Jurusan Terbaik Sekolah di Taiwan

 Halo semuanya! Thank you banget udah setia nungguin tulisan aku yang ga jadi jadi. Jujur aku jadi semangat setelah ngeliat aku punya adsense. Udah 100ribu aja. Walaupun lambat sih dalam hampir 2 tahun baru dapet segitu. Tapi ini nunjukin kalo di blog aku ini pembacanya terus ada. And I'm so thankful for it.

Kali ini aku pengen bahas salah satu keresahan aku dalam balesin chat, bukan ga suka di chat ya, cuma emang kadang bosen aja di tanyain hal sama yang berulang. Aku bisa di bilang hampir tiap hari dapet pertanyaan kayak, "Ce, sekolah baking yang bagus di sini di mana ya?" atau "Ce, jurusan ini ke depannya gimana ya? Kerjanya enak ga?", dan pertanyaan setipe lainnya. Bukan aku ga suka kalian tanya ke aku ya 

Jawabanku biasanya dari tahun ke tahun sama. Kalo mau stay di Taiwan, jurusan IT, elektro, mesin, proses data. Pokoknya yang magangnya di pabrik IT / sparepart HP gitu gitu (disini disebutnya barang semiconductor) itu bakalan last long, apalagi Taiwan ini di kenal sebagai penghasil barang semiconduct yang kelasnya ga remeh juga.

Kalo kalian tau Apple, iya HP sultan itu, mereka ambil supply barang mereka dari produsen asal Taiwan (walaupun beberapa memang punya cabang di luar Taiwan seperti Pegatron). Kalo ga percaya kalian bisa check list ini.

https://www.apple.com/supplier-responsibility/pdf/Apple-Supplier-List.pdf

 

Ini di namakan barang semiconduct, barang ini complex banget walaupun kecil, banyak lapisan sehingga kadang buat bikin 1 motherboard itu produksinya dari mana mana banyak banget perusahaan yang campur tangan lah

Hari ini ayo kita bahas lengkap tentang jurusan IT dan setipenya (Data proses, elektro, dsb), di mulai dari pekerjaan di bidang ini!

Kenapa kok bisa jurusan ini jadi jurusan terbaik di Taiwan ce? Sekarang kan aku ada ambil kelas perdagangan Internasional, di kelas ini aku juga jadi banyak ngebahas Taiwan di mata luar (ya karena belajarnya di Taiwan jadi pasti diajak aware buat lingkungan perdagangan Taiwan. Dari situ aku banyak nemuin kalo export terbesar dari Taiwan itu ya barang barang semiconduct ini.

Kayak aku mention diatas bahwa produsen Taiwan ini udah di kenal banget di tingkat dunia sehingga selama gadget akan di pake, produsen ini bisa di bilang ga akan mati. Kalo mati pun mungkin bakalan ada perusahaan lain yang akuisisi lah. Soalnya kan zaman sekarang dikuasai oleh gadget, AI, aku yakin bakalan pake barang barang ini.

Aku juga mention di bawah gambar kalo barang semiconduct itu sangat complex sehingga besar kemungkinan kalau 1 barang itu aja bisa di produksi oleh banyak produsen, yang bikin pabrik - pabrik IT ini menjamur lah ibaratnya di Taiwan. Banyak banget perusahaan Taiwan yang bikin pabrik baru atau bahkan perusahaan asing yang bikin headquarters di Taiwan, khususnya mungkin perusahaan Jepang dan Korea yang mungkin Human Resources di sana terbilang lebih mahal.

Dari yang aku liat sendiri di Kaohsiung, perkembangan pabrik IT khususnya dalam pembangunan pabrik baru itu sangat jauh lebih pesat daripada perkembangan mall atau pusat belanja. Beda banget dengan di Indonesia yang tiap tahun kalo di kota besar itu biasanya ada mall baru atau pusat belanja atau mungkin foodcourt, pujasera. Daya beli orang Taiwan mungkin ga gede kali ya, tapi iya sih kayaknya Taiwan itu udah kayak Eropa, yang orangnya mau jalan ke negara lain ga susah, banyak orang Taiwan yang aku kenal itu udah bolak balik Jepang, Korea, negara Asia tenggara, atau bahkan lebih jauh dari itu.


Balik lagi ngomongin tentang perkembangan pabrik IT yang pesat di Taiwan. Kenapa aku bisa bilang pesat banget? Karena di Kaohsiung ini selama aku di Taiwan ya 5 otw 6 tahun, cuma ada 1 hotel baru, yang ada itu mall ganti nama, atau toko gede baru kayak decathlon. Hotel gede yang aku tau baru di bangun gitu ada 2, Hotel Marriott, sama Intercontinental. Sementara… Pabrik IT… di area Nanzi Export Processing Zone, ada perusahaan ASE namanya, fotonya udah pernah aku share di post yang sebelumnya, mereka bikin pabrik baru sekitar mungkin 5 gedung berjejer gitu, yang bikin area Nanzi Export Processing Zone (mandarinnya 楠梓加工區, baca: Nanzih Jia Gong Qu) jadi makin gede. Ada juga 1 pabrik baru deket MRT di area yang sama. Ga cuma itu, area Daliao (deket univ aku dan SMK Zhongshan) juga ada beberapa pabrik baru di area yang juga baru (Daliao ini lebih kayak countryside gitu lho, jadi banyak tanah kosong), areanya ini memang di alokasikan buat pabrik pabrik baru ini. Udah kayak kedai Mixue di Indo.


Waduh, cerita tentang perkembangan pabrik IT yang pesat ini bikin tulisannya jadi panjang banget! Padahal belom semua nih. Gapapa lah ya lanjut lagi lah ya!! Semangat bacanya. Istirahatin mata dulu. Bakalan masih panjang nih!!


Berapa banyak diantara kalian yang pengen lanjut stay di Taiwan buat kerja setelah lulus kuliah? Aku pernah bilang ke sedikit orang sih ya. Kalo kalian emang punya keinginan buat stay lanjut di Taiwan setelah lulus, jurusan IT ini jurusan yang paling banyak di butuhin, apalagi dengan pertumbuhannya kayak yang aku sebutin diatas. Pathnya itu kebuka lebih gede dibandingin jurusan yang lain, makanya aku bisa bilang IT ini jurusan paling gampang jalan karirnya.

Kalaupun kalian ga lanjut di Taiwan, kalian tetep bakalan masih bisa cari kerjaan dan kemungkinannya ga susah karena demandnya cukup banyak. Kalo memang udah punya ilmu dan pengalaman kerja percaya deh, mungkin kalian tinggal pilih aja negara mana dan bisa langsung dikasih tawaran pekerjaan, atau juga mungkin beasiswa. Aku punya kenalan kakak kelas yang memang itu lulusan SMK Taiwan jurusan IT, ada yang lanjut beasiswa di Jepang & Rusia (walaupun beasiswanya harus kontrak kerja setelah lulus), ada juga yang lanjut di Aussie.

Tapi ya kalau mau kayak mereka, jelas dibutuhin juga bahasa yang kuat, khususnya bahasa Inggris. Di Taiwan sendiri kalo bisa bahasa Inggris juga di perusahaan - perusahaan ini juga bisa di gaji Tinggi kok, tapi jelas skill bahasa Mandarinnya juga oke. Tanpa belajar bahasa yang baik jelas akan bikin kendala komunikasi, kendala komunikasi ini akibatnya bisa fatal lho! Jepang aja pernah kena bomb akibat salah translate. 


Berandai andainya jangan jauh jauh ce, 7 tahun kan lama... Bahas 3 tahun SMK aja dulu, kerjanya enak ngga atau jobdesknya apa selama magang di SMK...

Aku sudah share ya di tulisan aku sebelum ini. Mohon di cek nanti setelah selesai membaca kalau belum selesai baca hehehe. Aku juga ga bisa bilang enak ga enak karena kan tiap orang punya pemikiran masing masing tentang dream job mereka.


Aku sempet juga dapet pertanyaan "kerjanya bisa di kantor ga?", benernya bisa tapi mungkin sesudah lulus. Tapi wajib tau kerja di kantor gajinya bisa jadi ga se wow mereka yang kerja dengan mesin. Karena pekerja yang dengan mesin ini lebih  ga gampang buat di gantikan daripada kerjaan kantor. Tingkat kesulitannya beda. Dan bisa di pastikan kalau di kantor yang bener bener kantor, kalian harus bisa mandarin dengan amat sangat lancar karena saingannya akan banyak orang Taiwan. Beda dengan yang kerjanya dengan mesin karena ga semua orang mau masuk ke dalam pabrik.

Kerja di bagian dalem kalo emang udah punya jabatan, kemungkinan gajinya bisa 2x lipat daripada yang di kantor. Jadi kalo udah di Taiwan, dan dapet bagian di luar gitu, kayak bagian aku kerja sekarang, walau seringnya emang di kantor, cuma terima, kirim, angkat barang dan packaging, biasaya bakalan bisa minta buat pindah di dalem, karena gaji beda walaupun jam kerja sama.

 

Cowok aku pun juga mempertanyakan aku sebenernya, kenapa aku masuk tourism/perhotelan padahal Taiwan bukan terkenal akan itu, terus gimana kalau di gantikan oleh robot? Sementara di IT dan se tipenya bahkan diajarkan untuk memprogram robot ini, mensetting mesin, dan mengoperasikannya. Sehingga kemungkinannya tidak sebesar itu untuk di gantikan oleh robot dalam waktu dekat.

Ada benernya ya, kita di era sekarang harus cari kerjaan kadang bukan based dari kesukaan lagi, tapi dari bisa menghasilkan ngga nya. 


Semoga tulisan aku kali ini bisa membantu kalian dalam milih jurusan ya,

Aku tau banget jurusan tahun ini susah di pilih karena hampir seluruhnya di rombak, tapi kalo emang udah bertekad ke Taiwan, aku harap pilihan itu ga bakalan berubah ya... Jangan bikin jurusan yang terbatas, menghentikan langkah kalian untuk mencari ilmu lebih di Taiwan!

I mean walaupun jurusan IT, elektro, mesin, bukan berarti kalian ga bisa nyemplung tourism di hari besok... Seringkali emang jurusan dan kerjaan ga sama setelah tamat dari sekolah. Kayak papaku lulusan ekonomi tapi berhasil jadi tour guide yang bahkan masuk TV negara tetangga Singapore. :)


Salam hangat ya...

Michiko Akane

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade