Fooyin University (輔英科技大學) + Beasiswa

Halo semuanya,

Aku lagi pengen banget ngebahas universitas aku sekarang nih.. Buat yang masih gatau aku sekarang kuliah reguler di Fooyin University, jurusan bahasa asing. Aku sekarang udah tahun kedua a.k.a semester 3 disini. Ok stop ngomongin tentang aku karena aku pengen ngenalin tentang Universitas Fooyin ini. Siapa yang udah ga sabar??



Fooyin University itu universitas yang terletak di Kaohsiung di district Daliao, yang menarik dari Universitas ini tuh ya, lokasinya persis di sebelah SMK Zhongshan! Universitas Fooyin ini udah berdiri sejak 1958.

Universitas Fooyin ini termasuk 3 Universitas Swasta dengan murid TERBANYAK di Kaohsiung. Wih banget ga sih? 

Di antara orang Taiwan sendiri Fooyin ini Universitas yang cukup terkenal dalam hal keperawatan, dan sedikit obat obatan. Cocok banget buat kalian yang pengen belajar hal - hal yang berbau sedikit medis - ilmiah tapi ga mau jadi dokter atau ilmuan. 

Bahkan in fact nih ya, Fooyin ini punya penghargaan Universitas dengan jurusan medis dan keperawatan ranking Nomor 1 di antara universitas sains dan teknologi di Taiwan lho, dan juga rank ke - 9 untuk jurusan medis dan keperawatan di seluruh Taiwan.

Fooyin University sendiri punya 5 pusat ujian teknis berjenjang profesional di kampus yang disertifikasi oleh pemerintah, seperti fasilitas ujian berbasis komputer untuk menyelenggarakan ujian nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Ujian. (Ini SMK juga ada spek kayak gini sih cuma kalo skala Universitas harusnya lebih oke. Karena Ujian Negara yang aku pernah mention di SMK biasanya itu masih grade easy ada grade hard nya tuh ujian hehehe)

Selain itu Fooyin University juga diakui sebagai penyelenggara pendidikan yang unggul dan telah memenangkan Proyek Berbasis Prestasi Khusus yang di sediakan oleh Kementerian Kependidikan, dan Proyek Pendidikan Vokasi, Proyek Pengembangan Kurikulum Praktis, Proyek Pengajaran Unggul dan Proyek Persiapan Karir yang disubsidi oleh Kementerian Tenaga Kerja dengan total subsidi lebih dari NTD 100 juta. Gila banget ga tuh.

Ga cuma itu doang dong. Lulusan dari Fooyin University ini lulus Ujian Kesehatan Profesi Nasional (bidan, perawat, fisioterapis dan teknolog) melebihi 70% dan melebihi 80% untuk perawat terdaftar.

Fooyin University ini juga universitas medis dan keperawatan swasta PERTAMA di Taiwan .

Ada yang mulai tertarik dengan Fooyin? Lanjut baca sampe abis ya!! 


Kalo baca diatas kayaknya yang bagus itu emang bener keperawatan, kalo jurusan lain apa kabar?

Jujur jurusannya lumayan banyak buat S1, ada 16 jurusan setau aku.

  • 助產與婦嬰健康照護系 Department of Midwifery and Maternal-Infant Health Care
  • Department of Nursing
  • 高齡及長期照護事業系 Department of Gerontological and Long-Term Care Business
  • Department of Medical Laboratory Science and Biotechnology
  • 保健營養系 Department of Nutrition and Health Science
  • 物理治療系 Department of Physical Therapy
  • 幼兒保育暨產業系 Department of Child Care and Industries
  • 健康事業管理系 Department of Health-Business Administration (Ini mungkin lebih mengarah ke bisnis daripada ke arah kesehatan

Selain itu ada juga:

  • Department of Foreign Languages ( Jurusan aku) - ini 50% English taught
  • 環境工程與科學系 Department of Environmental Engineering and Sciences
  • 生物科技系 Department of Biotechnology
  • 健康美容系 Department of Health Beauty
  • 職業安全衛生系 Department of Occupational Safety and Hygiene
  • 應用化學及材料科學系 Department of Applied Chemistry and Materials Science
  • 休閒與遊憩事業管理系 Department of Leisure and Recreation Industry Management
  • 資訊科技與管理系 Department of Information Technology and Management


Kalo buat S2 ada apa aja ce?

  • Department of Nursing
  • Department of Medical Laboratory Science and Biotechnology
  • 保健營養系 Department of Nutrition and Health Science
  • 環境工程與科學系 Department of Environmental Engineering and Sciences
  • 生物科技系 Department of Biotechnology


Ada yang tertarik?

Kalo kalian mau jadi kayak Jheremy Owen (Yang aktif di TikTok kayaknya pasti tau deh dia siapa) Kalian bisa ambil Department of Environmental Engineering and Sciences. 

 

Yuk nonton video ini dulu biar makin kenal dengan Fooyin University!




Fasilitas Fooyin:

Di Taiwan pasti sekolah - sekolah punya perpustakaan. Perpustakaan di Fooyin ini gede dan ada di sediain komputer  juga, buku yang di pake buat belajar (buku paket) juga bisa pinjem di dalem setauku, cuma emang ga boleh di coret coret ya jadinya. Masuknya ke dalem perpustakaan ini harus pake student card. Aku sendiri belom pernah masuk ke dalem.

Diatas perpustakaan ini di gedung yang sama ada ruang yang bisa di pake buat belajar dan nonton film, ada juga ruang meeting eskul dan Chinese Language Center buat kalian yang ikut kelas bahasa di Fooyin.

Beberapa jurusan juga punya gedung atau lantai sendiri gitu, misalkan tourism punya gedung sendiri yang emang di design layaknya mini hotel. Di dalemnya ya ada kamar dengan standard hotel, ruang dining untuk latihan menjadi server / pelayan, ada juga ruang masak makanan simple, bar, coffee machine yang emang cukup lengkap.

營隊訊息】輔英科技大學生物科技系「就是要你多元身技-生物科技實作體驗研習營」 | 正心高級中學| Sacred Hearts High School
Peta area kampus Fooyin University. Gede banget kan?

Kelas spesial di Fooyin University ini juga banyak banget gais... Aku juga ga pernah masuk satu satu, jadi liatnya pake video ini aja ya.. Btw di video ini ada kakak kelas aku orang Vietnam namanya Pan Qing Hua 潘青花 (yang rambut panjang gais).


Boleh nih ce bahas asramanya Fooyin. Nyaman ga?

Okeh gais, jujur aku ga pernah aku masuk dan ga pernah liat secara langsung asramanya cuma denger aja, katanya sih asramanya masih ada jam malem, tapi bisa izin buat tinggal di luar. Ya asrama kuliah kan emang pasti lebih bebas daripada SMK. 

Asrama Fooyin itu ada buanyak banget ga cuma 1 gedung. Area asrama juga jadi 1 sama area cafetaria atau kantin Fooyin, biasanya lantai 1nya itu kantin lantai 2 keatas udah asrama. But ada juga yang emang gedungnya itu gedung asrama, total kayaknya ada 6 gedung asrama deh, aku ga pernah bener bener ngitung karena ga pernah jalan sampe belakang.

Yang aku find it interesting itu depan asrama ada meja meja buat makan kayak di taman gitu, nah samping meja nya da tempat buat BBQ gitu jadi tinggal sediain arang sendiri sama daging bisa bikin kayak BBQ party gitu disitu lucu banget. Cuma emang harus di bersihin dulu ya atau pake alas kayak buat piknik gitu. Alat piknik di Taiwan gampang kok carinya karena banyak orang suka piknik disini.

Kalo mau keluar keluar ribet ga sih kalo tinggal di asrama?

Di dalem area sekolah ada 2 halte bus gitu

Kuliah biasanya juga bebas pilih mau tinggal di asrama ato di luar (off campus), tapi kalo di Fooyin University ini kalo emang baru dateng kuliah (ga pernah SMK / SMA dulu di Taiwan) harus tinggal di asrama 6 bulan / 1 tahun dulu di asrama, baru boleh tinggal di luar gitu. 

Tinggal di luar asrama itu banyak kost an sekitar sekolahnya, kalo soal biaya paling murah biasanya 3000-4000 sebulan. Tapi ga enaknya kalo jalan ke univ tuh jalannya agak nanjak, mayan buat burn calories dan latihan fisik, cuma kalo mageran mending di asrama. 

Tinggal di luar terus punya motor, ke kelas bawa motor, pasti butuh parkir kan. Parkiran di Fooyin ada, tapi kalo di dalem sekolah kayak bayar walau murah. di luar agak mahal dikit. Jadi benernya paling enak di asrama aja. Belom lagi bensin. Kayak aku tinggal di Sanmin district (bisa dibilang mayan pusat kota). PP ke Fooyin 3 hari bensin abis 100ntd

Kalo ga punya motor bisa naik bus. Bus ke Fooyin itu banyak juga, bisa nganterin ke MRT atau bahkan ke airport. Atau kalo ga ya naik sepeda juga bisa, ada parkiran sepeda, tapi ini juga sampe di kaki (gerbang sekolah aja. Tetep harus nanjak jalan keatas).

PART TIME di Fooyin

Aku ngerti banget banyak diantara kalian yang pengen kuliah di Taiwan supaya bisa mandiri dan ga terlalu bebanin ortu kalian lagi ya kan. Kalo udah di jenjang kuliah, biasanya pihak universitas udah ga terlalu peduli kalian kerja apa asalkan halal dan ga melanggar hukum. Bebas kalian mau kerja sebagai apapun.

Aturan pemerintah kan memang maximal 20 jam per minggu. Tapi pihak universitas juga biasanya lebih ke menutup mata kalau memang kalian part time lebih dari 20 jam. Mereka ga bakal cari cari dan ga bakalan gimana gimana kalo mereka tau. Mentok mungkin dikasih tau dan jangan sampe ketangkep aja. Di universitas gitu mereka ga terlalu ikut campur dengan pilihan pribadi kita.

Kalo kesusahan buat cari part time, banyak banget yang bantuin di Fooyin. Mulai dari gurunya yang urus siswa asing gitu (ini biasanya buat summer atau winter gitu, tapi kalo perusahaannya suka dengan kinerja kita, bisa di pake lebih lama kayak aku sekarang.), dosen pembimbing / dosen wali kelas juga kadang kasih, bahkan kakak kelasnya juga. 

Ga cuma itu, Fooyin juga ada kerja sama dengan aplikasi cari kerja 1111/104 aku lupa, yang bikin kita lebih gampang buat cari part time yang sesuai dengan yang kita mau. (Ini aku belom pernah coba sih, tapi kedengerannya keren).

Area Daliao sendiri tingkat populasi siswa asingnya kan lumayan banyak, jadi pemilik toko / kedai di area ini biasanya cukup open kalaupun mereka sedang cari pekerja dan yang berminat itu bukan orang Taiwan mereka banyak yang open gitu lah. Jadi ga susah buat orang asing cari part time di area ini.

Ga perlu khawatir banget soal part time, kalian juga bisa apply ke supermarket buat jadi stockist barang kalau mandarin kurang. Tapi saran aku sih emang lebih baik bisa mandarin dasar, biar paling ngga ngerti kalau kita disuruh ngapain. 

Temen aku orang malay, dia jadi kasir. Dikasih tau sama managernya gapapa lama asalkan terima uang dan kembaliannya bener.


Sebelum aku ngomongin tentang aku di tulisan ini aku mau kasih tau kelian semua kalo FOOYIN UNIVERSITY PUNYA BEASISWA!!

Sengaja nih tulisan aku tulis di tengah tengah biar keliatan yang baca dari awal ato cuma scroll cari informasi doang hahaha. 

Beasiswanya ini yang aku tau sampe saat ini cuma khusus bagi murid overseas Chinese aja ya. Beasiswanya ini auto dapet, ga usah kalian repot - repot buat apply gitu. Asalkan kalian masuk udah bakalan PASTI DAPET. Yuhuuu.

Beasiswanya kayak apa sih?

Emang sih beasiswa di Taiwan itu lumrah, dan seperti universitas lain emang sama tahun pertama gratis. TAPI. Biasanya yang susah adalah pertahanin beasiswanya. Ya emang kalo didenger agak susah sih cuma banyak kok siswa overseas yang aku kenal dapet beasiswa ini sampe 4 tahun.

Jadi emang tahun pertama itu free tanpa syarat, cuma bayar uang buku aja sama asrama. Nah tahun kedua dst itu bakalan liat nilai. Kalo kalian udah tau beasiswa NQU mirip nih tata caranya tapi lebih susah dikit. Kalo di Fooyin ini kalian harus top 10% buat dapetin beasiswa full. Dan Top 20% buat beasiswa setengah.

Misalkan, di kelas kalian ada 30 orang kalian harus rank 3 besar buat dapet beasiswa full dan harus jadi 6 besar buat dapetin beasiswa 50%. Kalo sekelas kalian ada 40 orang ya 4 besar bakalan dapet beasiswa full dan 8 besar bakalan dapet beasiswa setengah. Sampe sini paham ga?

Sadnya ya, beasiswa ini cuma buat kalian yang dari Indo aja yang dateng ke Taiwan, ga bisa kalo kalian udah pernah SMA/SMK dulu di Taiwan. Walaupun ranking ga dapet kayak temen aku. 

Kalo dapet beasiswa kalian juga di wajibkan fuwu ke sekolah atau ya kayak kerja bhakti kerja sosial untuk sekolah. Dari yang aku denger di universitas lain kayak yishou, dkk. Katanya fuwunya ini susah, dan jamnya relatif banyak. 1 semester bisa berapa puluh jam. Kalo di Fooyin sendiri katanya kalian bantu adek kelas aja udah diitung jadinya ga susah. Bahkan bisa sambil jalan jalan.


Kenapa bisa masuk Fooyin ce?

Ok mari kita bahas. Kayak yang kalian tau aku bukan anak jurusan medis, suster, bidan. As I mention di awal tulisan ini aku itu anak Jurusan Bahasa Asing gais. Kenapa aku bisa end up masuk di Fooyin?

Selain yang aku pernah mention mungkin di IG ato Tiktok kalo aku masuk karena ada kerja sama antara SMK aku dulu Sanshin dan Universitas Fooyin, ya biar gampang ga ribet lah, ga pake test gitu gitu, pasti masuk gitu lah. 

Aku dulu pertama sempet pengen masuk jurusan Early Childhood Education. Nah sama wali kelasku di Sanshin dikasih tau di Fooyin terkenal bagus gitu lah, dikasih tau kalo dalem Universitas Fooyin bahkan ada TK nya gitu. Aku dulu sempet mau masuk univ lain jurusan itu juga karena dalem Univnya itu ada TK juga dan lokasi Univnya lebih strategis. Cuma karena ribet akhirnya memutuskan yaudah pilih Fooyin University aja deh gitu.

Kok bisa sampe ambil Bahasa asing? Karena takut bahasanya ga mampu. Walau aku udah di Taiwan 5 tahun tapi baca tulis aku sumpah minim. Di Fooyin pun bahasa asing ada specialtynya di bagi 3 macem gitu, jadi ada bahasa asing yang menjurus ke tourism, ada yang ke arah obat"an/medis, ada juga yang ke arah bisnis. Nah aku jadi tertarik ke yang bisnis ini sih. Menarik gitu, karena mikirnya mungkin lebih gampang karena kalo ujian bisa pake inggris gitu juga. Ga sesusah kalo beneran masuk jurusan bisnis ato apa.

Manteb masuk Fooyin karena gurunya suportif banget ngedukung semua keputusan dan kasih tau ini itu banget, informatif banget guru-gurunya. aku ganti jurusan gitu gurunya langsung bantu hubungi kayak kepala jurusannya yang baru di kenal-kenalin gitu gitu lah. 

Waktu masuk sekolah setelah aku pilih Jurusan asing pun kepala jurusannya juga masih panggil aku dan kasih tawaran buat double degree gitu", tanya concern aku gimana. Care banget. 

Yang aku kaget ternyata kalo mau double degree gitu uang kuliahnya sama! Jadi cukup bayar 1 uang kuliah 1 jurusan aja udah. Menang banget kalo kalian emang niat belajar disini. Nah ada juga ternyata pilihan bukan double degree tapi kayak spesialis gitu, ini tuh jumlah sksnya ga sebanyak double degree, dan katanya di ijazahnya bakalan di tulis misal : Lulusan Bahasa Asing dengan spesialisasi dalam Early Childhood Education gitu.

Double Degree mungkin sks tambahannya harus berapa gitu, nah kalo  spesialis ini asalkan sks wajib pada jurusan tersebut abis aja udah kek gitulah. Ngerti ga? Ahahaha. Bingung jelasinnya soalnya aku sendiri kurang paham detailnya karena aku juga ga jadi ambil takut berat walau agak sayang hehe.

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1X9YEKaiQHxnpuNEcNQsQ9fwkOPOsAhSH

Testimoni sedikit dari aku, di Universitas Fooyin ini jumlah siswa asingnya belom terlalu banyak, kalopun banyak itu dari Vietnam, Malaysia, Hongkong. Murid Indonesia hampir ga ada kecuali dari program lanjutan SMK sambil magang. 

Walaupun aku baru setahun aja di Universitas Fooyin. Aku ngerasa Universitas Fooyin ini lumayan niat ngajarnya, kan ada tuh universitas yang kalo sering ga masuk kadang gapapa asal nilai tugas dan ujian ada. Nah kalo di Fooyin ini lumayan niat gurunya, tugas ya ada lah tapi ga berat atau tergantung kelas. 

Absensinya juga lumayan ketat kalo dari sistem sekolah, walau kadang gurunya emang ga semuanya ketat dalam absen, kayak kadang ga di absen gitu lho. Kalo dari sistem sekolah sendiri kalian harus minimal masuk 2/3 dari pelajaran. Biasanya kan kalo univ gitu masuknya 18 weeks. Kalian harus masuk minimal 12 weeks kalo ga gitu ga bakalan dikasih kesempatan buat UAS. Auto mesti ngulang kelas.

Pelajaran di Fooyin susah ga sih buat siswa asing? Aku jawab dari perspektif aku ya, walaupun aku udah di Taiwan selama 5 tahun nih, aku juga udah pernah SMK di Taiwan, sejujurnya tingkat kemampuan bahasa Mandarinku itu aku sendiri ngerasa masih jelek banget diantara temen yang lain. Mungkin kalo ngomong most likely lancar, ya mungkin salah nada atau salah ngomong dikit juga ada tapi orang bisa understand what I mean kok.

Biasanya gurunya pengertian kalo masih kelas 1 atau kelas 2 dan kadang ini berlanjut sampe kelas 3 dan 4 juga, tapi ada juga dosen yang pengen kita berkembang dalam hal mandarin jadinya terkesan di push. Tapi ya semua tergantung jurusan kalian, karena dosen kan ga semua fasih bahasa Inggris sepertinya.

 

Thank you banget semua yang udah ngebacain blog aku kali ini. Lumayan makan waktu ya buat nulis tentang universitas. Hahaha. Banyak banget ini itunya dan lebih kompleks dari SMK. Semoga kalian puas dengan informasi yang aku sediain kali ini. 

Besok besok lagi..


Salam,

Michiko Akane

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade