Michi's Story #1

 Why Did I Choose To Go To Taiwan

 
 Chiang Kai Shek Memorial Hall, Taipei
 
Cerita sedikit pengalaman aku ya, udah lama ga cerita pengalaman pribadi.

 

PART 1

Jadi dulu banget, ya let's just say 4 or 5 years ago, aku udah tau ada program SMK 3 + 4. Tahunya karena my parents itu dulu pernah sekolah di Taiwan, jadi mereka ada ikut semacam community gitu. Community ini banyak bantu orang juga untuk study di Taiwan, banyak share info seputar pendidikan di Taiwan.

Cuma at that time, aku itu anaknya males banget sekolah mangkanya akhirnya home schooling, tapi home schooling ku ambil yang Cambridge Curriculum, karena aku pengennya kuliah itu di luar negeri tapi outside Asia, karena kalo ambil kurikulum indo itu kurang setara (harus ikut foundation programme gitu).

My parents juga akhirnya ga maksa, mungkin karena msh 16/17 tahun, jadi masih ga tega juga, apalagi aku manja banget anaknya (ini juga kenapa my parents akhirnya ga kasih aku izin untuk sekolah di luar Asia). 

Sampe akhirnya aku udah 2017 awal pendaftaran SMK Taiwan di buka, jujur I was still not interest in that program. Aku posisinya ngekost di Jakarta daerah Sudirman, my mom asked me buat  ke kantor yang cabang Jakarta buat daftar, tapi instead pergi daftar ke Taiwan, aku ikut exhibition buat lanjut sekolah di UK. Aku tuh bener bener kayak apaan sih Taiwan

Until one day, ada libur yang lumayan panjang gitu lupa libur apa, my mom dari Bali nyetir sampe Jakarta, ya berenti berenti sih cuman I mean jarak between bali-jkt tuh 1000km lebih dan nginep cuma 2 hari doang, buat nganter aku untuk daftar ke Taiwan. File yang dibutuhin juga mama minta tolong ama om di Surabaya buat legalisir terus waktu mama sampe Surabaya diambil. Ya, segitunya. WOW

Hari pertama mama dateng di ajak jalan dong ke TA & CP hahaha. Hari ke-2 berasa di eksekusi, diajak ke kantor nya , disitu daftar lah, aku sampe nangis karena ga mau berangkat. Iya se-alay itu, ga mau daftar sampe nangis dan di ceramahin ayinya. Telp juga ama papa dan kayak di marahin juga. Fyi, papaku orangnya kayak ga pernah marah, aku mau ngapain yaudah gitu, ngelarang cuma ngomong doang  ga pernah sampe gimana dan disini papa tuh kayak beda, cara ngomongnya itu kayak pengen diturutin. Sampe bilang ga apa di sana jalan jalan dulu aja, "PAPA KASIH DUIT BUAT JALAN."

Kata-kata itu yang bikin aku, okay fine. Jalan - jalan kalo udah jalan, ga suka ato bosen ya pulang aja, ga susah. Akhirnya dengan mata bengkak & bibir dower (aku tuh kalo nangis matanya selalu bengkak, padahal nangis nya bentar juga gitu, bibirjuga gampang banget dower), daftarlah aku, sehari semua jadi. LOL

Dari situ akhirnya mulai cari tempat jalan di Taiwan, karena aku daftar di 2 sekolah, sama sama jurusan kecantikan satu di Hsinpei, satu lagi di Kaohsiung, tahun itu sekolah kecantikan cuma 2, & jurusan nya ga banyak. Mau elektro ortu ga kasih, papa takut sekolahnya banyak cowonya terus aku malah pacaran (pengalaman Om sekolah elektro di Fengchia University sekelas cewenya cuma 1), masak, aku nya takut kepotong, IT & Automotive juga ga tertarik.

 Udah cari cari tempat makan khususnya, Taiwan kan surga boba & Ayam goreng shilin hahaha. Dari search ini juga baru ngeh kalo Shilin itu nama night market dan bacanya shi (sepuluh) bukan xi (suka) hahaha. Mulai excited dan cerita ke beberapa temen, salah satunya Michael H, dia punya sepupu namanya Danny (kalo baca, haloo).

Di komporin ama Danny ga percaya dia kalo emang mau ke Taiwan, ya namanya masih anak labil, dikomporin panas dong, makin pengen nunjukin kalo emang bakal sekolah di Taiwan LOL. Sampe akhirnya di telpon sama perwakilan salah satu sekolah diajak ngomong mandarin, waktu itu masih ogah belajar mandarin (merasa Inggris tuh ga mungkin ada orang bener bener ga bisa kecuali orang tua), jelas ga paham, akhirnya diajak ngomong Inggris, INGGRIS NYA GA JELAS!. HAHAHA

Akhirnya di chat lewat LINE, ternyata sekolah di Hsinpei itu banyak pelajaran rambutnya, lebih kearah salon. Akhirnya masuk di sekolah di Kaohsiung (Shute), ada ayi ayi bisa bahasa indo (ternyata ayi ini ayi nya anak yang mau sekolah di sekolah Shute juga, punya depot gitu persis di depan sekolahnya), telpon katanya di terima, aku yang alamak kok di terima pula disitu. Rencana jalan jalan gagal (iya listku isinya daerah Taipei dan sekitarnya). MULAI KESEL DISINI. 

Udah di terima, kebetulan karena ujian O level udah selesai akhirnya balik bali. Medical check up, di Bali ga ada jadi ke surabaya, mama yang anterin lagi, hampir seharian disitu karena ga berani vaksin & ambil darah, sampe nangis dan dipangku mama & dipeluk LOL, IYA AKU SEMANJA ITU. mau boker pun susah HAHA.  

KOK SEPERTI NYA SAYA SEDANG BUKA AIB YA..

Medical check up keluar semua hasil OK, Visa pun bisa di proses & jadi, jadinya deket ultah aku dan aku mikir nya yaudah lah ultah di indo dulu aja deh tar di sana ultah ga ada keluarga jadi sad. Karena kebetulan aku dari Bali sendiri jadi ga ada rombongan, sekolah di Taiwan juga udah aku kasih Flight Number ku sih.

Zaman ini Flight DPS-KHH belum ada, SUB-KHH juga ga ada. Adanya JKT-KUL-KHH. Naik AirAsia, pilihannya cuma itu ga kayak sekarang ada Scoot, bisa Transit SGP. Jadi akhirnya dari Bali flight dulu ke JKT baru ke KL.

Pesen dari T*avel*ka udah di aturin flight nya, dari bali naik lion ke JKT baru dari JKT pake Airasia. Harusnya sih ga mepet banget, flight dari Bali delay dong sampe 4 jam? agak lupa pokoknya ga sampe dapet makan, kan kalo flight telat berapa jam itu biasa dapet makan. sampe di JKT udah midnight, ga sempet ngejar pesawat ke KL nya, biasa lah.. Indo nunggu bagasi aja lama hahaha

 Ketinggalan pesawat, luckily di JKT ada tante juga, akhirnya nginep disana, ya ga nginep juga sih.. Soalnya beli flight langsung buat hari itu juga, jadi ya cuma mandi tidur makan berangkat lagi. Jam 12 malem ngemper di airport KL sampe jam 6 pagi, karena flightnya pagi dan aku sendirian jadi ga tidur. Haha. Btw, ini pertama kali keluar negeri sendiri, terakhir keluar negeri waktu itu kira kira waktu aku masih 8 tahun. I think, lol.

Di pesawat obviously tidur, sampe udah mau touchdown baru bangun and I'm kinda surprised karena liat lautnya tuh agak kotor, padahal aku dari Bali suka banget main ke pantai, bersih..Ini kotor, shock gitu I know ga jelas LOL. Padahal, kotor ini gegara Kaohsiung itu kan kota pelabuhan, bukan kotor gimana..

Foto Pertama waktu sampe Taiwan

Gurunya yang baju garis garis itu guru bahasa Inggris, jadi selama di jalan diajak ngomong ya sama guru itu.

PART 2? Stay Tune!

 I'm feeling good to continue the story hahaha so here it is

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade