Diary In Taiwan #7 Indonesian

Testimoni Program Kerja Sambil Sekolah di Taiwan 

Mungkin kalo kalian liat dan ngikutin aku di beberapa social media kalian akan tau kalo aku sekarang di Kaohsiung, Taiwan. Jadi sekarang aku pengen ngomongin soal program studi yang aku jalain paing ngga selama 5 bulan terakhir ini. Jadi program ini itu isinya full 3 bulan sekolah 3 bulan kerja gtu terus diulang ulang sampetahun. Kenapa 3 tahun? Karena benernya ini program itu balik ke SMK. 

Program ini ditujukan buat orang – orang keturunan Tionghoa dari Asia Tenggara, kayak Indo, Vietnam, Malaysia, Myanmar, Thailand, alasan? Gatau pokoknya harus keturunan Chinese karena waktu daftar aja di tanyain gitu, kayak asalnya dari mana. Program ini terbuka buat orang usia 15/16-23 tahun, dan jurusannya ada banyak ada masak, elektro, teknik sama tahun kemarin ini baru buka kecantikan. 

Program ini kayaknya udah lebih dari 5 tahun ada dan jalan, dan makin berkembang yang jelas karena jumlah sekolah yang join pun juga lebih banyak. Alumni nya juga banyak dan ngelanjutin kuliah yang juga sambil kerja, program ini bisa di extend jadi 3 + 4 tahun. Apa yang bikin program ini kayak terkenal banget buat anak keturunan tionghoa di Asia Tenggara (kalo di indo daerah Sumatera Utara) soalnya program ini kan ada kerjanya dan sebulan bisa dapet uang yang terhitung tinggi yaitu NT$ 22,000 (per tanggal 1/1/18) atau kalo di rupiahin dengan rate 450 jadi sekitar IDR 9,900,000 

Gaji orang yang lulus kuliah aja ga sampe segitu gede ya kan, jadi ga dikit orang yang udah lulus SMA dateng buat join SMK ini lagi. Uang sekolahnya pun kehitung ga mahal. Dari research ku, kira kira berkisar NT$ 30,000 per semester, karena di batasin juga sama pemerintahnya (sekolahku misal orang Taiwan per semeter kira kira harus bayar NT$ 50,000) 

Dan itu pun masi ada keringanan lagi dari pemerintah NT$ 17,000 per semester per anak (kayak semacam dana BOS gitu kalo di indo) jadinya, bener bener ga mahal ya kan. Itu juga kita bisa dapet pinjeman pelajar sampe NT$ 80,000 seorang yang bisa di cicil selama 3 tahun (potong dari gaji)

Program nya ga ada ini khusus cewe ini khusus cowo gitu ga ada. Tapi kalo aku, aku ambil kecantikan, karena yang lain lebih ga tertarik. Kecantikan disini lebih buat rambut gitu jadi jatuhnya kerjanya di salon. Kalau masalah sekolah aku udah pernah tanya tanya juga sama beberapa orang Taiwan asli, katanya ini itu kayak salah satu SMK terbaik di Kaohsiung. Salah satu terbaik juga jurusan kecantikannya di Taiwan. 

Benernya harusnya datang itu tanggal  20-25 July tapi aku telat datangnya tanggal 3 Agustus, ada yang dateng lebih telat sekitar pertengahan Agustus gitu. Sekolahnya benernya mulai itu September, datang lebih awal itu karena harus ngurusin imigrasi dan lain lain sama belajar dikit gitu supaya bulan 9 udah ada yang bisa kerja. Yang sayang kalo datang telat itu soalnya ga ikut tour jalan jalan yang di bikin sekolah.  

Guru di sekolahku semua super baik sih, ga pake nambah nambahin tapi emang mereka care. Bahkan kalo ada masalah apa mereka bener bener bantu. Sakit juga langsung ke dokter. Meskipun cuma seorang datang mereka juga jemput dari bandara. Dan meskipun turunnya di Taipei sekolah tetep akan jemput. Mereka care segala-galanya kadang aja aku ngerasa mereka agak over. 

Jadi aku waktu pertama kali datang aku bener bener ga bisa mandarin sama sekali. Bisa baca dikit karena ada basic bahasa Jepang tapi itu sumpah ga bantu. Misal, butuh ngomong ya pake bahasa Inggris, Bahasa Inggrisku untungnya bagus meskipun grammar juga acak adut. Sebenernya, bahasa Inggris orang Taiwan pronounciationnya juga aneh sih. Jadi ga sama semua orang bisa ngobrol pake bahasa inggris. 

Misal, mandarinnya udah bagus bisa langsung kerja waktu September, kalo ngga bisa ya sekolah dulu 3 bulan sampe December baru kerja kayak aku. Jadi mending ambil kursus manadarin yang traditional biar bisa langsung kerja. Atau paling ngga supaya bisa ngerti materi sekolah karena semuanya pake mandarin.



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade