KRISIS MURID DI TAIWAN

 Halo semuanya... 

Selama ini di blog ku, aku mostly ngebahas tentang program sekolah SMK. Agak kurang lumrah emang ya, di luar negeri selain Taiwan biasanya buka program kan kuliah, sekolah bahasa, foundation program. Tapi yang jelas hampir ga ada program SMA/SMK. Sekolah setingkat SMA/SMK di luar negeri tanpa di dampingi orang tua kayaknya sangat ga lumrah di dunia pendidikan Internasional. Yang lumrah biasanya karena orang tua punya pekerjaan di luar negeri maka anaknya pun diajak untuk ikut dan akhirnya bersekolah di negara tersebut. Intinya bukan untuk umum.

Program buatan Taiwan yang mempermudah siswa tingkat SMA untuk mulai sekolah di luar negeri tanpa adanya wali ini menarik perhatian. Mungkin kedepannya bisa jadi comtoh bagi negara maju lainnya, sehingga ga hanya Taiwan aja yang punya.

Di balik program unik yang di pioneer-i oleh Taiwan ini, apa sih landasannya kenapa pihak sekolah & pemerintah di Taiwan bekerja sama mempromosikan “sekolah di Taiwan” bukan lagi “kuliah di Taiwan”.

Bulan November 2022, aku buat video TIKTOK yang kemudian viral di Indonesia. Padahal videonya lebih ke arah ngasal aja. Videonya ini cuma video tentang sekolah di sebelah SMK Sanshin. Lokasi sekolahnya sama strateginya dengan Sanshin akan tetapi, nasib sekolahnya tidak sama dengan SMK Sanshin.

Sebenarnya sekolah ini udah menarik perhatianku sejak datang di Sanshin karena sering lewat. Selama di Sanshin aku sering banget perhatiin sekolah ini dan pernah juga tanya ke wali kelasku karena jarang banget lihat muridnya. Di taiwan yang bersih-bersih sekolah, mulai dari kelas, kamar mandi, lorong, sampe halaman itu muridnya sendiri, jadi kalo muridnya banyak pasti keliaran waktu jam ‘dasad’ / bersih-bersih.

Kata wali kelasku emang sekolahnya udah sepi, terakhir dia tau itu mereka udah ga terima murid, hanya nungguin lulus aja. Sekarang sih udah 100% tutup, seperti di video ku ini. Klik disini untuk nonton videonya. Jujur waktu dengar sekolah ini terancam tutup, aku juga banyak kepikiran kayak; kok ga terima qiaosheng aja, ambil murid dari luar gitu kan mereka mungkin bisa bertahan.

Nasib SMK/SMA Taiwan banyak juga yang terancam layaknya sekolah yang aku ceritain ini. Maka dari itu pemerintah Taiwan ikut ambil tindakan dengan membuka program SMA/SMK ke Taiwan. Khususnya SMK kalo disini program SMK sambil magang.

Pemerintah Taiwan pastinya aware kalo kebanyakan yang datang ke Taiwan untuk kuliah di Taiwan adalah dari negara Asia tenggara, khususnya keturunan Tionghoa dengan kebiasaan suka part-time sehingga Taiwan membuka program SMK sambil magang secara spesifik.

Dan emang bener program yang awalnya cuma buat orang Taiwan ini sukses mendatangkan puluhan ribu siswa dalam kurun waktu 10 tahun (asumsi kasar 1500-3000 siswa/tahun).

Kalian jadi punya pertanyaan gasih? Kenapa pemerintah Taiwan bikin program ini? Aku udah pernah mention kalo tujuannya itu banyak. Yang paling utama permasalahannya itu di angka kelahiran.

Aku selalu lupa sama apa yang udah pernah aku tulis di blog mungkin kalo emang aku belom pernah bahas kenapa pemerintah banyak cari murid asing mungkin later aku bakalan tulis di blog. Tapi yang jelas pernah aku mention sekilas.

Di video tiktok aku yang mayan viral itu sih aku udah banyak balesin komen “kenapa bisa sampe tutup?” Banyak yang bandingin di Indo susah cari bangku atau di kaitkan dengan sistem zonasi, dsb. Sistem zonasi Taiwan sih punya, tapi bukan itu masalah utamanya.

Aku udah buat video TIKTOK terkait dengan masalah Kenapa Taiwan krisis murid, aku bahkan ada kasih liat grafiknya juga. Taiwan kekurangan murid akibat angka kelahirannya yang terus turun. Dalam kurun waktu 50 tahun Taiwan yang awalnya angka kelahiran tiap tahunnya di angka 40.000 sekarang 10 tahun terakhir cuma 8.000 an aja.

Penyebabnya apa ya? Banyak! Orang Taiwan ngerasa punya anak ribet dan butuh banyak uang, walau udah banyak di bantu pemerintah kayak di sediakan tempat penitipan anak ( bayi ), diberikan uang saat melahirkan, diberikan subsidi tiap bulan hingga anak berusia 2 tahun / 3 tahun ( susu & popok ) atau bahkan cuti melahirkan yang lumayan panjang. Mungkin juga ini adalah alasan kenapa tinggal bareng sebelum menikah juga di sahkan oleh pemerintah. Orang Taiwan tetep aja ga mau punya anak.

Oleh karena masalah krisis murid ini, pemerintah jadi kerja keras untuk membawa orang asing masuk, khususnya dari negara Asia Tenggara karena selain membutuhkan murid, Taiwan juga membutuhkan tenaga kerja terampil sehingga terbentuklah program SMK Sambil Magang, demi membantu mengatasi permasalahan diatas. Bahkan program Haiqinban atau D2 Subsidi juga kini telah di redesign sehingga menjadi program D2 sambil magang.

Krisis anak di Taiwan juga bikin Taiwan ngeluarin banyak dana untuk bikin program - program beasiswa. Kalo pendapat pribadi aku sih kita sebenernya kayak lagi nge-hustle Taiwan dari beasiswa mereka. Beasiswanya pun banyak yang aku liat ga harus mentingin nilai.

Beberapa hari yang lalu aku juga komen di salah satu tiktok, aku pernah liat anak ini di FYP aku, dia ini keterima di univ Jepang 2x berturut-turut tapi masih ga dikasih pergi sama ortunya. Instead of ke Jepang dia malah ke Taiwan, karena diizininnya ke Taiwan. Di Video itu aku komen, Taiwan vibenya 

Bagi aku, Taiwan itu destinasi sekolah yang OK banget, karena sangat terjangkau. Harga terjangkaunya juga ga main - main. Lapisan keluarga dengan ekonomi menengah kebawah pun bisa ke Taiwan. Ga cuma terjangkau aja, Taiwan bahkan memberikan uang buat kita mau kuliah di Taiwan (ada beberapa program yang mau memberikan Living Cost). Selain itu kita juga diberikan kesempatan yang besar untuk dapat memenuhi kebutuhan kita pribadi secara mandiri sehingga ga usah lagi ngerepotin ortu kita di Indo.

Funfact dikit. Kalo dateng sebagai student kalian punya kesempatan yang sama dengan orang Taiwan dalam hal misalkan nih Taiwan suka bagi-bagi voucher belanja, biasanya setaun sekali. Nah kita bisa dapet juga. Terus, keluarga, orang tua meninggal. Kita bisa dapet uang dari negara katanya. Nominalnya berapa aku kurang tau karena ini aku denger dari temennya temen. Cerita lain lagi adalah Fabiao. Di Taiwan pasti ga asing sama Fapiao ini. Struk belanja yang tiap 2 bulan di undi seperti doorprize, hadiah terbesarnya NTD1.000.000 ga salah. Kita juga bisa tukar.

Soal medis juga ga usah di raguin lagi lah ya. Udah disamaratakan sehingga kita juga punya NHI (National Health Insurance). Kalian bisa liat biaya yang aku butuh keluarin buat operasi doang berapa dengan bantuan kartu BPJS Taiwan di sini

Taiwan negara yang jauh dari Indonesia, perbedaan culturenya menurutku ga terlalu mencolok. Aku harap kalian bisa pertimbangin lagi tentang sekolah di Taiwan ini. Aku yakin minimal 60% dari kalian yang udah nginjak kaki di Taiwan nanti bakalan betah dengan semua yang Taiwan tawarin ke kamu, baik dan buruknya.

Sometimes all you need is a big leap of faith.

Sean Bean


Dari sini sebenernya aku sebagai siswa yang sekolah di Taiwan juga ngererasa harus berbalas budi dan tanggung jawab dengan Taiwan sehingga aku jadi giat banget buat ngajak orang ke Taiwan.


Michiko Akane

Komentar

  1. Ce, kalau mau nanya lebih lanjut mengenai smk 3+4 dimana ya? ada rekomendasi agency terpercaya ga ce

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, thank you banget udah tinggalin komen hehe
      Udah agak lama ga ada yang komen.

      Aku sih biasanya pake Study Ke Taiwan
      Bisa langsung di email aja StudyKeTaiwan@gmail.com atau bisa DM aku nanti aku kasih nomor agentnya.

      Thank you

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade