Lapor Pajak dan Pengembalian Pajak Taiwan Bagi Student

 Halo semuanya! Kali ini aku pengen bahas tentang perpajakan di Taiwan nih. Jujur waktu upload di Tiktok aku kira banyak kaum pelajar Taiwan yang udah melek dengan perpajakan ini. Ternyata ngga. Malahan agak kaget tiktok aku bisa sampe 10ribu views, padahal video aku kalo di sharenya di Taiwan biasanya viewsnya kecil kecil.



Aku dulu ga gimana kenal perpajakan jujur aja. Pertama kali lapor pajak juga waktu kelas 2 naik ke kelas 3 gitu deh kayaknya atau bahkan kelas 3 hampir hampir lulus gitu. Waktu itu ada program bisa lapor pajak langsung 5 tahun. Nah karena itu aku langsung apply 2 tahun, begitu juga dengan pacarku (aku perginya bareng gitu). Langsung pergi ke kantor pajaknya, karena kebetulan juga ama Sanshin ga jauh. Pacarku lapor pajak pertama kali juga di bantu sekolah, jadi waktu kuliah dia juga ga pernah lapor pajak. 

Lapor pajak ini benernya kelas sebelah pun ada di bantu anak buat laporin pajak, jadi kayak dipilih 1 anak buat diajarin sama wali kelasnya buat bantuin sekelas lapor pajak biar ga usah ribet harus ke kantor pajak, dan kalo ngajarin satu kan ga bakalan susah kayak ngajarin sekelas. Wali kelasku ini orangnya pengen sekelas ribet bareng biar sama sama paham dan belajar, jadi kadang jam pelajaran dia pun kita kadang disuruh ke bank buat belajar tarik uang, setor uang gitu. Jadi waktu lapor pajak ini juga sama dia suruh kita sendiri sendiri pergi urus ke kantor pajaknya langsung, katanya buat persiapan kuliah yang apa apa sendiri.

Kuliah itu kita udah mesti 100% mandiri, mulai dari ARC biasanya SMK yang bantu kita perpanjang, kalo kuliah ya kita yang perpanjang bahkan kita juga yang harus ambil, begitupun dengan izin kerja, kartu kesehatan (mungkin), dan pajak ini. Beruntung sebenernya punya wali kelas yang care sama hal hal ini. Mikirin kuliah nanti kita apa apa harus sendiri bahkan mungkin ngajarinnya cuma asal ngajarin abis itu yaudah berusahalah sendiri.

Aku inget dulu ada yang nanya di sekolah ke wali kelas kenapa kita harus lapor pajak di Taiwan, kan kita orang asing. Jawabannya adalah kita lapor untuk claim kembali pajak yang sudah kita bayarkan, karena orang asing ga usah bayar pajak.


Pajak Anak Magang / Intern

Anak magang kan itungannya kerja full time, itu mesti bayar pajak ke pemerintah karena perusahaan ini wajib setor pajak, sehingga gaji kita pasti akan di potong untuk keperluan pajak (perusahaan harus potong gaji untuk keperluan pajak demi memenuhi kewajiban mereka dalam menjalankan pajak), tidak terkecuali siswa asing. Biasanya di slip gaji memang ada potongan dengan tulisan 所得稅 (baca: suo de shui / pajak penghasilan). Income tax ini lah yang akan dikembalikan.

Dari tiktok sih katanya kalo pure pekerja gitu yang dikembalikan hanya sebagian aja. Tapi untuk student aku bisa jamin di kembalikan 100% asalkan memang "Suo De Shui" ya. Aku bisa buktiin soalnya dari aku part time dan kerja waktu summer, semua potongan income tax nya emang balik.

Aku punya mantan dia bilang dia ga suka lembur karena potongannya jadi banyak. Potongan selain Income Tax apakah balik? Di slip gajiku ada potongan lain namanya 二代健保 apalah. Kalo ini iya ga bakalan balik. Ini itu potongan karena gaji yang di dapat lebih dari UMR (akibat lembur dsb). Maka ada potongan ini. Mungkin asuransi tambahan gitu? Gatau juga.


Udah bahas soal magang sekarang bahas tentang Part Time

Pajak Anak Part Time

Sama aja sih asalkan statusnya student pasti akan di kembalikan juga kalo memang di potong. Kenapa kok kalo memang di potong? Karena ga semua tempat potong. Ada gaji yang udah bebas tax, \kayak aku dulu kerja di hotel gitu emang ga di potong pajak jadi ya 0 dan ga ada yang dikembaliin. Mungkin yang cash gitu bakalan most likely buat tax free, perusahaan FnB dan hotel juga lebih bisa tax free, kalo pabrik udah jelas ga bisa setauku.

Aku kan sekarang juga anak part time itungannya, itu memang ada potongan dan aku udah claim. Total aku dapet dari summer tahun lalu itu 5300NTD. Mayan banget kan!!


Kalo Tax Free gitu ga usah lapor pajak?

Sebaiknya tetep lapor aja, toh lapor kan cuma butuh luangin waktu. Daripada kalo ternyata ada malah ga claim. Tapi selain itu juga mungkin kamu kena pajak jadi bisa tau dan bayar.


Kok malah kena pajak?

Kalian kalo ngikutin instastory aku waktu aku lapor pajak, aku ada mention aku kena pajak 250NTD. Ini aku belom telusuri gimana ceritanya malah bayar pajak, agak kepo tapi cuma 250 NTD doang masa harus diusut-usut. Tapi yang jelas kalo ga bayar yang ini aku ga bisa claim pajak aku yang 5300 NTD dari tahun 2022, sayang banget kan.

Lagian like I said "I am MORE THAN Happy to pay taxes here", karena keliatan banget, bus apa lah segala fasilitas memang diperbaharui kalo rusak dan di rawat, bahkan kayaknya aku dalam 6 tahun disini udah liat bus di jurusan yang sama di ganti 2 kali, padahal belum rusak (tapi mugkin demi keamanan juga daripada rusak malah makan korban, di import ke Indo bagus tuh buat daerah yang ga ada bus umum. haha)


Syarat dan Ketentuan lapor pajak plus kapan harus lapor pajak

Kalo kalian tinggal di Taiwan lebih dari 6 bulan dalam 1 tahun, kalian harus lapor pajak. Hitungnya dari 1 Januari - 31 Desember) di tengah mungkin ada yang pulang terus balik lagi kayak aku, asalkan di tahun tersebut lebih dari 6 bulan. Aku kalo kalian ngikutin cerita ke Taiwan ku. Aku sempet putus dan pulang SMK (kira kira February), daftar ulang dan balik lagi ke Taiwan July akhir. Augustus - December aja udah 5 bulan di tambah dengan January nya waktu masih di SMK Shute. (Mungkin aku kena denda karena aku ga tau harus lapor pajak untuk tahun ini). Ini aku mestinya lapor tapi karena ga ngerti jadi aku ga lapor.


Cara lapor pajaknya gimana?

Cara gampang ya ke tempatnya, namanya 國稅局 (baca: guo shui jv) terdekat, selama bulan Mei gitu biasanya disediain tempat buat lapor pajak express gitu. Prosesnya juga singkat cuma 5 menit aja. Kalo untuk claim pajak yang tahun tahun sebelumnya juga harus kesini.

Cara kedua adalah dengan online, tapi lebih ribet dan wajib punya laptop karena butuh untuk scan chip di kartu asuransi NHI.


Yang perlu disiapin apa aja?

Kalo kalian baru pertama kali aku saranin bawa ARC dan kartu asuransi NHI dan buku bank, karena pajaknya akan dikembalikan via transfer.

Kalo kalian mau apply untuk yang tahun tahun sebelumnya bakalan lebih ribet karena butuh bawa passport dan isi formulir lagi di tempatnya.


Segitu dulu penjelasanku soal perpajakan di Taiwan

Semoga Bermanfaat

Salam,

Michiko Akane

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade