Kehidupan Asrama

Jadi ini translate bahasa indo buat Dorm Life.

Jadi buat pelajar asing apalagi yang baru sampe di suatu tempat baru, pasti kita butuh tempat tinggal. Dan karena baru, kita juga pasti belom bisa kerja pilihan paling baik ya tinggal di dorm atau asrama sekolah.

Kenapa dorm sekolah karena letaknya pasti kalo ngga di dalem sekolah ya pasti deket banget jadi ga usah takut buat telat ke sekolah meskipun bangun siang.

Kedua, murah. Pasti karena lo harus share kamar ama orang laen kan. Meskipun murah tapi fasilitas oke kok.

Tapi perlu diingat tiap sekolah pasti punya kebijakan yang beda, punya aturan beda, punya fasilitas yang disediakan beda. Jadi ga bisa pukul rata. Ini cuma gambaran.

Jadi kemaren gua ad di sekolah nama Inggrisnya "Shu-te Home Economics and Commercial High School" (樹德家商) lokasi nya di Kaohsiung, distrik Sanmin. Di sana dorm nya (cewe) itu 4 orang sekamar, kalo cowo denger nya 6 orang sekamar.

Ya emang mayan banyak drama sih kemarin hahaha tapi ku ga akan bahas dramanya

Buat cowonya mungkin kurang lebih sama atau mungkin sekamar 6 orang gatau juga.

Tidurnya bunk bed gitu ranjang tumpuk lemarinya ad di seberang ranjang ada meja belajar sendiri sendiri ama ada meja makan rame rame (tapi di kamar gua kemarin ini ga di pake karena bikin kamar keliatan kurang rapi)

Ada di sediain lemari sepatu buat rame rame. Ya gitu lah

Kamar mandi, publik gitu ada bilik bilik nya. Perlantai 1 kamar mandi. Jadi, kamar mandi itu kira kira bisa 30 anak sehari masuk.

Terus karena di dorm pasti ada dasao (bersih bersih gitu) tiap hari, giliran. Jadi bisa minggu ini kamar mandi, minggu depan wc minggu depannya lagi buang sampah. Gitu

Fasilitas:
Pasti udah ada AC tiap kamar karena musim panas disana itu kayak di oven hahaha panas nya berasa kayak di mobil yang abis di jemur terus lo masukin. Panasnya Taiwan pas musim panas gitu.

Tapi kemaren di sekolah gua AC nya baru di nyalain jam 7

Mesin cuci
Mesin cuci ada 2 macem kalo kita orang indo bilang mesin pemanas yang satunya ini

Benernya ada 3 1 nya misal lo cuci pake tangan terus mau keringin supaya ga netes netes air nya ad mesin pengering gitu lah

Jadi pake nya cukup pake uang $10 sana tapi kalo mau kering panas itu bayar lagi $10 per pemakaian 40 menit tapi minim harus 80 menit sebenernya

Air panas buat mandi juga pasti ada tiap asrama sekolah hahaha kalo ga ada musim dingin gimana hahaha

Air minum panas dan biasa udah di sediain ada semacam dispenser gitu

Kalo ada tambahan ya itu pasti itu baru ahaaha

Terus di asrama gua dulu tiap senin, selasa, kamis ada dian ming (absent) jam 7.30 malem gitu. Jadi kalo mau keluar lagi mesti izin ama shijian (penjaga asrama)

Maksimal harus balik asrama jam 9.30 malem terus udah ga boleh keluar lagi.

Asrama Kerja

Pindah ke asrama kerja, tempat kerjaku dulu namanya New Art, salon besar nih, banyak cabang.. Kalo di Indonesia mungkin mirip Johny Andrean gitu ya, Di cabang LiouHe. Asrama kerja ku dulu bener bener diatas tempat kerjanya. Jadi tinggal turun aja udah.

Disana disediain kamar mandi ama air panas pasti.
Mesin cuci ada tapi cuma sampe kering aja dan gratis. Kipas angin udah ada juga, jadi misal kalian lagi mau males males an pas libur gitu AC nya kan baru nyala jam 10 jadi ya pake kipas gitu

Sekali lagi tiap sekolah regulasi nya beda, aturan beda, dan yang pasti fasilitas yang disediain beda juga.



Komentar

  1. Kak dormnya itu free kah atau bayar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Selina

      Thank you for your question..

      Kalo biaya dorm tergantung sekolah / universitasnya.. Untuk beberapa sekolah ada yang menyediakan free (hanya bayar uang listrik & air), Ada juga yang perlu bayar NT$ 1000/bulan (sudah termasuk air & listrik)

      Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu ya

      Salam, Michiko

      Hapus
  2. Halo ci mau nanya dong, sikon disaat kerja gimana yah disana, soalnya saya bnyak mendengar, bnya yg plg krna tidak betah disaat udh kerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Valen. Sorry for late replying your comment.
      Soal magang, aku radak susah kasih opini. Karena tiap orang berbeda. Namanya kerja pasti ada tekanan, tekanan ini bagi tiap orang beda. Ada yang kuat banget terhadap tekanan, ada yang ngga.

      Ibarat nya hampir kayak ketahanan orang terhadap rasa sakit. Ada yang high & ada juga yang low. Contoh simple nya; disuntik. Kan ada orang yang tahan di suntik, meskipun jarumnya gede. Ada juga orang yang udah pake jarum baby aja masih butuh mental support.

      Menurutku tekanan disini dengan gaji yang tinggi sebenernya cukup seimbang, karena di mana mana sebenernya dasarnya sama, semakin tinggi gaji otomatis semakin besar tekanan kerja nya.

      Hapus
  3. Halo ci, saya mau nanya. Saya kan kurang bisa bahasa mandarin, apakah pas sekolahnya nanti akan di ajarkan lagi bahasa mandarin nya ci? Terus kegiatan belajarnya pas pertama kali ikut susah ga ci?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, terima kasih sudah meninggalkan comment.

      kurang bahasa mandarin, kalau program SMK 3 + 4 sih masih ga bisa pun ga masalah.
      Awal datang pun diberi pengarahan tentang aturan sekolah & juga pelajaran mandarin agar nantinya bisa ikut interview.

      Kalau tentang pelajaran mandarin tambahan tergantung sekolahnya lagi, ada yang ga kasih, ada yang kasih sebulan ad yg ksh setahun, ada jga yg tiap malam pun ada.

      Hapus
  4. Kalau SMA dia sanaada referensi gak buat anak perempuan,

    BalasHapus
  5. Halo ci, mau nanya itu misalnya berangkat bareng teman dari indo ke Taiwan terus dorm nya itu bisa sekamar ngak? atau bakal dipisah ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade