Pindah Jurusan / Pindah Sekolah? #ProgramSMKTaiwan

Halloo! hahaha benernya was-was mau bikin content begini di blog.. Takutnya jadi banyak yang malah jadi pindah sana sini. Aku berharap dengan adanya post aku kali ini ga bakalan terjadi yang aneh aneh deh hahaha.. Niat aku cuma pengen membantu kalau memang ternyata pilihan kalian ternyata salah kayak aku dulu aja.


Kalau aku dulu tuh harus pulang dulu, benernya ga usah pulang sih tapi sekolahnya aja yang ga kasih aku pindah, begitu juga ama agent aku yang bilang ga bisa pindah padahal aku emang ga bisa lagi bertahan karena sakit alergi. 

Jadi dulu aku pindah ini karena ada masalah waktu kerja, tangan aku alergi parah dan bikin susah kerja, selain itu emang aku ga suka di salon, minta pindah tempat juga ga dikasih. Terus di sekolah itu dulu aku karena udah ga bisa kerja ga dikasih pindah dan ga dikasih sekolah aja dulu, ibaratnya diusir pulang mwahahha, padahal papa ama encik aku udah telpon telpon ke sekolah biar ga usah pulang, maksudnya pengen mindahin aku dulu lah gitu, entah masuk uni ato apa.. Soalnya kalo pulang terus dateng lagi itu menurut aku sekeluarga itu ribet.. Visa dll mesti ngulang urus-nya.


Jadi benernya kalau mau pindah sekolah itu mesti pulang dulu ga sih?
Ini tergantung kasusnya gimana ya, kalau misalnya kalian ga bisa tahan sampe 1 tahun benernya harus pulang.  Karena aturan aslinya itu 1 tahun baru boleh pindah, cuma aturan ini sekarang dikasih longgar gitu, jadi 1 semester udah bisa pindah asal 2 sekolah setuju. Yang 1 sekolah setuju kalian pindah, yang 1 lagi setuju nerima kalian.

Gimana caranya kalo mau pindah gitu & yang dibutuhin apa aja?

Kalo ini aku jawab setau aku aja ya, soalnya aku sendiri pindah sekolahnya pake cara beda gitu. Jadi kalo kurang lengkap maafkan aku.. hahaha...

Jadi sebelum pindah, kalian butuh ngehubungin pihak sekolah yang dituju dulu. Gatau kenapa sekolah disini tuh minta kayak semacam interview gitu, interview ini janjian dulu ama gurunya.. Tergantung gurunya juga sih mau interview-nya cuma by phone atau harus dateng ketemu.

Kalau sudah ok sama sekolah yang dituju, kalian butuh nama-nya surat pindah dari sekolah yang lama, aku gatau juga bentuknya gimana tapi emang beneran butuh itu.. Mangkanya itu sekolah kadang ada yang kurang mau bantu itu ya di bagian ini..


Kadang pindah sekolah ini bisa aja masuk jurusannya ga bisa milih..
Ga bisa milih ini biasanya karena misal kelasnya udah penuh, misalnya kalian dari sekolah a jurusan kecantikan mau masuk sanshin yang punya 3 jurusan.. Nah ini tuh waktu interview biasanya dikasih tau jurusan apa yang bisa masuk (biasanya karena jurusan-nya penuh), kayak temen aku dulu maunya pengen jurusan tata boga tapi karena penuh jadi masuknya pariwisata.

Terus kalau pindah tuh gimana? Pindah sendiri apa dijemput?
Ini sih tergantung perjanjian ama sekolahnya gimana, tapi mostly tuh pindahan sendiri... Aku sendiri dari sekian banyak liat orang pindah sekolah, cuma sekali aja liat yang pake acara di jemput ama sekolah barunya.

Kalau sekolahnya tetep tapi pindah jurusan doang.. Ribet ga?
Lebih gampang, cuma pasti di tanyain juga kenapa mau pindah dll.. Biasanya yang diutamain pindah duluan tuh yang di formulir asli pilihan pertama bukan yang kita masukin waktu masuk sekolah.. Jadi biasanya kalau belom indent pindah jurusan tuh kita harus nunggu orang orang yang diuatamain buat pindah jurusan tuh udah pindah semua ato belom..
Pasti ditanyain alasan kenapa pengen pindah sih & kadang ga boleh pindah dengan alasan udah penuh.


Kerugian pindah jurusan / Pindah sekolah
Kita harus banget menghitung kerugian ini sih, soalnya kan pindah sekolah ato jurusan kan di tahun pertama, duit juga mungkin ga banyak banyak amat, jadi buat aku penting banget buat ngitung kira kira butuh apa aja dan berapa..

Kalau pindah sekolah:
1.  Seragam
Seragam ini pasti beli, kalau ga mau beli kalian bisa ambil baju second dari anak yang udah pulang, kalau ada yang simpenin. Karena kalau pindah ga mungkin dikasih gratis sama sekolahnya, meskipun sekolahnya kalau terima murid baru itu kasih gratis seragam.
2. Nilai 
Nilai ini emang butuh dicari, 補課 (buke istilahnya), ini tuh misal ada pelajaran yang ga sama, misal dari kecantikan ke tata boga kan ada pelajaran yang ga ada, entah masak ato table setting, jadi butuh dicari nilainya. Nilai ini penting banget apalagi kalau mau lulus & kuliah.
3. Mungkin butuh beli kasur baru ato alat alat baru
Karen apindah kan bisa beda kota, kadang ribet aja kalo semua semua mesti di bawa, jadi kadang kayak kasur, baskom, dll itu di tinggal & beli baru. 
Kalau statusnya pindah tuh ga ada yang gratis.

Kalau pindah jurusan:
1. Seragam
Seragam emang mungkin ga usah ganti, tapi yang mesti di ganti itu nomer kelasnya, jadi biasanya di seragam Taiwan ini di bordir gitu kelas & 學號 (Nomor induk), nomor induk ini bakalan tetep tapi kelas pasti ganti.
2. Nilai
Walaupun satu sekolah tetep butuh nilai, karena pelajarannya ada yang ga sama, nah nilai pelajaran yang ga sama ini yang perlu di cari.


Soon bakalan ku update karena ini kurang lengkap



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade