Sekolah Bahasa Mandarin Di Taiwan

Halo semuanya..

Kali ini aku pengen kasih info yang beda dari biasanya, bosen ga sih bacaanku hampir 70% itu kayaknya kan isinya tentang SMK semua.. Aku yakin pasti banyak banget diantara kalian yang juga pengen dapet alternatif lain selain SMK.. I mean, kan ga semua orang pengen "ngulang" ya.. Dan aku yakin ga semua pembaca aku dari kalangan remaja yang usianya cuma sampe 22 tahun doang ya kan..

Nah, aku sendiri pernah buka obrolan ini di instagram, kalo kalian follow Ig aku pasti kalian bakalan udah ngerti garis besar dari tulisan aku kali ini. Tapi, kali ini di tulisan aku kali ini aku pengen jelasin lebih banyak dan lebih detail tentang Sekolah Bahasa Di Taiwan.

 

Buat yang ga tau nih, sebenernya ya.. Sekolah Bahasa Mandarin ini cara tergampang kalo mau sekolah di Taiwan, nanti setelah sekolah bahasa baru apply univnya bener bener. Jadi bisa di bilang salah satu jalur belakang biar sekolah di Taiwannya lebih gampang gitu. Ga cuma itu aja, sekolah bahasa ini menurutku bisa jadi sarana survey sekolah idaman dan juga bisa jadi sarana buat jalan jalan lebih lama di Taiwan.

Buat yang masih awam sama sekolah bahasa mandarin di Taiwan nih aku jelasin dulu ya.. Basically, program ini tuh ya program buat kalian yang mau belajar bahasa mandarin di Taiwan. Bukan kayak sekolah tapi lebih kayak les, nah penyedia program ini biasanya universitas Taiwan. 

Course-nya biasanya jangka waktunya itu 3 bulan (1 term), nah visa yang di gunakan ini agak unik, dia lebih menyerupai visa tourist daripada visa sekolah, mangkanya pemegang visa ini sebenernya ilegal untuk kerja walaupun cuma part time. Visa nya emang visa khusus sekolah bahasa gitu lah.. Jujur aku juga ga tau bentuknya gimane, wa kagak pernah liat.

TAPI, karena sekarang masa pandemi, jadi visa sekolah bahasa ini agak dipersulit, beda sama visa student yang sejak pandemi masih bisa goal. Visa sekolah bahasa ini sempet dihentikan dulu dan rencana nya di buka kembali Agustus 2022, dengan syarat kandidat harus mengambil minimal 2 term (6 bulan) kalo mau visa nya keluar.

The good news is, banyak juga universitas yang akhirnya bikin paket course 6 bulan dengan harga yang lebih affordable (ya namanya juga paket), dengan tujuan pastinya nyari murid karena udah ter stop hampir 2 taun.

Dari survey yang aku lakukan di Kaohsiung, program course termurah itu biayanya bahkan ga sampe NTD50.000 (ga sampe 25 juta) udah include materi (termasuk loncat level) sama dorm juga! Papaku juga bilang kalo emang harga segitu udah termasuk murah banget loh. Ya gimana ngga, bisa tinggal di Taiwan tiap hari bisa latihan mandarin (kalo niat), daripada waste berjuta juta les mandarin di Indo ga bisa bisa, mending nyebur di Taiwan. 

 Ambil sekolah bahasa ini juga ga terbatas apakah kamu keturunan tionghoa atau ngga, jadi buat kalian yang non tionghoa dan pengen ikut program ini tuh juga bisa..

Sekarang mari kita bahas tentang program belajarnya seperti apa, jujur aku juga kurang ngeh karena aku ga pernah terjun langsung di program ini, tapi dari yang aku tau jelas beda sama les di Indonesia. Why? Ya karena kalau di Indonesia materi pembelajarannya kan dari tempat les nya, kalau di Taiwan apalagi ini di universitas (terjamin) jadi pastinya sudah sesuai dengan standard dinas pendidikan Taiwan. 

Ngomongin soal standard, kalo ga salah setau aku tuh standard yang di berikan pemerintah tuh paling ga dalam 1 term itu harus bisa naik 1 level, jadi menurutku ini balik ke kalian lagi kalo pengen cepet bisa dan loncat beberapa level dalam waktu 3 bulan tersebut. Say no more to level stuck. 

Sekelasnya biasanya jumlah siswanya juga ga banyak, kira kira sih ya belasan atau 20 orang aja mungkin maxnya per kelas.. pokoknya ga mungkin over 30 orang deh setauku.. Dan sekelasnya bisa jadi bareng bule gitu atau orang asing negara lain.. Seru banget pokoknya buat nyari temen..

Bahasa pengantarnya menggunakan bahasa inggris sesuai aturan pemerintah, jadi buat kalian yang kurang bisa inggris, mungkin bakal jadi hambatan di kelas basic, karena bisa di bayangin kalo ga ngerti di jelasin pake bahasa inggris, dan mandarin kita juga nol.. Tuh pengajarnya gimana jelasin ke kita.. Jadi at least saran aku harus bisa inggris walaupun basic.. (Orang indo rata rata inggrisnya ga jelek jelek amat jadi harusnya bisa kok).

Menariknya lagi kalo aku denger cerita mamaku yang 20 taon lalu itu juga sekolah bahasa di Taiwan, katanya bisa bisa tiap minggu diajak jalan" keliling Taiwan gitu, karena rata rata yang ikut kelas bahasa tuh sering juga punya tujuan jalan jalan, tapi biar lama jadi pake visa sekolah, sekalian belajar bahasa & kultur gitu jadinya.

Jujurly yah, kalo emang niat belajar bahasa basic, apalagi karena takut ga ngerti materi sekolah itu ok ambil sekolah bahasa ini, cuma kalo mau lebih bisa ngomong pake bahasa sehari hari, ato ngerti mandarin lebih dalem, kelas ini sih kurang cocok menurut aku.

Dari penjelasan aku diatas nih siapa yang jadi tertarik buat sekolah bahasa di Taiwan?

Untuk pendaftarannya, kalian bisa langsung hubungi universitas atau melalui agent. Kalo ga mau ribet sih, agent adalah jalan keluar terbaik.. Agent aku kebetulan juga sediain program sekolah bahasa dengan harga yang aku cantumin di atas.

Kontak agentnya bisa melalui email

StudyKeTaiwan@gmail.com


Semoga Bermanfaat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade