Diary Kerja di Pabrik IT (Info Dasar Seputar Pabrik IT)


 Tulisan kali ini bakalan aku post bulan October, walaupun nulisnya bulan July. Hahaha Dan ternyata baru bisa post bulan December lol.

Buat kalian yang rajin nonton Tiktok aku dan juga mungkin follow aku di IG juga, pasti tau kalo selama summer ini aku dapet job di pabrik IT. Kalo di konten tiktok ato di Instastory aku mungkin ga bisa se-terbuka itu karena ada aturan dari perusahaan yang benernya ga boleh ngerekam kegiatan di dalam perusahaan, nah aku sih berharapnya melalui tulisan aku kali ini, aku jadi bisa jelasin detail serba - serbi perusahaan IT.


https://drive.google.com/uc?export=view&id=1xjf8QZTHrgyhKCJZkIRUMBQjDeLt9bxC
Ini area pabrik gitu di Kaohsiung, kayak kalo di Surabaya itu mungkin mirip dengan rungkut Industri mungkin ya. Nah ASE group ini salah satu perusahaan yang guede di bidang IT Taiwan, perusahaannya dimana mana ga cuma di Kaohsiung. Aku yang belajar tentang perdagangan Internasional juga baru tau kalo perusahaan ini masuk di top 10 besar exportir Taiwan.

As usual, prolog dulu. Kenapa aku milih kerja pabrik IT gitu ya. Sumpah ini jawabnya kompleks banget, everything started 5 years ago, ketika punya mantan kerja di pabrik IT namanya DianFan, kayaknya dari dia cerita itu kerjanya santai dan bisa sambil main hape. KERJAAN APATUH kok enak banget! Aku sering mikir gitu.

Pokoknya karena tergiur itu mangkanya dulu waktu pindah sekolah sempet mau pilih SMK Zhongshan lho (walau akhirnya tulis di nomer 3/4 gitu karena sama papa masih ga terlalu boleh).  Segitu pengennya lah buat nyoba kerja di pabrik IT. Soalnya aku tuh orangnya rada lemot, ga cocok kerja di salon (di marahin mulu karena lemot), jadi pelayan juga takut karena mesti cepet. Aku orangnya kek gampang ngos-ngosan gitu lho, kalo udah tuh bakalan pusing dan keringetan, overthinking pula karena di panggil pake HT, di bilang lemot terus ngerasa kok ga abis ato ga selesai, parah lah aku kalo kerja pikiran kemana mana kalo udah “gopo” bahasa jawanya, tergesa gesa. 

Waktu udah ambil jurusan tourism, aku kan kerjanya banyak jadi pelayan resto/pegawai hotel kan. Sering banget kena marah karena ga gercep. Orang Taiwan nih cepet banget jalannya walau lebih pendek dari aku. Aku juga clumsy jadi paling ga pernah ga pecahin barang, ga trying to be a pick me girl emang aslinya gitu. Aku juga kalo bisa kerja gercep juga pengen weh. Ga kena marah terus. 

Mikir aku kalo bisa mandarin bakalan behind the desk, tapi ngga say! Entah karena hari itu daftarnya barengan sama anak kuliah yang juga magang jadi mereka dikasih kesempatan lebih ato gimana, yang jelas aku cuma jadi bagian ambilin piring kotor.

Long story short, ga jalan lancar tuh kerjaan, begitu juga jadi house keeping. Udah 2x jadi house keeping kerjanya ga lebih dari 3 bulan. 😔  Aku di Housekeeping itu bener bener berusaha keras sampe makan siang aku bela-belain ga makan siang demi bisa selesaiin target kamar aku. Sampe malem pun juga kadang ga selesai dan ga bisa makan malem di perusahan, jadi makan diluar. Emang iya aku orangnya lemot banget dan kalo udah capek tuh sering kabur gitu pengelihatan dan kepala jadi nyut-nyutan. Berat badanku juga turun banget sampe cuma 40kg dalam 3 bulan.

(Aku udah tulis 2x nya ini tulisannya ilang weh ga autosave ternyata sedih banget)

Aku sempet juga pengen kerja di McDonald’s udah interview masuk tapi karena izin kerja nya terkendala jadi ga bisa kerja disana deh… Karena kebetulan aku interviewnya ini waktu tamat SMK mau masuk kuliah, jadi ada jedah 2 bulanan gitu, ternyata banyak yang harus nunggu ngurusnya... Kayak surat pindah dan sebagainya.

Selama setahun kuliah aku kadang cuma sekedar bantu bantu resto indo sehari 3 jam / 4 jam, mayan sih daripada ga ada kerjaan. Cuma aku tetep ngerasa kurang aja, apalagi kalo summer kan bisa kerja 40 jam seminggu. (Sayang aja ga di manfaatin gitu)

Akhirnya waktu summer aku coba tanya ke guru bagian cari siswa Vietnam di kampusku (denger denger soalnya tahun lalu dia ada carikan juga buat kelas aku yang baru lulus smk buat kerja di pabrik IT juga, sayangnya jauh daerah Luzhu - Luzhu ini di utara Kaohsiung dan kesana tuh ga ada MRT bus juga harus pindah pindah ribet- Kalo dari sekolah gitu aku deger di sediain transport, tapi aku tinggal di luar jadi susah mau pulang perginya apalagi aku kan ga bisa naik motor.

Ternyata kebetulan ada, daerahnya juga benernya ga jauh jauh amat dari rumah aku -20 menitan kalo ngebut- aku juga bisa naik bus /mrt. Aku langsung mau dan tanya-tanya kapan interview, ternyata hari aku tanya gurunya tuh udah hari terakhir buat ngumpulin application, jadi cepet cepet lah aku dikasih formulir dan cepet cepet juga ngisinya. 

Aku lupa harus selang berapa lama sebelum interview (entah seminggu/2mingguan gitu), yang jelas aku sampe bolos kuliah gitu demi interview karena segitu penasarannya dengan pabrik IT. Hahaha

Kalo kalian ngikutin aku di Tiktok pasti kalian udah tau pabriknya namanya apa. Pabriknya namanya JMC gais, kalo bahasa mandarin itu 易華電子. Lokasinya di Kaohsiung di Nanzi District. Perusahaannya bergerak di bidang IC gitu, ga terlalu gede, tapi kadang kalo pesenan banyak bisa keluar 600-700 box. 


Di Pabrik IT ini waktu interview ada testnya ternyata, testnya itu test matematika singkat, ga ribet... Menurutku masih bisa dikerjain tanpa kalkulator buat aku yang matematikanya di bawah rata rata. Selain matematika ada juga test kejelian gitu. Contoh testnya udah aku pernah share di video tiktok aku.. Cuma karena di bawah banget mungkin aku bakalan re upload ke Youtube aku aja biar lebih gampang di cari yang penting penting.

https://www.youtube.com/c/MichikoAkane

 Ini link youtube aku kalo kalian mau subscribe hehehe

https://www.tiktok.com/@michiko_akane 

Kalo ini link tiktok aku ya..

Di Tiktok ini aku juga spill gaji summer aku di perusahaan aku sekarang. Aku juga ada kasih liat sedikit jobdesk aku.

https://drive.google.com/uc?export=view&id=18cxzwlH4nOFBsp-zwAwnfDE2ZpccF9M7


    Di pabrik IT ini awalya aku dapet kerjaan di bagian quality control (QC). Quality Control (檢驗 jian yan/uji) ini adalah satu bagian yang ngecek barang waktu udah jadi apakah layak dan sesuai standard atau ada cacat ga. Kerjaannya benernya ga susah cuma duduk dan liatin barang ini satu persatu dalam hitungan sepersekian detik, bisa di lambatin juga kalo memang kalian ngerasa ada yang ga beres. Jeleknya bagian ini, kalian harus super jeli... Dan karena barang IT ini barangnya cenderung kecil, jadi ada kecenderungan mata kalian bisa aja jadi rusak, efek samping lain bisa pusing karena nunduk terlalu lama.

    Kakak kelas aku orang Vietnam masuk di bagian Shui Xi (水洗) namanya. Ini kalo di jelasin itu bagian cuci barang (cucinya pake mesin ya jadi otomatis gitu, bukan kita yang cuci dan basah semua). Bagian ini itu tujuannya supaya barangnya bersih dari debu, karena barang di perusahaan ini masih belum sepenuhnya jadi, jadi masih soft gitu, harus super hati hati dan steril. Bagian ini kalo aku liat dari luar sih cuma nungguin mesin ini cuci, abis itu mungkin kirim ke bagian selanjutnya untuk di cek kualitasnya. Mungkin selain itu juga masukin barang ke dalem mesinnya.

    Hari H aku masuk ada di bagiin seragam dan kenalan juga sama anak Indonesia dari Ishou University dan National Kaohsiung University Of Science and Technology. Dan ternayata yang dateng itu kurang dari yang udah di terima (mungkin ada yang berubah pikiran ga jadi kerja disana). Jadinya aku dan kakak kelasku di pindah ke bagian shipping atau bahasa mandarinnya itu Chuhuo (出貨). Di bagian luar kerjanya.

    Ok sebelum makin bingung aku kasih penjelasan dulu lah ya. Di pabrik IT ini di bagi banyak devisi. tapi sebelum bagi devisi kita bagi dulu yang paling gede ada bagian luar dan bagian dalam. Bagian dalam ini kerjanya langsung ketemu barang, entah barangnya dari belum jadi atau sampe udah siap di packaging gitu gitu. Di dalem ini biasanya paling gampang bedain adalah pake seragam khusus kayak gini.

Seragam anti dust gitu, panas tapi di dalem itu ac nya kuat banget jadi ga kepanasan.

    Pake baju ini biar steril. Kerjaan di dalem ini lebih berat tergantung devisi, dan ga jarang juga harus pake otak lebih. Cuma kalo lembur biasanya di dalem ini bonusnya lebih gede daripada diluar. Di dalem ini biasanya banyak banget devisinya. Lebih banyak daripada di luar. 
    Di dalem ini biasanya di bagi lagi jadi 3 bagian yaitu 前段 (qian duan) bagian awal, 中段 (zhong duan) bagian tengah, dan 後段 (hou duan) bagian belakang.
    
    Apa nih ce bagian apa nih?
Udah pusing? Aku mau jelasin lagi nih!! Hahahaha

    Qian Duan, bagian awal, adalah bagian awal mula semua proses barang dibuat dari masih bahan mentah. Kerjaannya ini biasanya mempersiapkan Raw Material agar bisa di proses untuk menjadi barang di Zhong duan, bagian tengah. Kerja cenderung berat kayaknya, dan banyak terpapar bahan kimia.
    Tapi enaknya mungkin karena gajinya katanya bisa lebih gede daripada zhong duan dan hou duan. Setauku anak sekolah yang masuk Qian duan ini agak sedikit karena barang disini masih super sensitive, mudah rusak.
    
    Zhong duan, bagian tengah, adalah ketika barang ini di bentuk dan di proses agar menjadi barang jadi. Di Zhongduan ini barang juga sama masih sensitive, dan rawan rusak. Proses ini sangat butuh hati hati dan banyak berhubungan dengan mesin. Bagian pekerjaan yang banyak disini adalah operator mesin. Mesin sekarang memang sudah canggih karena settingnya semua pakai komputer, kita hanya menjalankan komputernya aja. Tapi salah setting mesin juga bisa bikin barang rusak sehingga wajib teliti dan hati hati. 
    Zhongduan ini kalo dari secara gaji biasanya memang ga setinggi Qian duan, tapi biasanya lebih tinggi daripada Hou duan.

    Sekarang ngomongin Houduan, bagian belakang / bagian akhir lah istilahnya. Barang yang ada disini biasanya barang yang sudah terbentuk dan sudah jadi. Cuma mungkin barang harus di bersihkan, di cuci, di masukan ke dalam roll, di check kelayakan sebelum akhirnya di packaging. Kerjaannya emang cenderung paling gampang dan ga beresiko seperti 2 bagian lainnya. Sehingga gajinya pun cenderung lebih kecil daripada yang 2 lagi.

    Selain ini ada juga yang di luar, kayak contohnya bagian aku dan bagian penerima barang 進貨 (Jin Huo) dan gudang. Jinhuo adalah barang raw material dari supplier, bagian terima barang dan pindahin ke gudang, bagian gudang adalah bagian yang mungkin ngebongkar barang raw material dari packagingnya dan di masukan ke dalam, kayak distributor supaya yang di dalem punya barang buat dikerjain. Kayak gitu lah.

    Gimana nih kalian udah bingung?Benernya kalo mau ngomongin lebih detail apalagi tentang devisi devisi di dalemnya gitu pasti banyak banget, bakalan ga selesai - selesai dan juga bakalan mungkin ga sama tiap perusahaan, jadi aku bakalan skip penjelasannya 

   
Sampai kapan kapan lagi ya!

Bye bye!

Salam,
Michiko Akane 

Komentar

  1. hallo michiko, sy mau tanya dong kamu ada tau smk yg bagus yg di taipei ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Terima kasih telah meninggalkan comment

      Sekarang di Taipei sudah ga buka SMK lagi setau aku,
      Adanya di New Taipei aja

      Semoga membantu

      Michiko Akane

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade