LES MANDARIN GRATIS ONLINE!!!

 Halo semuanya~

Hari ini mari kita bahas tentang les mandarin online gratis ya.

Seperti yang aku udah mention di Tiktok ya. Ada beberapa sekolah yang berhasil kerja sama dengan Miss Susy dari Study ke Taiwan untuk mewujudkan les online ini. Tapi sebelum aku mention sekolahnya, aku bakalan ngomongin latar belakangnya dulu.

Pertahun 2024 persyaratanan untuk SMK ke Taiwan diperketat. Usia yang sudah lewat 22 bener bener ga boleh ikut, dan salah satunya adalah mengenai bahasa.

Mungkin saking banyaknya orang asing yang masuk ke Taiwan, selain pekerjaan kayak penerjemah semakin di butuhin, ini juga mungkin bikin masalah baru. Masalah mungkin sepele, kita kan ga selalu bersama dengan orang yang bisa mandarin di samping kita, kalo amit amit kita kecelakaan, siapa yang mau translate atau kasih keterangan ke polisi kalo kita ga bisa mandarin?

Jujur memang aku udah pernah liat orang yang udah ke Taiwan tapi mandarin ga berkembang sama sekali, biasanya sih memang karena anaknya ga mau belajar mandarin. Nah ini kan bakal mungkin menciptakan masalah baru. Maka dari itu aku rasa pemerintah sekarang mewajibkan bisa mandarin ga hanya buat yang SMK tapi juga kuliah (serentak). Makanya sekarang pemerintah juga kasih subsidi untuk program 1+4 dengan catatan ya itu harus bisa lolos TOCFL. Jadi mindset ke Taiwan cuma pengen kerja harus di ilangin ya, harus belajar mandarin juga.

Kalo les mandarin di Indo juga menurut papaku jujur kurang bagus karena selain biasanya agak mahal, juga gurunya lokal. Menurut papaku belajar bahasa paling bener sih gurunya harus orang asli yang pake bahasa itu, kalo bisa dateng langsung ke negaranya. When in Rome, do as the Romans do. Kira kira gitu lah prinsip papaku.

Kalo les guru lokal, bukannya ga bagus sih tapi lebih ke kurang sempurna aja. Karena mungkin gurunya juga jarang pake, intonasi salah dsb. Menurutku sendiri, belajar dengan guru yang ga native speaker mungkin memang bisa nyebabin Mandarinnya jadi berlogat Indo banget, dan setelah ku amati memang kayaknya yang biasa nonton film, denger lagu mandarin biasanya kalo ngomong bisa lebih on point.

Walau beberapa orang merasa bangga dengan punya logat Indonesia, jujur aku sih ngga. Mungkin kalo ada guru les lokal keuntungannya adalah bisa dikasih PR buat nulis dan baca mandarin (sekarang banyak orang fasih ngomong tapi buta huruf). Dimana ini kan juga berharga skill mengenali character Mandarin.

Kalo kalian yang pernah denger aku ngomong mandarin ngerasa mandarinku bagus, mungkin ini karena aku bisa dianggep sudah mengadaptasi logat Taiwan/gaya bicaranya orang Taiwan. Jadi walaupun nadaku sebenernya mungkin salah atau lari, orang tetep masih bisa anggep aku orang Taiwan karena logatku?

Untuk kalimat yang sehari hari aku rasa kayaknya ngga bakal orang ngerasa aku beda karena memang sudah terbiasa dengernya apa ya itu yang diucap. Proses mengimitasi ini yang biasanya hanya di dapet ketika kalian punya guru native. Mangkanya ketika aku kalo gatau cara sebut suatu barang atau nama dalam mandarinnya terus cari di google, nadaku pasti lari. Karena ya itu jarang denger.

Dan ketika kita berhadapan langsung dengan orang Taiwan, pasti ini tuh beda dengan guru yang ngomongnya lebih lambat. Makanya menurutku kalo ada kesempatan untuk terpapar dengan native speaker alangkah baiknya, kesempatan ini digunakan.

Karena juga ga sedikit yang di Indo sudah HSK atau TOCFL tapi kalo diajak percakapan sama tamu juga gelagapan dan ga paham tamunya ngomong apa. Namanya native speaker ngomongnya pasti lebih cepet lagi daripada guru. Ini sama kayak kita paham bahasa Inggris tapi kalo berhadapan sama bule kita juga kadang bisa lost.


Nah karena les Mandarin apalagi kalo cari native speaker itu mahal juga, mending kan duitnya ditabung buat berangkat dan sangu. Maka dari itu miss Susy, mengajak kerja sama beberapa sekolah untuk membantu memfasilitasi les ini. Karena ga bisa mandarin juga bagi sebagian sekolah dirasa bakal bikin masalah (bisa dipecat lebih gampang, dll) jadi ada beberapa sekolah yang setuju dan ada yang ga setuju.

Yang setuju antara lain sudah ada; Huade, Sanshin, Tzuming, Lingdong dan Qingnian.

Untuk lesnya sendiri di usahakan bulan 10 semuanya buka. 

Jam les & guru yang ngajar langsung disediain dari sekolahnya, jadi kalo kalian mau pilih SMK Sanshin ya kalian cuma bisa ikut lesnya SMK Sanshin ga bisa ikut punya nya SMK Huade.

Di akhir pelajaran (Bulan July) akan di bagikan sertifikat belajar Mandarinnya, sertifikat ini bisa disertakan untuk proses pengajuan visa.


Les mandarin ini selain bertujuan untuk supaya kalian bisa meningkatkan kemampuan bahasa mandarin kalian, juga bisa jadi salah satu bentuk alat penjamin kalian untuk di terima oleh sekolah. 

Kok bisa?

Kita mikir secara logika aja, sekolah yang udah sediain guru buat kita les, gurunya juga sudah kira kira kenal kita, sekolahnya juga udah siapin kita sertifikat bahasa mandarin, masa dia nolak kita? Dari tahun 2024 sendiri, murid miss Susy ga ada 1 pun yang ketolak dari sekolah yang mereka ada ikut les mandarinnya. 

Aku sih ngerasa ga masuk akal aja kalo sampe di tolak, apalagi guru yang ngajar bisa kenal ama kita dan bantu rekomen nama kita buat prioritasin.


Ce kalo ikut agent lain gimana?

Nih ya, biasanya agent lain itu punya les les an sendiri, jadi mereka sendiri biasanya ga mau kerja sama dengan sekolah bikin ginian karena supaya les les an mereka jalan, malahan kadang ada yang di paket gitu harganya berangkat + les.

Jadi ya ini bisa dibilang promo exclusive kalo kalian daftar ikut miss Susy aja.

Tapi kalo kalian mau coba tanya tanya solusi yang lain bisa DM aku nanti aku kasih kontaknya miss Susy dan silahkan nego sendiri.


Thank you 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK Huade

SMK ZhuangJing