Sistem Belajar SMK Sambil Magang

Halo semuanya, ga kerasa udah bulan February dan ga lama lagi pendaftaran juga udah ditutup, gimana file file nya apakah udah siap semua belum?

Mungkin banyak dari kalian atau orang tua yang masih awam dengan sistem belajar di Taiwan khusus nya di program ini secara detail, hanya mungkin paham kalo sistem nya rolling setiap 3 bulan antara magang dan sekolah.

SMK sambil magang ini kebanyakan sekolahnya santai, karena memang beberapa sekolah, apalagi yang siswanya biasanya usianya sudah 18 tahun keatas itu hanya menonjol di magangnya aja. Karena ya.. Di Indonesia udah tamat SMA jadi ke Taiwan lagi ibarat kayak ngulang sehingga muridnya banyak yang kalo dalam bahasa Jawa itu "Aras-arasen", males belajar.

Anak anak jadi suka kerja di bandingin sekolah itu jadinya sangat lumrah, pulang sekolah part time itu udah sangat biasa banget.. Nah ini juga kadang bikin anak di kelas jadi ngantuk dan materinya jadi lama, karena kadang gurunya yang ngajar "ga tega" jadinya ya dibiarkan tidur atau paling diajak bercanda, atau tanya tanya mengenai negara asal. Ya biar ga bosen dan ga bikin capek. Materi pembelajarannya jadi berkurang banyak karena ada proses magang. 

Selain  karena biasanya ada language barrier (sekelas isinya orang asing semua, dan ga semua bisa Mandarin lancar), pembelajarannya jadi lambat dan ga maksimal.. Apalagi biasanya murid murid asing ini di permudah di sekolah, seperti tidak mengikuti ato UAS. KKM di seluruh Taiwan itu diatur pemerintah juga dan semuanya rata nilai minimnya 60 baru lolos. Jadi memang sebenernya ga susah, apalagi di bandingkan dengan Indonesia yang KKM nya bisa 80.

Aku sendiri pppernah nanya ama anak anak beberapa sekolah, salah satunya zhuangjing mereka bilang emang materinya di bandingin kelas reguler itu bahkan ga sampe 50% nya, dan aku dulu di Sanshin ato Shute juga gitu. Aku inget banget 1 buku paket ku dulu bisa buat 2 tahun dan materinya masih ga habis.. Aku tanya orang Taiwan, buku yang sama itu mereka 1 semester udah abis, bahkan buat orang Taiwan yang sekolah sambil magang, karena materinya ngebut jadi ya dalam 3 bulan itu selesai.

Kayak aku udah mention juga diatas, KKM Taiwan itu kan cuma 60 aja, biasanya guruku itu sistemnya dulu, asalkan ga tidur di kelas, ga bolos juga, bakalan udah dikasih 60 minim, jadi emang segampang itu dapet nilai, memang se santai itu.. 

Tapi ga semua sekolah kayak gitu, kayak aku tau itu Huade, mereka ada kasih UAS, biar anaknya bener bener belajar di Taiwan, dan juga kalau memang mau kuliah harus ujian, ada persiapan. Jujur aku ngerasa ini tuh ngebantu banget pas mau kuliah, karena aku kan mau nya dari awal kuliah reguler, nah karena udah di Taiwan aku benernya harus ambil ujian, aku tuh sangat sangat ga yakin buat ikut ujian. Salah satunya ya karena sekolahku ga pernah bener bener ngajarin materi yang di butuhin buat ujian..

Sekolah yang kayak Huade ini jarang menurutku, karena ya aku baru denger yang bahkan ngasih UAS itu ya Huade, belajarnya memang ga di beratkan banget kayak orang Taiwan tapi juga ga ringan, ini terbukti dari anak Huade yang biasanya kalo ujian sertifikasi 90% bahkan 100% lulus semua. 

Disini aku bukan mau ngejatuhin sekolah manapun dan juga promosi sekolah manapun, ini semua opini pribadi aku yang aku pengen sharing, dan mohon ga di salahgunakan.

Penting dicatat, karena sekolah smk sambil magang ini udah santai banget jadi buat yang pengen sekolah aja ga magang, karena alasan takut, dll bagusan ga ambil program ini, (Ini pengalaman pribadi sih, aku memang ternyata ga suka kerja sama orang, ga bisa juga secara fisik dan mentalnya, magang di Taiwan itu biasanya komplit soalnya, beda banget sama kerja di Indonesia kalo kerjanya jobdesk nya apa ya itu yang dikerjain lainnya ngga dikerjain, di Taiwan itu merangkap rangkap).

Pertama karena magang itu dapet nilai yang bantu lulus, kedua karena jadinya ga punya kelas, kok bisa ga punya kelas? Ini berlaku juga buat yang usia nya masih kecil jadi ga bisa magang ya, tolong di simak.

Di Indonesia sendiri lulus SMP itu 14 tahun/15 tahun sementara program SMK ini dibuka mulai dari usia 16 tahun. Karena magang, kerja di Taiwan itu usia minimumnya 16 tahun (aku udah pernah jelasin di tulisanku yang lama). 

Jadi di program sambil magang ini kelasnya di bagi jadi 2 gelombang yaitu yang berangkat kerja dulu (sebutnya gelombang 1) dan yang sekolah dulu (gelombang 2). Misal gelombang 1 nya udah balik dari magang gantian dengan gelombang 2, yang dipelajari itu bukan ngelanjutin pelajaran gelombang 2 tapi ngulang.. Nah darisini kalian ada bayangan ga, kalo misalkan ga magang itu kalian gimana? Bakalan belajar hal yang sama 2x.

Sampe dapet magang ato bisa magang, kalian ga bisa punya pikiran kan kelasku magang, aku ga ada kelas jadinya ya di asrama tidur. Ga ada sistem begini.. Pasti disuruh masuk (orang Taiwan juga), kalo emang ga mau di kelas belajar karena ngulang, ya jadi semacam "teacher's pet" biasanya. Kayak aku dulu sering ga magang dapet magang juga sempet ku tolak karena ga mau di tempatnya. 

Nah masa masa ini aku ngapain? Seringnya di kantor bantu guru dan walikelas buat buat entah apa, kadang bantu sekelas ato bahkan kelas lain buat perpanjang kartu kerja, bantu pesenin guru makanan, bantu daftar sekelas ujian, dll. Kebetulan aja karena mandarinku lumayan, kalo ga ada apa apa ya masuk kelas lagi ujungnya.

Jadi gimana nih? Masih pengen berangkat di usia 15 tahun? Menurutku sih sayang, yang di pelajarin ga makin banyak, mending latihan bahasa setahun.. 

Buat yang mentalnya belum siap kerja juga, Jangan dipaksain kalo memang ga siap, karena jadinya boros uang.. 

Semoga tulisanku hari ini bisa jadi pertimbangan lebih buat kalian, 

Salam,
Michiko Akane 
 
 
Brosur SMK Sanshin jurusan Pariwisata tahun 2022
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade