(NEW) Program HaiQingBan

 Halo semuanya... Aku pengen banget ngebahas program lain selain program SMK Magang, dengan tujuan kalian lebih terbuka dengan program program sekolah menarik yang ada di Taiwan lainnya.

Banyak sebenernya yang ikut program SMK Magang ini mereka yang usia nya lebih dari 18 tahun (aku juga salah satunya), dengan tujuannya biasanya belajar mandarin sambil kerja supaya ga bebanin orang tua lagi akan biaya hidup dan sekolah mereka. Diantara mereka ini benernya ada juga yang sebenernya agak keberatan mesti balik SMK lagi, ada yang bahkan kadang ga jadi berangkat karena malu harus "mengulang SMK" (padahal ga ada yang harus di maluin. Jalan tiap orang ga sama, dan semua jalan asalkan untuk perubahan lebih baik itu bagus, ga usah malu akan itu :)) 

Hal ini mungkin di notice juga oleh pemerintah Taiwan sehingga di tahun 2024 ini lahirlah kembali dengan konsep baru, program Haiqingban / kelas Haiqing (Kuliah magang). Harapannya sih dari konsep baru Haiqingban ini, bakalan bisa kasih kesempatan khususnya kepada kalian yang sudah usia 23+ (yang usianya sudah ga bisa lagi untuk lanjut SMK Sambil magang).

Wih! Penasaran ga tuh? Hahaha.

Haiqingban ini udah dibuat dari tahun 1963, kayaknya sih program pemerintah OCAC pertama yang di buat. Haiqingban ini merupakan program pelatihan kejuruan bagi kaum muda keturunan Tionghoa perantauan dengan harapan untuk dapat menyediakan pelatihan teknik profesional 2 tahun di bawah kualitas lingkungan pendidikan kejuruan Taiwan, sehingga para siswa peserta yang memiliki keinginan untuk membuka bisnis bisa mempelajari skill-skill yang dibutuhkan untuk mengubah hidup dan mencapai mimpi mereka. (nyoba translate dari google).

Kalo versi papaku sih ya (papaku dulu di Taiwan 5 tahun ikut program Haiqingban juga a.k.a alumni), program haiqingban ini dibuat untuk di bawa pulang ke Indonesia bukan untuk bisa stay di Taiwan kerja gitu bukan. Karena dulu juga syaratnya lebih sulit buat bisa stay di Taiwan.

Program yang udah berjalan dari setengah abad ini udah membina lebih dari 20.000 alumni dalam berbagai bidang.


Sejak tahun 2022 OCAC melakukan tranformasi kedalam program Haiqingban. Haiqingban yang sekarang bukan lagi cuma dapet [Gelar D2] dengan masa sekolah 2 tahun, tapi sekarang sudah menjadi 1+3 dengan gelar S1. Yang bikin makin menarik adalah lulusan program Haiqingban juga bisa ngelamar kerjaan di Taiwan melalui kementerian keternagakerjaan untuk bisa menjadi tenaga kerja tingkat menengah setelah tamat kuliahnya.

Program ini baru diresmikan di tahun 2023 dan mulai terima murid perdana pada 2024 ini! Jadi tahun ini adalah tahun perdana banget program Haiqingban versi baru dibuka dan terima murid.

Dan muridnya pada tahun ini sudah ratusan.


Pada tahun 2023 ini jurusan yang tersedia kira kira seperti ini;

Manufaktur

Konstruksi

Pertanian

Perawat Jangka Panjang (Ini tuh ga kayak perawat suster, tapi kayak perawat buat jaga orang tua)

E- commerce


Kurang lebih emang kayak SMK Sekarang karena bidang bidang diatas ini sedang dibutuhkan tenaga kerjanya. Magangnya kemungkinan di tempat yang juga terima anak anak SMK. 


Beasiswa / Subsidi ada ga?

Ada! Kalo program dari OCAC emang udah biasanya ada subsidi! Berlaku juga program HaiqingBan, Dari OCAC sendiri bakalan kasih subsidi NTD 20.000/ semester untuk 2 tahun pertama. Jadi total subsidi nya hanya NTD 80.000. Selain dari sekolah emang biasanya harga uang sekolahnya ini udah di murahin sama sekolah, kayak contohnya di univ aku Fooyin University, uang sekolah aku saat ini 55ribu/ semester sementara anak Haiqingban hanya kurang dari 40 ribu (belum di potong subsidi).

Kalo kalian berprestasi di sekolah dengan nilai minimal 85 di setiap pelajaran, kalian juga berkesempatan apply beasiswa tambahan dari OCAC. 


Sistem Kuliahnya gimana?

Sistem Kuliahnya adalah 1+3 (lebih cocok di sebut ini daripada 0+4). Jadi tahun pertama kita bakalan hanya boleh part time 20 jam / minggu selayaknya mahasiswa umum, pelajaran di tahun pertama khususnya mandarin yang bakalan di push. Kemudian di tahun kedua bakalan mulai magang. 


Sistem Magangnya gimana?

Setelah aku telusuri sistem magangnya ini benernya ga bener bener kayak magang, beda banget dengan program SMK magang/ Kuliah lanjutannya SMK Sambil Magang. Bukan 4-2-1 / 5-1-1. Sistemnya ada beberapa tergantung jurusan, ada yang jangka waktunya singkat 

Kerjanya di carikan oleh sekolahnya, dan di carikan ini sesuai jurusan. Malahan kayak univ aku (iya univ aku terima program ini). Beda sama kuliah biasa, programnya udah di tentuin kelasnya dan hari kuliahnya, bukan pilih sendiri mata pelajarannya.


Syarat ikut HaiqingBan:

Syarat Haiqingban ini ya masih sama harus keturunan TIONGHOA dan sudah tamat SMA Sederajat di negara asal (Indonesia). Jadi yang pernah SMK di Taiwan ga bisa pulang dan daftar lagi. 

Untuk masalah usia tidak ada batas usia nya. 30 sekian banyak banget yang daftar. Di univ aku aja terima paling tua itu kelahiran tahun 1988. Status pernikahan juga ga penting! Bahkan kalo punya anak juga ga masalah (tapi anaknya ga bisa di bawa ya)

Pertahun 2023 di haruskan pernah belajar mandarin sebelum berangkat Taiwan. Kalo SMK kan minimal TOCFL level A1 sederajat (sederajat = surat belajar mandarin 240 jam), kalo kuliah harus minimal TOCFL Level A1.




Kalo boleh aku curhat sedikit soal Haiqingban ini sih kalo kalian ada yang baca blog aku yang lama yang ngenalin soal program sekolah menarik di Taiwan, aku ada mention kuliah magang. Ternyata zaman segitu itu programnya ga bener bener ada. Maksudnya gimana? Kalo dulu tuh ya sekolah sepenuhnya cari sendiri tempat magangnya, kemungkinan magangnya pun itu cuma demi supaya siswa ga berat dengan uang sekolah. Nah kalo yang kuliah cuma 2 hari ini antara ada dan ga ada. Ada yang memang ada izin ada yang ga ada tapi ngakunya ada. 

Sistem kerjanya dulu juga kan ada yang kalo masa sekolah dianggepnya cuma part time kalo summer sama winter baru kerja full, ini tuh emang aslinya cuma boleh kayak gini, kuliah reguler juga boleh kayak gini, bedanya mungkin anak reguler kan harus cari sendiri dan belom tentu bisa selaras antara part time dan jurusan. Jadi ya sebenernya ga harus ikut program ini kalo emang kalian mau pengen kuliah sambil kerja. 


Tapi haiqingban yang versi baru ini sudah di tetapkan jadi program khusus OCAC ya. Jadi pasti aman & terjamin :) Tapi kalo ada program serupa yang bukan dari OCAC menurutku jangan coba coba diambil, karena bisa jadi itu cuma abang abang lambe kalo kata orang Jawa. Yang pasti ada dan bener cuma programnya OCAC. 

Jadi kalian ga perlu ragu lagi buat ubah hidup kalian di Taiwan.


Salam, 

Michiko Akane

Komentar

  1. ci.. mau nanya haiqingban bukannya cm diploma 2 tahun y?? bisa update lbh banyak ce program ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK Huade

SMK ZhuangJing