SMK Huade

HuaDe Industrial of Technology and Home Economics Vocational High School 
( 華德學校財團法人高雄市華德高級工業家事職業學校)
 
Gedung Sekolah Huade  
 
HuaDe Vocational High School merupakan salah satu SMK Swasta yang terletak di kota Kaohsiung, Taiwan. Terletak di dekat pantai, sekolah ini punya suasana yang enak bangetlah. Sekolahnya sendiri menurutku sangat luas, karena mereka memiliki lapangan hijau yang besar + lapangan kasti.

Ini video pengenalan SMK HuaDe  

 

Apa saja yang diajarkan di HuaDe?

Tergantung jurusan yang di pilih pastinya, akan tetapi perlu diingat juga pelajaran- pelajaran pokok seperti komputer, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, Sejarah, Geografi, Matematika, tetap akan ditemui.

 Di Taiwan ini KKM nya ditentukan sama pemerintah, jadi setiap sekolah KKM nya sama yaitu 60 aja. 

Di HuaDe sendiri murid asing di wajibkan untuk ikut ujian sertifikat yang diakui secara national dan International*, murid di HuaDe TIDAK di haruskan untuk memiliki certificate ini untuk agar bisa lulus, hanya saja sekolah akan mensupport siswa nya agar bisa lulus dalam ujian ini. 

Certificate ini sendiri bertujuan untuk membuktikan bahwa murid yang belajar telah menguasai dan memenuhi standard dalam suatu bidang tertentu. Certificate ini digunakan juga jika murid nantinya saat bekerja agar bisa mendapat gaji yang lebih tinggi.

 

SMK HuaDe saat ini menyediakan 2 jurusan untuk program overseas Chinese 3+4 yaitu;

  • IT / Computer Science:

Yang diajarkan antara lain adalah tentang;

1. Elektro, sehingga siswa di jurusan ini harus memilik peralatan solder menyolder.

2. Hardware & Software Computer juga akan diajarkan.

3. Robotik

            Robotik Huade ini terbilang unggul. Ga hanya kelas regulernya aja yang bagus, kelas siswa asingnya juga menurutku ga kalah keren.. Mereka bisa ikut lomba dan menang, jujur ya banyak sekolah yang kelas siswa asingnya tuh males, males belajar lebih males latihan dan ikut lomba gitu, kurang di push, gurunya banyak ya yaudah aja karena siswanya ga mau.

 MAGANG

Untuk soal magang, SMK Huade ini bekerja sama dengan banyak perusahaan elektronik yang lokasinya semua diluar Kaohsiung! Jadi buat kalian yang pengen suasana baru gitu, boleh banget masuk Huade biar ga bosen di Kaohsiung doang!. Semua perusahaan IT yang bekerja sama dengan Huade ini memberikan fasilitas ASRAMA GRATIS lho! 

 

  •  Food and Beverages / Tata Boga

Namanya SMK pasti kita berharap dapet banyak praktek, dan menurutku Huade ga pelit dengan prakteknya (karena aku ada denger katanya di sekolah lain ada yang prakteknya ga tiap minggu, jadi cuma 2 minggu sekali). Malahan kalo di Huade bener bener bisa hampir tiap hari masak.

Yang diajarkan antara lain adalah tentang:

1. Chinese Food  

Ada 1 anak Huade yang lumayan hobby videoin kegiatan masak di SMK Huade di Tiktok. Dari yang aku liat. Chinese food yang diajarin banyak banget, mulai dari dumpling hingga Taiwan type of snack kayak Gua Bao di ajarin semua.


2. Baking kue (lebih ke arah kue bakery bukan patisserie)

Mixer untuk Baking
 Di Huade ini, siswa-siswi tata boganya akan dilatih agar bisa baking sendiri-sendiri, jadi 1 mesin untuk 1 orang.
 
Huade ini bakingnya di wajibkan buat ikut ujian negara, nah SMK Huade ini karena ruang kelas untuk bakingnya sudah sesuai standard pemerintah, jadi SMK Huade sering dijadikan ruangan ujian nasional untuk baking. Nah, karena siswa-siswi Huade ini di encourage buat ikut ujian bakin & ruang kelas baking Huade juga udah sesuai standard, jadi ujian nya bisa di Huade nya. Karena kadang ada sekolah yang tempatnya kurang sesuai standard jadi kalau mau ujian harus ke sekolah lain. 
 
Di Huade tata boga-nya lebih banyak ke arah baking, in fact; di Huade ada jurusan khusus baking kue untuk kelas mereka yang reguler atau tanpa magang. 

Jujur banget aku sampe masukin ini di tiktok. Aku tuh suka banget ama 1 hasil karya anak Huade, yaitu tart kacang kering. Enak banget sampe aku tuh ketagihan dan ya tiap kali mampir pasti di kasih sama wakaseknya, karena emang se-enak itu. Udah kayak Bakery mahal yang buat. aku pernah kasih coba temenku orang Taiwan dan dia juga akuin itu Tart kacang kering terenak dia pernah makan. Liat sendiri deh disini.
Ruang Kelas Baking di Huade










3. Bartending (Lebih banyak tentang mixing drinks atau membuat minuman seperti sorbet/smoothie, cara mengupas & memotong buah atau yang lebih di kenal sebagai fruit carving).


4.  Japanese Food

Di Japanese food ini, gurunya itu pernah kerja dan tinggal di Jepang selama 18 tahun, jadi udah profesional banget.


Untuk magang jurusan boga mereka ada kerja sama dengan pabrik. Pabrik ini juga lokasinya banyak yang diluar Kaohsiung bahkan ada juga yang di Taipei. 

 

Kepala Sekolah SMK HuaDe
 Aku pernah ketemu ama kepala sekolahnya, orangnya super baik. Aku juga pernah ketemu ama wakil kepala sekolahnya, lucu banget orangnya.  
 
Karena siswa SMK 3+4 ini WAJIB tingat di  asrama, maka sekolah yang memiliki kelas untuk murid asing / menerima qiaosheng ini sudah di tinjau oleh pemerintah & dinyatakan telah masuk standard sehingga bisa mengadakan program ini. Jadi sekarang aku mau bahas tentang ASRAMA SMK HuaDe.

Asrama SMK HuaDe ini letaknya di dalam sekolah tepatnya diatas ruang kelas. Jadi kalau ke sekolah tinggal turun tangga doang. Ga usah takut telat deh!




Sekarang aku mau jelasin tentang fasilitas yang disediakan oleh SMK HuaDe ini ya..

Les Mandarin Gratis
Jadi mereka ini memberikan les Bahasa mandarin setiap pulang sekolah, entah itu dari guru bahasa (bilingual teacher - inggris - mandarin / indo-mandarin / vietnam-
mandarin) ataupun kelas dari guru yang memang orang Taiwan. Sepulang sekolah juga kalau ada PR gurunya ada kasih pelejaran tambahan malam.

Tambahan! Sejak 2023 Pihak SMK Huade ada kasih kelas Mandarin Online Gratis bagi kalian yang berminat daftar ke SMK Huade. Dalam seminggu kalian bisa dapetin pelajaran mandarin dengan guru Native speaker hingga 6 jam. 

Asrama GRATIS! 
Iya, asrama dan semua fasilitasnya gratis (mesin cuci, setrika, mesin pengering), kecuali AC karena AC kan kalau musim dingin emanı ga butuh AC udah dingin. Musim panas ya tergantung kalian pakainya berapa, tapi tenang aja masih di bagi orang sekamar kok. (Katanya sih seorang kira kira bayar 100~200 NTD aja buat listrik sekamar).
Selain asrama gratis ya, fasilitas kayak mesin cuci dan mesin pengering mereka juga gratis! Padahal biasanya mesin cuci sekolah itu bayar 20 NTD, mesin pengering baju juga mahal banget 10 menit 10 NTD biasanya, malahan kadang ada yang ga ada fasilitas mesin pengering. Setrika juga ada disediain.

PART TIME DI CARIIN!
Jujur aku baru liat sekolah yang cariin part-time bener bener itu baru Huade doang. Sekolah lain biasanya kalo cariin part time itu cuma bantuin masuk interview doang, abis itu jadwal part time itu ngatur sendiri, dan karena biasanya satu sekolah tempat part time nya itu itu doang, jadinya seringkali itu mesti rebutan gitu lho..
Kejadian juga ama aku, sering ga dapet part time.. Karena biasanya tempat kerja tuh ada milih juga dia lebih mau si A karena lebih rajin.. Nah kalo kayak gini biasanya si A bisa jadi dapet part time lebih banyak waktunya daripada yang lain. Nah aku sering itu misal seminggu daftar part timenya udah senin-jumat, tapi kadang dapetnya malah cuma sehari doang.. Jadi di sekolah lain tuh sering ga maksimal part time nya. Kalo mau maksimal ga bisa cuma andelin 1 tempat doang, tapi ini juga resiko gede kalo nantinya malah ke double an buat part time di 2 tempat.. Ribet..
Anak Huade sedang siap- siap part time.

Nah kalo Huade ini beda ya sistemnya, part time ada interviewnya, sekali dapet itu part timenya rutin udah ada jadwalnya gitu, misal perusahaan A itu jadwal part timenya sabtu minggu sekali part time 10 jam.. Ada juga misal perusahaan B part timenya 5 hari, sekali part time 4 jam. Jadi udah ada jadwal enak..
Ga cuma itu doang lho, sekolah juga bantu siapin bus antar jemput! Kitanya tinggal berangkat, ga usah bingung masalah transportasi deh.. Kalo soal biaya transportasinya aku kurang tau, cuma Huade ini biasanya usahain biar biaya transportasinya di tanggung sama tempat part time nya.

Alasan kenapa harus milih sekolah Huade
Huade ini menurutku sekolahnya agak underated. Sekolahnya bagus dan luas, fasilitas yang disediakan juga ga sedikit, siswa tidak dibatasi untuk berkreasi (temen aku ada yang jadi fotografer sekolah disini, ada juga yang jadi drumband sekolah juga, beberapa lagi ikut lomba mewakili sekolah, semua siswa asing bukan murid Taiwan), guru gurunya baik ga galak. Tapi karena lokasinya yang di pinggiran, banyak yang kurang minat bersekolah disini.
Jujur dari aku sendiri yang pernah visit Huade while schooling in different school gitu ya, pertama kali ngeliat emang ga srek, tapi ketika aku liat makin ke dalem itu suasananya hangat, beda sama sekolah ku yang sebelum sebelumnya, sekolahku yang dulu peran pentingnya banyak diambil orang Taiwan, gurunya kurang encourage untuk masuk di kegiatan kegiatan apalagi kalo kegiatan diluar sekolah. 
2 sekolah yang pernah aku masukin itu ada yang sama sekali ga ngasih kesempatan buat partisipasi buat jadi apapun di sekolah (bahkan jadi polisi sekolah ga bisa), beda aja sama di Huade yang anaknya kayak aku udah mention, jadi fotografer sekolah ato main drumband (ini sih orang Taiwan semua yang ngisi kalo di sekolah lamaku). 
Selain dari sisi kegiatan, Huade ini fasilitasnya enak banget, bisa banget buat hemat. Ada kelas bahasa tambahan, sekolahku dulu mana ada hahaha. Pokoknya ga rugi sama sekali masuk Huade. Uang semesternya juga terjangkau cuma 25.000 NTD/semester (udah termasuk makan malem kenyang, dan asrama). Karena Huade ini part time bisa maksimal, terus sekolahnya juga jauh dari kota, makanan murah.. Anak huade banyak yang bisa simpan uang tanpa susah susah berhemat, aku ada kenal 1 anak, dia bahkan bisa ajak sodaranya untuk dateng ke Taiwan juga. Di Kota benernya bisa juga tapi bakalan berat banget menurutku, karena biaya hidupnya sedikit lebih tinggi.
Buat para orangtua yang anaknya agak nakal, di Huade juga disiplin, jujur aku liat banyak sekolah (termasuk adek kelas aku di sekolah lama) makin lama agak makin rusak, bukan pergaulan jadi nakal apa gimana, cuma aturan sekolah aja banyak di langgar, contohnya semir rambut atau masalah tindik telinga. Huade masih ketat dalam sisi ini, membuat anak tuh bertingkah layaknya murid bukan ke sekolah tapi gayanya kayak orang jalan jalan. 


Kuliah setelah lulus dari SMK HuaDe
HuaDe ini kerja sama dengan Universitas Mingshin.
Berikut ini video dari Universitas Mingshin.

Menurut isi formulir SMK sambil magang tahun 2021, harga per-semester kuliah di Mingshin University jurusan ... NTD 60.000. Jika dirasa terlalu mahal, sekolah Huade akan membantu untuk masuk ke universitas lain, seperti Kunshan University atau Tajen University.  

Nah gimana nih? Tertarik ga buat bersekolah di SMK Huade?
Kira kira biayanya berapa ya bersekolah di SMK Huade?
Tenang aja ga mahal kok, malah bisa dibilang tergolong murah loh!!
Untuk detail harga nya bisa langsung ke link berikut ini ya Harga SMK Huade
Untuk detail sistem belajar di SMK Huade bisa cek Sistem Belajar di SMK Huade


Semoga bermanfaat
Michiko Akane

Komentar

  1. mau tanyaa, untum yg masih SMK, untuk pulang ke indo boleh brp kali dlm setahun ya???

    BalasHapus
  2. pulang brp kali sekali untuk skola hua de juurusan IT smk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo
      Terimakasih sudah meninggalkan comment disini.

      Menjawab pertanyaan ini normalnya sih setahun paling banyak bisa pulang 2x total liburnya bisa 3-4 mgg untuk 2x pulang. Kalau lebih takutnya mempengaruhi nilai. Cuma biasanya kalau memang ada keperluan mendesak akan dikasih waktu lebih lama atau diizinkan pulang.

      Semoga menjawab pertanyaan kamu..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  3. Kak boleh minta no telp sekolahnya, ini dah mo berangkat kesana, tapi untuk karantina kita blom jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Boleh hubungi aku via Instagram ya.. Nanti aku masukkan ke group line sekolah Huade biar informasi nya lebih jelas.

      Semoga membantu..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing