INFO Program SMK 3+4 tahun 2022

 Halo semuanya, sibuk banget aku ya Tuhan.. sampe laptop kadang ga kesentuh hahaha..

Jujur aku lagi berusaha buat pindah rumah sekarang lebih kearah ngekost.. Pengen bisa pindah ke ngontrak.. Lagi cari cari penghasilan tambahan buat menuhin uang jaminan hahaha..

Ok..

Jadi..

Info ini belom 100% akurat sih.. 

Cuma udah ada sekolah yang berani buka suara.. Dan ini yang aku simpulin..

Mulai tahun depan, akan di fokuskan untuk bekerjanya di dalam bidang industrial, jadi kerjanya akan dipindahkan ke pabrik sebagai buruh pabrik. Dengan demikian, jurusan dengan pekerjaan magang yang semula ada di toko, restaurant, akan di hapuskan contohnya jurusan KECANTIKAN.

Beberapa sekolah juga mengganti jurusan tataboga dengan jurusan baking, karena baking bekerjanya akan banyak di pabrik di bandingkan dengan jurusan tataboga yang kerjanya lebih banyak berfokus di bagian kitchen atau pelayan.

Jurusan yang bertahan dan mungkin akan di tambah kuota siswanya adalah jurusan IT, Elektro, Data Proses.

Info ini hanya informasi yang bisa berubah, karena belum di tetapkan.

Untuk subsidi belum ada dibicarakan masalah penambahan atau pengurangan jumlah subsidi pemerintah.

Yang jelas per tahun 2022 (1 Januari 2022) gaji pokok di Taiwan akan di naikan dari 24000 NTD menjadi 25250NTD (untuk part time dari yang 160NTD/jam menjadi 168NTD/jam)


For my readers, aku total udah nulis banyak banget artikel di tiktok pun juga banyak bagi informasi, jujur kadang kalo aku udah pernah bahas di video tiktok atau di blog terus di tanyain lagi via DM IG ya bukan males sih.. Jujur aku seneng ngejawabin.. cuma kalo nanyanya sepele sepele kan jadinya waktu aku yang harusnya bisa lari ke hal lain (misal buat video tiktok atau nulis blog biar bisa di baca banyak orang) jadi berkurang.. 

Tolong khususnya kalo di blog budaya membaca gitu 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade