Keuntungan Sekolah Di Taiwan

Halo semuanya, padahal belom selesai nulis tapi udah ke share aja. Jadi ceritanya aku baru ngeliat gambar ini dan terinspirasi aja buat jabarin satu per satu sambil share pengalaman aku di Taiwan. 

Alasan kenapa kalian harus ke Taiwan.

1. KEUNTUNGAN DALAM PENDIDIKAN VOKASI TAIWAN YANG BERKUALITAS TINGGI, PELATIHAN PRAKTIK, DAN KOMPETISI KETERAMPILAN INTERNASIONAL

Pendidikan Taiwan udah di akui sebagai salah satu yang terbaik di Asia. Kalian bisa search sendiri di Google. Aku bakalan bahas tentang pelatihan praktik aja. Banyak perusahaan yang aku kira wah dan masuknya bakalan susah ternyata malah terima anak magang dan part time. Ga sedikit sekolah dan universitas di Taiwan yang bisa bantuin kita dapet kesempatan menambah riwayat kerja untuk di tulis di CV kita nanti ketika balik ke Indonesia. 

Contoh paling simple mungkin kerja di hotel berbintang, di Indonesia kan ga ada tuh sistem part time apalagi di hotel berbintang, sementara di Taiwan ada meskipun kadang memang harus ada bantuan dari pihak sekolah yang mungkin ngerekomendasikan.

Untuk kompetisi terampil aku yakin Taiwan memang bisa bersaing dengan negara asing karena di Taiwan punya sistem ujian sertifikasi yang mungkin ga lazim di Indonesia. Ujian ini adalah sebagai alat standarisasi yang pastinya sudah di sesuaikan dengan standard di dunia. Walaupun sertifikatku ga akan kepake sekalipun, memori belajar dengan standard ini bakalan menepel sehingga kedepannya pun aku dengan gampang memenuhi standard kerja.

2. BIAYA KULIAH YANG DAPAT DITANGGUNG DAN BEASISWA YANG BERJUMLAH BANYAK

Yang satu ini kayaknya udah terlalu sering aku bahas dimana mana yah, Taiwan emang banyak subsidi dan beasiswa yang di tuangkan kedalam program-program sekolah menarik. Kayak yang kalian tau ada SMK Sambil Magang, beasiswa kuliah yang ga nanggung uang kuliah doang tapi juga living cost, beasiswa belajar bahasa mandarin, beasiswa MOE, beasiswa MOFA dan lain sebagainya.

Jumlahnya jelas ga sedikit.
SMK Sambil Magang subsidi lebih dari 12 juta per semester.
Kuliah dengan beasiswa MOE / bahkan dari univnya langsung bisa sampe 50 juta per semester.
Beasiswa belajar bahasa mandarin kalo ga salah denger juga 12juta per bulan.

Taiwan adalah pemecah stigma kalo kuliah di luar negeri mahal khususnya di Asia. Ngambil kesempatan sekolah di Taiwan aja kita udah kayak ngerampok Taiwan dari sisi ekonomi dan edukasi.

3. KEUNTUNGAN MEMPELAJARI BAHASA MANDARIN

Taiwan kan negara yang menggunakan bahasa Mandarin untik sehari-hari jadi ya sudah pasti kalian bisa belajar Mandarin. 

Mandarin di dunia kerja di Indonesia sangat penting ya sekarang. Khususnya untuk lowongan sebagai penerjemah atau translator. Gaji minimalnya biasanya di angka IDR 8 juta (2x UMR Jakarta). Apalagi gaji yang punya keahlian lebih selain Mandarin, misalkan akutansi, dsb. Kira kira bisa berapa gaji awalnya ya mungkin sekita 10 juta?. 

4. LINGKUNGAN BELAJAR YANG DEMOKRATIS, TERBUKA, DAN BEBAS
5. LINGKUNGAN HIDUP YANG UNGGUL
6. LINGKUNGAN BELAJAR YANG SEHAT DAN MENYENANGKAN
7. LINGKUNGAN BELAJAR MULTIKULTURALISME

Multikultural di Taiwan sangat terasa apalagi Taiwan sangat terbuka dengan orang asing. Jumlah orang asing yang datang sekolah, kerja dan jalan jalan sangat banyak. Jadi dengan ke Taiwan kita ga hanya belajar budaya Taiwan tapi juga budaya negara lain. Jujur aku jadi banyak belajar banyak bahasa juga dengan dateng ke Taiwan. Taiwan adalah tempat ngeblendnya budaya dari banyak negara kalo aku bilang.

8. KESEMPATAN UNTUK BERHUBUNGAN DENGAN INDUSTRI TEKNOLOGI TINGGI

Industri teknologi tinggi khususnya di bidang semikonduktor/elektronik Taiwan udah ga usah di pertanyakan lagi. Aku juga selalu share kalo industri ini sangat berkembang di Taiwan.

Ga cuma itu aja kesempatan buat terpapar teknologi di Taiwan ini bisa dalam basis sehari hari. Misalnya kayak naik bus & MRT yang bisa pake barcode (cardless). Sistem tol yang juga pake sensor atau alat pengukur kecepatan otomatis, dan masih banyak lagi. Taiwan negara yang canggih bahkan ada yang bilang canggihnya meniru Jepang. 

9. KESEMPATAN HUBUNGAN INTERNASIONAL

Kalo ngomongin soal hubungan Internasional sebenernya susah susah gampang ya. Dibilang bener ya ada benernya, dibilang ngga pun juga bisa kadang. Ini sebenernya tergantung program study yang


10. KESEMPATAN KERJA DI LUAR NEGERI

Kesempatan kerja di Taiwan sangat luas, mulai dari kesempatan untuk kerja paruh waktu (Part time), kesempatan magang (di bayar sesuai standard UMR) melalui program - program khusus yang menarik, bahkan untuk stay setelah tamat kuliah sangatlah terbuka lebar kesempatannya. Aku sendiri udah lumayan sering share kesempatan kesempatan ini walaupun memang ga secara detail di Tiktok maupun di blog ini.

Cerita sedikit beberapa pengalaman dari teman aku serta kenalan aku. Banyak diantara mereka yang dari sebelum lulus kuliah sudah di ajak untuk bekerja di perusahaan - perusahan magang atau bahkan part time yang nanyain "kamu abis lulus mau ngapain?" atau bahkan "abis lulus kerja disini aja" dan bahkan juga ada yang janji bakalan kasih jabatan atau gaji yang diatas UMR. 

Ga cuma perusahan kerja aja yang nawarin untuk stay dan kerja di Taiwan kadang bahkan ada kesempatan juga buat kalian kerja di sekolah / kampus kalian, contohnya untuk bagian terima murid asing, karena bagian ini biasanya butuh bahasa Inggris dan Mandarin untuk jadi penengah, atau juga bahasa Indonesia kalau di sekolah tersebut banyak anak Indonesianya. Kayak contohnya di Universitas Chengsiu ada 1 yang kerja di kantor orang Indo juga, lupa namanya. Di Fooyin University juga ada tapi Vietnam.

Aku sendiri so far udah di ajak 2 tempat buat stay di Taiwan untuk kerja setelah lulus. 1 tempat aku sekarang part time, kalo kalian tau, pabrik IT itu. 1 nya lagi untuk jadi asdos (asisten dosen) karena Inggris dan Mandarinku dianggep OK (kalo jadi dosen harus tamat S2 minim). Asik sih cuma aku tbh masih gatau harus pilih yang mana, lagian aku masih ada 2 tahun lagi kuliah (itupun kalo ga molor) hehe.


Ga kerasa ceritanya kali ini udah segini banyak ya... Aku berharap sih dengan tulisan aku kali ini, kalian yang mungkin sempet mengurungkan niat untuk Study ke Taiwan, jadi bisa consider lagi kesempatan ini. 
Semangat semuanya! Thank you for reading! 

Salam,
Michiko Akane

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade