Tips Betah di Taiwan

Hai! Balik lagi ke blog aku. Thank you banget kalian yang udah support aku selama dan sejauh ini. Gatau kenapa aku tuh benernya ngerasa easier for me to just write on blog especially tentang perasaan. Mungkin karena aku tau dan nyaman sama kalian semua, thinking that y'all won't be judgemental of me. Thank you.


Newest photo of me, I realized I almost never post my own picture here again. 


Benernya emang aku pengen bahas tentang caranya aku untuk betah di Taiwan, cuma sambil cerita masa lalu gapapa kan ya? Karena ceritaku ini sangat berhubungan banget dengan betah. Walaupun papaku ngomel karena cara yang aku pake ini agak salah, benernya aku tetep ngerasa ga salah, tiap orang itu beda, personality ga sama, cara relief stress juga ga sama. Benernya aku ga pengen juga kalian bener bener ngikutin cara aku, takut ada pihak tersakiti hahaha. 

Ya jadikan aja pengalaman aku ini pelajaran buat kalian. Bisa belajar dari pengalaman orang benernya berharga banget lho, walaupun aku sendiri ga pernah bisa karena aku orangnya ga percayaan apalagi kalo ga nyoba sendiri. BATU banget deh aku ini.

Banyak yang mungkin gak tau kalo aku ini ga happy pertama dateng Taiwan. Mulai dari di dalem pesawat aja udah nangis diem diem. Ga cuma itu sekolah yang aku masukin ini pertama kali terima siswa asing, masih gatau harus gimana, dikurung ga bisa jalan jalan sebulan full, kakel Indo kagak ada, adanya cuma Taiwan, mandarin ga bisa, kakelnya Inggrisnya ga bisa! Like what kind of hell is this? Sumpah aku mikir ini dulu.

Seminggu belom lewat aku udah nangis nangis minta pulang, walaupun anak Indo disana comfort aku tapi kek ga guna, aku cuma suka nonton 13 reasons why, seminggu abis tuh series bahkan ga sampe. I made friends yes. Tapi itu ga ngobatin rasa aku pengen pulang. Sekolahnya worst! Sabtu minggu ga boleh keluar karena ga ada kakel nemenin gitu (mereka sabtu minggu pulang rumah coy), kita cuma dikirim sarapan, inget banget sarapannya itu DAN BING, kue telor (kalian yang ke Taiwan pasti tau banget ini nanti), ama soy milk (Yuck). 

Makan malem dan siangnya masak mie sendiri pake air panas dispenser. MISERABLE BANGET DEH!! Walaupun sekarang liat ke belakang lucu banget, jadi ada 1 orang yang take care of us karena punya mie, dan bantu masakin (hi Ayen!). Aku yang manja AF nih sering di ceramahin sama yang dari Medan, karena mereka dateng pertama dan sekolah ga prepare at all. 

Kata mereka, pertama mereka dateng, AC ga bisa di buka, dan ga ada Wifi, mereka juga ga ada simcard karena ga beli di airport, sekolah juga ga bantu sediain. Parah bingitzz, jadi mereka spend time ya main main gitu, seru katanya walaupun ga bisa telpon keluarga.

Tapi sumpah ya kalian pindah ke 1 negara, udah kesel feelingnya berantakan, tapi malah di mistreat sama sekolah, apa kalian juga ga kebelet pulang hahaha. Ngomong jujur aja deh, pasti ga betah banget. Jadi berasa sengsara di negara orang. (yaelah 18 yo Michiko, baru itu aja udah ngerasa sengsara. Alay banget dah). Ya gimana ya aku di Indo makan ga pernah sampe kelaperan, bahkan mie aja udah jarang makan walaupun di Jakarta ngekos sendiri weh, kayaknya aku bisa bilang 1 tahun sebelum ke Taiwan aku ga makan mie instant sama sekali bahkan, kecuali mie goreng abang abang ya. 

Untungnya ga ada makanan sabtu miggu itu cuma 1 minggu aja buat aku, abis itu kita diajak jalan jalan, jadi ada makanan yang bisa di beli makan, ga kelaperan hahaha. Aku ga gampang happy dengan diajak jalan jalan, happy weekend doang, udah sekolah udah mampos, makan udah banyak masih pingsan karena maag sampe di bawa ke klinik dan di infus! Tau kan sekarang aku seberapa stressnya. hahaha. Tiap malem masih telpon minta pulang.

Walaupun dikasih acara kayak welcome party gitu, aku tetep ga lega juga, dikasih kue ultah buat yang rayain bulan July - Agustus juga aku ga happy, apapun ga ada buat aku happy kayaknya, serba salah. LOL, gimana ya udah ga suka jadi apa apa tuh salah aja gitu, pikirannya udah negatif. 

Perlahan lahan ada betahnya sedikit karena makanan, aku gain weight lumayan banyak pas ini, 5kg di beberapa bulan pertama, padahal di Indo makan banyak ga pernah naik BB (Sekarang aku malah gendut banget hampir 60KG, karena abis diet, awalnya 62 paling berat). Walaupun gain weight tapi pingsan karena maag (aku gitu kalo stress berat), beberapa guru kasihan liat aku yang udah kek hampir depresi gitu, jadi banyak yang sayang, kasih makanan dan beliin makanan, guru yang bisa bahasa inggris, lulusan Inggris (dia kayak wakasek gitu deh kayaknya, namanya Tian Jun ga salah ganteng banget, suka nanyain kabar dan ngajak ngomong pake inggris).

Ada juga kayak Kepala department gitu bisa inggris juag mulai ngomong ke aku pake bahasa Inggris walaupun sering di marahin karena akhirnya ada apa apa aku lapor ke dia pake bahasa Inggris (ga berusaha ngomong mandarin), ya aku pening denger mandarin terus. need break coy.

Ada guru juga dia katolik, aku ditunjukin gereja dan dia jadi sayang banget ama aku karena agamanya sama. Hahaha. Padahal guru ini kayak ortu angkat anak lain. Dari sini mulai lah banyak yang tumbuh rasa iri, benci, berasa banget agak di jauhin, circle jadi kecil (temen aku ada 1 gay, kemana mana mostly ama dia, yang lain mah ya gitu, ada butuh deket. karena aku Indo yang bawa uang mayan banyak. 30rb NTD ga salah).

Sedihnya dulu aku gatau kenapa, mungkin karena banyak yang uangnya kurang jadi kita disuruh ambil seragam second, ya gapapa juga sih, aku juga udah skeptis ga bakalan lama, jadi ngapain beli seragam.

Kakel semua pada bilang kalo emang ini tuh cuma sebulan doang, udah masuk sekolah udah bebas, sebulan yang rasa kek tahunan, dan emang iya sih, ketika sekolah di buka gitu, jadi lebih bebas pergi walaupun akhirnya aku seringnya cuma ke depan sekolah doang.

Mulai lebih betah karena aku dapet banyak temen orang Taiwan, mereka dari kelas bahasa Inggris gitu, suka banget ngomong ama aku karena mereka jadi latihan bahasa Inggris, mereka juga ngasih aku ajaran mandarin walaupun dikit dikit, belajar bahasa kotor dari mereka btw. Mandarinku jadi jago cursing hahaha.

Beberapa ajak aku jalan, minta FB, akhirnya izin sih buat jalan. enak banget jadi tau jalan dan bus dikit, yang laen belom ke Mall (dream Mall aku udah). Ada juga yang ngenalin aku ke keluarganya karena dia Kristen dan aku Katolik, kelaurganya bisa Inggris, diajak makan dinner gitu 2 kali kayaknya. Aku ga pernah pamer padahal, malah aku kadang ga bilang kemana cuma bilang ama siapa, YA GIMANA DIKASIH TAU NAMANYA JUGA KAGAK NGERTI KAN MANDARIN, tapi gatau kenapa banyak lagi yang jadi iri, susah emang ya hahaha. 

Ada juga Cindy, karena punya Ayi di Taiwan jadi dia sering diajak jalan ama Ayinya, dia ada temen deket dari Kalimantan juga namany Christine, kalo jalan aja ga berani bilang anak anak takut di bilang apa gitu. YA TUHAN !

At some point udah sedikit terobati, tapi at some point juga makin ga betah karena berasa di musuhin. Malahan ada yang benci aku karena aku terlalu seksi suka pake tank top ga suka pake bra yang proper, aneh banget kan? Padahal anaknya suka pinjem baju aku, terus udah 2 tahun di Taiwan gitu dia ganti style terbuka bajunya punggungnya bolong. JILAT TUH LUDAH! Hahahaha

Tulisanku berubah jadi bahan julid Hahahaha..  

Aku juga boros suka jalan kan ama beli makan, apalagi setelah diajak jalan temen Taiwan kan jadi lebih ngerti, jadi suka jalan sendiri, ke gereja sendiri, ato kalo ga ya sama  temenku yang gay itu. Boros ku juga duit sampe di kirim ortu lagi. (iya aku pernah di fase ini juga, gapapa kok, ini cara biar betah kata papaku). Gara gara boros juga orang nih jadi makin ga suka, emang deh serba salah.

 

Aku jalan jalan ampe kamana mana. 2 tahun di Taiwan aja aku udah bolak balik Taipei gatau berapa kali.

    Borosku ini sampe ngabisin kira kira 50 ribu di 5 bulan pertama sampe dapet gaji magang pertama, karena aku kan dapet sekolah dulu (sebulan masa orientasi, 3 bulan sekolah 1 bulan kerja baru dapet gaji). Sebenernya segitu dibilang hedon banget juga kagak, kan aku ga mau part time, dipaksa doang 1 minggu ama di sekolah, dapetnya 4000 kayaknya aku buat beli catokan. Jalan jalan juga kan butuh uang transport, makanan juga carinya mungkin yang ada menu bahasa Inggris jadi harganya lebih mahal sedikit bukan makan nasgor 50NT, makanku kira kira 100-200NTD sekali makan dulu, lumrah lho... Kalo di Rupiahin cuma 50-100ribu, ama Jakarta ga beda jauh ya kan...

    Abis ngomongin duit, bergeser kita ke love life/relationship aku. Since I think we are good and he won't read this anyway, so I'm just gonna spill his name. Aku antara punya pacar dan ga punya pacar waktu ini. My Ex ini dari Surabaya namanya Alex but I call him with his last name, cause people call him that way, but to make it cute I add 'ie', "Hammie". Now I feel cringe. lol.

    Kalo kalian tau story aku, aku dari Surabaya pindah ikut mama yang udah duluan pindah ke Bali (I don't think I've ever spilled it openly about the details of my moving). Simply just because I pacaran too much. It was cruel. Cause Alex was my first serious BF. I WAS ONLY 15 GEE. IDK WHY I THOUGHT THAT WAS SERIOUS.

    Alex's parents just completly disagree with my moving, cause it made Alex sad. Jadi he can't take it, but at the same time we doesn't wanna lose each other. Karena dia sekolah di International School, dan itu juga ketika banyak sweet 17 party gitu, dan aku  juga sering bolak balik Surabaya karena my big family kan disitu. So we make pattern dimana chat, balikan ketemu, ilang. Sampe aku ke Jakarta, makin sibuk cari kegiatan, tapi ya tetep once in a while bakalan chat. Sampe di Taiwan juga sama. The detail lain kali aja kalo aku buat buku kali ya, aku pengen bisa buat buku tentang hidup aku and my love story in the future lol.

    Buat ngisi waktu awalnya iseng main tinder, mana tau ketemu cowo ok bisa Inggris, daripada di sekolah biasanya adek adek yang kelas 3 aja tahunnya 2000an. -Ga usah main Tinder deh, saran, soalnya ga beda kayak Indo, ya ada sih yang serius tapi most of Taiwanese itu maunya cuma dating dating ga nikah. Ini pengalamanku kenal orang Taiwan, sampe 50 tahun aja masih dating ga ada kepikiran mau nikah-

    Sampe akhirnya di sekolah diajak sekolah, ada acara di AiHe 愛河  (love river). Acara menyambut Zhong Qiu Jie 中秋節 (Mid autumn Festival). Acaranya ini itu khusus buat siswa Qiaosheng doang, dan ada murid Sanshin juga, Zhongshan, Shute. Aku bodo bodo lah dulu ga paham, pokoknya disini jadi ajangnya kenal kenalan minta line/IG. Mostly cowo Zhongshan yang ajak kenalan, karena disana Indonya lumayan banyak ketimbang Sanshin saat itu.

    Jadi ada kakel Zhongshan suruh adek kelas minta line gitu, awalnya maunya minta ke Fiora (maknae Indo Shute), tapi nyasar ke aku. Yang minta kayaknya Darwin tapi ntah lah (Darwin playboy btw. lol.) cerita cerita ngakunya single tapi anak Medan Shute ya mungkin karena asalnya sama jadi jago stalking bilang kalo ada cewe. Ya aku sih ga ada intensi mau pacaran, jadi asal dapet temen jalan aja deh udah.

    Waktu ini aku cuma tau cara jalan ke 1 tempat yang hapal banget rutenya, karena mostly aku pergi sendiri kan, atau ya ama Kevin, tapi Kevin mah ga bisa di andelin. Tempatnya yaitu Central Park, ada tempat jalan jalan, belanja namanya xinjuejiang 新堀江 murah murah kayak pasar malem. Di situ ga sengaja ketemu si Darwin, nyapa. Pulangnya diajak jalan lagi.

    Diajak jalan ini, si Darwin ngajak temennya. Asal Sumut juga namanya Ari, singkat cerita sampe mau pulang banyak diem dieman karena kalo asal Sumut sana kalo ngomong pake Hokkien aku ga paham, akunya juga lagi jaim. uhuy. Tapi sampe deket deket mau balik kok kagak di tanya kontak gitu deg degan. Tapi akhirnya di tanya kok. Dan iya jadian (ga langsung cuma di skip aja ceritanya). -Ternyata di acaran mid autumn juga ada dia tapi ya karena introvert apa gimana ga kenalan lah gitu-

    Dari ceritaku yang ruwet udah ketemu belom benang merahnya dengan tips yang aku bawain?

    Cari pacar apalagi yang sama sama Indo, ngebantu banget buat betah apalagi di awal awal, ya itu juga kenapa di masa orientasi banyak banget xuemei 學妹 baru dateng yang pacaran ama xue zhang 學長. Hahaha. Bakalan ada rasa saling jaga gitu.

      Papaku juga bilang kalo pacar satu negara itu ngobatin banget homesick, papaku ngomel ga setuju tapi dulu mikirnya yaudahlah aja daripada ga betah, nangis nangis minta pulang. Ya benernya masih nangis tapi frekuensinya berkurang dan di bagi ke pacarku waktu itu, apalagi waktu magang, tiap hari telpon pacar, habis topik pembahasannya ya isinya denger keluhan aku.

    Waktu aku pulang dan balik lagi ke Taiwan, kenapa aku baliknya ke Kaohsiung lagi, bukan cuma gara gara mau masuk tourism di Sanshin, ini cuma 30% nya aja, 20%nya pengen ambil SMK Chenggong di Taoyuan karena asrama bagus, suasana juga beda ga di Kaohsiung lagi. Tapi 50%nya bisa ketemu pacar lagi, jadinya ya aku pilih di Kaohsiung ambil Sanshin.

    Kalo waktu itu aku ga ada pacar, aku ga yakin bakalan balik Taiwan. Kalopun ternyata di Indo putus, waktu itu, aku tetep bakalan mau berangkat lagi. Karena ya ngedate di Taiwan rasanya beda ama di Indo, harus lari lari kejar bus/MRT takut kena men jin 門禁 Jam tutup gerbang asrama. Janjian ketemuan di MRT. Atau bahkan di jemput padahal jalan kaki, dianterin balik ke asrama. 

    Ga cuma perasaan kayak gitu yang pengen bikin aku balik. Tapi karena aku pacaran sama yang udah lebih lama di Taiwan, alhasil aku banyak diajarin tentang Taiwan, diajak jalan jalan ke banyak tempat baru, jadinya ga cuma explore sendiri. Jadinya ya makin cinta ama Taiwannya, makin betah ga mau pulang karena tau di Taiwan banyak tempat bagus yang belom aku datengin.



    Selain yang aku udah mention diatas, aku sih ngerasa Taiwan aman. Papaku kan di Taiwan jadi aku suka nginep di luar dulu, dan sebagai remaja jalan hampir tengah malem bahkan lewat tengah malem. Itu bener bener aman.

    Asuransi disini juga kan bagus banget. Bukan nyuruh kalian sakit cuma mungkin mindsetnya aja yang di ganti. Kayak ohh aku belom periksa gigi, atau belom pernah periksa apa. Ini jadi goal goal kecil yang bikin bertahan juga.

    Start from small. Aku orangnya ga betah kerja, di marahin ga bisa mandarin. Aku kelahiran 90an tapi mentalku anak 2000an banget, ga bisa under pressure, gampang ovt. Tapi kalo kerja aku selalu mikirin libur minggu ini mau kemana ya, atau mau ngapain ya. Dengan ini juga bisa bantu supaya berasa lebih cepet selesai daripada mikirin tar kalo udah balik sekolah.

    Begitu juga sama makanan, banyak yang belom di coba. Jadi jangan pulang dulu. 


Ceritaku hari ini sampe disini aja dulu. Semoga bisa bantu kalian bertahan sedikit lagi di Taiwan, Ayo semangat!


                                                                        Michiko Akane

Komentar

  1. Mau nnya kalau sekolah di Tainan SMK Liuxin itu gimana ya tanggapan ny

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade