 apakah universitas harus ikutin SMK atau boleh pilih? boleh info the best SMK utk catering management atau tata boga? terima kasih.

    BalasHapus
  47. oh ya rekomen agen Indonesia ya, saya bisa hub kemana untuk studi tahun 2023. terima kasih

    BalasHapus
  48. kalau saya baca pertanyaan diatas ada kuliah free, blh minta link infonya? dan menurut kamu jika anak saya th depan naik kelas 3 mending ambil program 3+4 atau tunggu lulus lgs ikut kuliah free itu ya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih sudah mengirimkan pertanyaan ke MichikoAkane.blogspot.com

      Kuliah free yang di tawarkan universitas Taiwan biasanya hanya berlaku 1 tahun pertama saja, setelahnya siswa akan di bebankan oleh nilai dan service hour (membantu di sekolah, bisa dalam kantor atau dalam bentuk lain).

      Regulasi setiap universitas akan beasiswa pada tahun kedua dan seterusnya berbeda beda, ada yang mewajibkan harus ranking 1 atau bahkan asal nilai rata rata 80 sudah pasti dapat. Biasanya terantung dari tingkat ke populeran universitasnya, kalau cukup terkenal maka targetnya biasanya cukup tinggi.

      Biasanya akan lebih baik melihat kemampuan mandarin siswa dan tingkat ekonominya, kalau memang suka kerja, magang, memang ingin tinggal di Taiwan untuk bekerja maka lebih baik ambil SMK sambil magang saja.

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  49. Haloo michiko..kalau mau lanjut univeritas swasta lain , ga ikut lanjut program bisa ngga? Misal ternyata ga cocok magang, mau kuliah biasa saja. Pihak smk mempersulit ngga nantinya?

    BalasHapus
  50. Halo saya mau tanya berapa gaji umr d taiwan sekarang untuk yg magang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMK ZhuangJing

SMK Huade