SMK Shute

 Shu-Te Home Economics and Commercial High School

 高雄市私立樹德高級家事商業職業學校

 

Tampak dalam sekolah Shute

 

Apa saja yang diajarkan di Shute?

l Kecantikan:

Saat pertama kali datang akan banyak diajari tentang cara mencuci rambut client (cuci tidur & cuci duduk), karena ini merupakan skill paling dasar untuk dapat bekerja di salon. 

 

 

Dimana tempat magangnya?

  •  Jurusan Kecantikan

Magangnya akan berkutat di dunia salon khususnya rambut, di indo lebih di kenal sebagai kapster. Saat ini sejauh yang aku tau sih ya, ada 4 perusahaan salon yang menerima murid overseas chinese (setiap salon tidaklah terlalu sama akan tetapi job desk & jam krja sebagian besar sama). Ke 4 perusahaan tersebut yaitu New Art Hair Center, Siduoli, Gaya, & Kobayashi.

Kobayashi ini benernya baru denger sih aku, jadi aku kurang tau juga kalo sistemnya beda dari salon yang lain.

Untuk yang belum jelas job desknya sebagai berikut:

1. Memijat (kepala hingga pundak saja)

2. Mencuci rambut pelanggan (ada 2 metode yaitu cuci sambil tidur & cuci sambil duduk)

3. Mengaplikasikan product kepada pelanggan (mulai dari masker hingga bleach / semir)

4. Creambath.

5. Perm / memasang keriting rambut.

6. Mengeringkan rambut (tidak termasuk styling).

Job desk tambahan : menjual product salon (akan menjadi bonus pemasukan jika client membeli).

 

Jam kerja & libur:

Siswa magang sejauh pengetahuan saya, harus datang jam 9 pagi untuk beberes sedikit, seperti melipat handuk, menyapu kembali, meeting sebentar (pengenalan product baru, dll), ini tidak dihitung kerja, mulai kerja pada jam 10.

Off work pada sekitar jam 8 malam, akan tetapi tidak boleh langsung pulang karena masih perlu berberes-beres seperti menyapu, mengepel, buang sampah, membersihkan kamar mandi, membersihkan alat-alat, dsb. Murid magang juga harus menyelesaikan client terakhir yang dilayani sebelum off work.

1 bulan akan mendapat 8 hari libur, akan tetapi akan ada 2 hari (dari hari libur) dimana kita diwajibkan untuk ikut kelas (belajar gratis) tentang warna rambut, produk, dll yang berkaitang dengan salon dan perusahaan. Pada saat belajar ini juga ada evaluasi kemampuan yang akan dinilai, jika lulus akan mendapat uang yang akan ditambahkan pada gaji. 

 

Kelas nya maksudnya gimana ya?

Nah kalo di salon ini kan pasti mereka punya standard perusahaan gitu ya, jadi kita diajarin untuk ikut sesuai standard mereka, misalnya semir rambut.. Gimana cara ombre yang bagus, dll. Nah kadang mereka bikin semacam ujian gitu, kalau kita di rasa sudah bisa maka mereka bakalan suruh kita praktek. Kalau menurut mereka kita lulus (sudah memenuhi standard), maka mereka kasih duit sebagai bentuk apresiasi. Nomimalnya sih macem-macem ada yang 2oooNTD ada yang 3000NTD tergantung tingkat kesulitannya. 


Kuliah Setelah lulus SMK di Shute

SMK Shute ini kerja sama ama universitas Shute juga, kayak gini universitasnya.

 

Universitas Shute sendiri menurutku cukup bagus sih, aku ada beberapa temen yang memang kuliah sana, buat ambil Art. Fashion & Pattern Design dan juga kecantikan gitu. Emang katanya Universitas Shute ini terkenal sama bidang-bidang yang aku sebutin diatas.

 Lokasinya menurutku agak terpencil tapi ga terpencil banget, dia harus naik bus agak jauh, jadi kalau dari tengah kota mau kesini tuh bisa 1 jam perjalanan naik bus.

Kalau dari jurusan Kecantikan kalian bakalan tinggal di asrama salon, jadi bukan di asrama universitas ataupun cari tempat tinggal sendiri.


Kekurangan sekolah di Shute

Tujuan aku nulis ini bukan bermaksud untuk menjelekkan SMK Shute, ini cuma pengalamanku yang aku sendiri yang buat aku merasa kurang srek dengan SMK Shute. Aku mengakui kalau Shute emang bagus apalagi jurusan kecantikannya, sekolahnya juga tampak mewah & muridnya banyak banget. Aku cuma gamau kalian jadi salah masuk sekolah aja, apalagi kalau sekolahnya kurang mendukung di sisi ini itu.

Beberapa hari yang lalu aku denger kalau di Shute itu kamu hampir ga boleh ganti perusahaan tempat magang, bakalan kena amuk gitu. Pengalamanku dulu emang iya, aku minta ganti tuh sampe di-sidang, papaku sampe di telpon & aku karena pengen di sekolah doang sampe kenaikan kelas pindah sekolah juga katanya ga bisa dan di suruh pulang, karena tempat kerja juga udah ga mau nerima aku balik setelah aku minta keluar.

Aku emang ga menyarankan pindah sekolah, tapi kalau kalian pindah sekolah ini dipersulit (ini berdasarkan teman aku sendiri orang vietnam, dia pindah dari shute kecantikan ke sanshin tourism, karena ga di kasih pindah tempat kerja). Jadi ada beberapa dokumen yang sekolah susah benget ngasih seperti contohnya dokumen untuk mengurus kartu izin kerja, tidak diberikan langsung ke siswanya, jadi wali kelas & aku harus telpon ke shute-nya & masih di belit-belit lagi.

Sekolah juga agak mempersulit untuk lanjut kuliah selain di Shute University.

Komentar

  1. saya mau tanya min.. apakah di sekolah shu te ini ada kasi subsidi kuota untuk murid? apalgi kalo masa pandemi ini pasti kan ada biaya untuk karantina.. apakah ad subsidi untuk muridnya dari pihak sekolah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rosemary,
      Terimakasih sudah meninggalkan comment..


      Kalau soal subsidi karantina ga bisa aku kasih tau pasti, soalnya pihak sekolah biasanya keluarin waktu udah mau bikin visa gitu..

      Tahun lalu subsidi pemerintah 1hari 1000 NTD, tahun ini kalo ga salah subsidinya cuma 5000 setiap orang dari pemerintah..

      Kalau berdasarkan tahun lalu sih Shute masih harus bayar 5 jutaan..

      Sekian jawaban dari aku semoga bisa membantu ya :)

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade