Sistem Belajar di SMK 華德

Halaman Belakang SMK Huade
Halo semuanya !

Akhir-akhir ini aku lagi suka banget ngomongin SMK Huade. Dulu 2tahun/3tahun yang lalu juga suka ngomongin sampe dikira murid disana.

Alasan aku saranin SMK Huade adalah karena disana gurunya baik, care dengan siswa . Murid disana diperhatikan sekali, mungkin karena jumlahnya yang masih bisa dikontrol. Dari pengamatanku, sekolah yang terkenal, terima murid sudah banyak cenderung membiarkan muridnya, diperdulikan hanya seperlunya, asal tidak buat masalah ya yaudah. Tapi 華德 ga gitu, jadi cocok untuk anak yang usianya masih kecil.

Dari segi pelajaran juga terkontrol, siswanya bener-bener belajar, ini bisa diliat dari ujian negara, full mandarin tapi di Huade yang lolos dikelas mencapai 90%. Aku aja soal pilihan ganda aja pernah ga lolos (jadi ujiannya itu pilgan & praktek, praktek lolos tapi pilgannya ga lulus, maka harus ngulang pilgannya, kalo praktek yang ga lulus harus ulang semua). Ujian pilihan ganda aja kok, masa sesulit itu ?
  • Full mandarin
  • Soal kisi-kisi gitu 1000+ totalnya, yang keluar cuma 80/100 soal, dari 1000+ soal yang keluar cuma 80/100 soal
  • Orang Taiwan aja ga sedikit juga kadang yang ngulang, anggap lah kurang belajar, tapi siswa asing persentase 90% lolos dikelas itu tinggi !! Aku belum pernah denger sekolah lain ada setinggi ini

Biasanya, kalo sekolah belajarnya banyak, pasti sekolahnya ketat ya ce ? Kayak ZhongShan atau TzuMing gitu ? Dari online meeting terakhir aku denger Huade udah ga seketat dulu, tapi ga selonggar SanShin,ShuTe juga

  • Senin - Rabu ada belajar malem (kayak ZhongShan & TzuMing, kayaknya sekolah yang ada "bimbel" cuma ini doang). Makan malem disediakan sekolah.
  • Kamis karena ga salah ada pasar malam, jadi boleh keluar sampe jam 9, ga ada belajar malam. Makan malam setauku ada tapi bisa ga pesen mungkin, agak lupa juga.
  • Jumat karena malem sabtu emang ga disediain makan (udah dianggap weekend), kalian boleh keluar sampe jam 9/ masak sendiri makan yang kalian suka.
  • Sabtu&Minggu bebas mau jalan kemana, asalkan harus balik ke sekolah sebelum jam 9 malem.
Jadi part-timenya kapan ? Pulang sekolah bisa ga ?

Di HuaDe kalian bakalan disuruh pilih part-time, tiap perusahaan punya jadwal yang ga sama, kalian pilih yang sesuai sama jadwal kalian aja.

Misalnya : Perusahaan A : Sabtu 10jam
                                           Miinggu 10jam
                  Perusahaan B : Senin - Jumat @4jam
                  Perusahaan C : Senin - Jumat@5jam

Kalo bagi yang pengen belajar dan ga suka jalan, Sabtu dan Minggu kayaknya ok untuk part-time, tapi kalau Sabtu dan Minggu mau jalan, pilih part-timenya hari biasa aja, belajar untuk atur waktu kalian sendiri.

Advantagenya ada kemungkinan adalah dapat makan waktu part time, jadi bisa hemat uang makan juga.


Bahas magang di HuaDe dong ce....

I know one of the biggest concern buat yang mau SMK Di Taiwan adalah magangnya. Magang pastinya penting karena kita maunya bisa mandiri, bayar uang sekolah sendiri. 

Magang di HuaDe aku ngerasa ok ya. Pilihan perusahaannya banyak ga cuma 2/3, kalau ga salah 5-6 setiap jurusan. Jadi dari segi pilihan tempat magang Huade ini termasuk dalam kategori green flag, karena aku pernah bahas kayaknya di Tiktok untuk ga milih sekolah yang pilihan kerjanya cuma sedikit. (5 keatas udah termasuk banyak)

Apalagi jurusan IT magangnya itu TaiChung keatas semua, jadi kalian bisa dapet suasana 2 kota. Kalo yang jurusan Baking magangnya di Pingtung, Kaohsiung, Taichung, Nantou, Taoyuan dan New Taipei. Bagi pilihan baking kerjanya ga semua di pabrik ya tapi ada di hotel dan resto juga, karena Huade kebetulan ga buka jurusan Tata boga untuk tahun 2024.


Sekarang bahas gaji di Huade!!!
Kalo kalian mau cari cuan, saranku masuk ke pabrik, KARENA pabrik di Huade rata rata bisa lembur walau ga banyak sampe bisa 60/70ribu...(setauku). Tapi kalo sekedar 30-40 ribu bisa! Malahan di Huade kalo masuk pabrik, minim-minim 30an udah hampir pasti tiap bulan.  Kalo masuk hotel atau resto memang di manapun setauku sama ga ada sistem lembur. Jalan keluarnya mungkin cari part time tambahan sendiri, kalo emang mau punya cuan lebih. 

Tapi menurutku walaupun dapet ga ada lembur ya, gaji 3 bulan setelah di potong uang sekolah masih sisa dan bisa di tabung kok di Huade. Untungnya karena di Huade itu uang sekolahnya ga semahal itu. Kira - kira hanya butuh 1 bulan gaji aja untuk uang 1 semester (udah include makan siang dan malem), Gaji 1 bulannya lagi buat kebutuhan dan makan di weekend (apalagi kalo ada part time bakalan makin hemat, dan bisa bisa malah dari part time udah cukup untuk uang hidup 3 bulan sekolah, jadi gaji 2 bulan magangnya bisa di simpan - ya ini berlaku kalo kalian pintar atur uang, dan ga boros- hehe).


 Kalian ada yang meu liat ruang kelas Huade? Click Disini ya. Disini juga ada video berbeda.


Semoga bermanfaat.

Michiko Akane

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade