Pentingnya Kartu Telpon Untuk Ke Taiwan Saat Pandemi

Lagi pengen ngebahas tentang bisnis aku.. Sekalian promosi, Hahaha..


Mungkin sebagian dari kalian ada yang udah tau kalo ke Taiwan sekarang salah satu syaratnya itu harus punya nomor Taiwan. Emang bener sebelum masuk Taiwan harus punya nomor Taiwan. 


Buat yang belum tau mungkin rada bingung, nomor Taiwan buat apa?. 

Jadi berdasarkan ketentuan karantina, buat ngebantu proses karantina agar tertib (karantina di Taiwan selama pandemi ini bener - bener ketat), jadi selama karantina ini kita di lacak. Di lacaknya gimana? Kalau di hotel karantina mungkin lebih ketat karena ada CCTV juga, tapi kalau di rumah sendiri kan orang ini bebas banget, maka dari itu di lacaknya lewat kartu telepon (SIM card) & juga IP address hp. 

Buat detailnya aku kurang tau soalya ini tuh waktu di airport gitu dibuatnya kayaknya.. Kurang ngerti juga, tapi katanya emang harus ada nomor telpon supaya bisa terima sms verifikasi gitu, jadi kalau ga ada kartu telpon pasti ga bisa lolos masuk ke Taiwan.


Udah tau kan pentingnya kartu internet khususnya buat karantina.. Sekarang ayo kita mulai pembahasannya lebih detailnya.. Go!


Kartu telpon ini apa harus udah sama internet?

Aku jawab ini berdasarkan pengetahuanku aja ya.. Jadi kalau salah ya mohon maaf banget..

Sejauh yang aku tau sih ya, yang paling penting itu ada nomornya atau ngga, jadi kalau kartu internet doang ga ada nomornya juga ga bisa. Kalau nomor doang ga ada internet, kayaknya masih bisa.. Buat daftarin IP address HP, soalnya masih bisa pake airport wifi. Cuma emang paling bagus itu kartu telpon + paket internetnya nyala.


Di Airport sekarang katanya udah ga ada orang jualan lagi, nah terus beli kartu telpon ini gimana caranya?

Orang di Airport memang di batasin banget sekarang jumlahnya, ini karena airport itu rentan banget buat jadi tempat penularan covid. Dulu sebelum covid emang di airport ada banyak stand yang jual kartu telpon + paket internet mulai dari harian sampe 1 bulan. Walau emang harganya mahal (dibandingin beli diluar), stand kayak gini ga pernah sepi pembeli, khususnya sama orang orang yang takut banget ga ada internet.

Tapi, berhubung sekarang ini covid, stand stand kayak gini itu di tiadakan (to be honest aku gatau sih karena ga pernah ke airport setelah covid), mungkin kalo di bagian keberangkatan masih ada 7-11 ato family mart tapi kalo kedatangan kayaknya bener bener tutup deh, gatau. Intinya udah ga bisa lagi beli kartu internet dengan cara lama.


Nah terus kalo ga bisa beli begitu, gimana cara belinya sekarang?

Aku bahas buat SMK dulu ya (karena aku tau readers aku mostly dateng ke blog aku karena pengen tau program SMK)

Jadi kalo SMK biasanya udah disiapin dan lebih terima jadi. Terima jadi ini gimana? Jadi, pihak agent ato pihak sekolah biasanya udah bantu bikinin SIMcard gtu. Kalo agent di Indo yg nawarin kemungkinan udah di kasih dari indo kartunya, kalo ga ada, pihak sekolah waktu jemput di airport ada kasih.

Dikasih ini kadang ga free ya, ada SMK yang memang kasih kartu gratis + internet gratis 2 minggu gitu (paket karantina), tapi ada juga yang memang, tidak memberikan fasilitas ini (tolong di cek ke masing - masing sekolah). Kalau dari agent kemungkinan juga disuruh beli paket internet, kadang yang aneh itu kartu dari agent ini cuma bisa sekali pake doang, ga bisa di isi ulang gitu. (pengalaman pribadi).

Kalo kuliah biasanya lebih bebas, kadang bahkan bisa ga dijemput, jadi kalo emang mau di jemput harus bilang dan pastiin. Di jemput inipun belum tentu dikasih kartu telpon, kecuali emang udah bikin janji ama mereka minta di beliin kartu telpon gitu.


Jangan kira di beliin itu enak. Waspada!

Namanya di beliin ini jeleknya kita jadi ga bisa milih kartu telpon mana (provider) & harga berapa, kadang bisa aja isinya cuma nomor doang ga da internetnya, ato gimana. Jadi lebih bagus emang beli sendiri supaya bisa sesuai ama kantong & kebutuhan kita. Belum lagi nomor telpon kita ini bakalan di pake buat bikin dokumen penting dll. Ga kayak di Indonesia yang suka gati ganti nomor di Taiwan nomor telpon penting banget, dan orang ga biasa ganti ganti gitu.

Kalo menurutku pribadi sih lebih aman beli dari agent, karena kalo dari agent kita itu biasanya SIM CARD nya di daftarin pake data kita (passport & visa kita). Walaupun kadang kurangnya ya kayak yang aku tadi sebutin diatas, mungkin ga bisa isi ulang (ini tuh kayak kartu SIMCARD yang dijual di Airport gitu, emang misal sebulan masa pakai abis itu bye - bye, karena emang tujuan kartunya itu biasanya buat yang stay buat jalan jalan gitu, kalo kartu tipe begini sih emang biasanya agak pricey juga). 

Nah kalo dari sekolah ini bayangin aja kalo sekolah ga pernah minta data kalian, terus di airport main bagi kartu aja (ada 1 sekolah yang emang gitu, jadi kalo ga bawa dari Indo pokonya langsung bagi aja), kalian kebayang ga sih itu SIMCard ga tau pake atas nama siapa, misalkan kartu itu ilang kalian jadi ga bisa ke counter resmi buat minta buatin kartu baru (Simcard baru tapi nomor tetep yang lama), karena kartu itu BUKAN ATAS NAMA KALIAN.

Ada juga sekolah yang daftarin kalian buat pake kartu yang pascabayar. Ya kayak di Indonesia, ada sistem pascabayar & prabayar. Aku ngerti maksud sekolah ini mungkin karena ga mau nalangin dulu uang telepon kalian mangkanya mereka pakai cara nyediain kartu pascabayar, cuma as a student aku bener - bener ga nyaranin pake kartu pascabayar. 

Why? Apa salahnya pake kartu pascabayar? Kartu Pascabayar ini menurutku bahaya gitu, karena sistemnya pake dulu baru bayar. Bisa aja hp kalian kepencet pencet terus telpon telpon ga jelas, alhasil, tagihan bengkak. Parahnya sih aku pernah denger kasus katanya ada yang pake kartu temennya buat beli diamond gitu pokoknya buat main game lah, sampe abis banyak. Jadi atas alasan ini sih mangkanya menurutku kartu pascabayar emang kurang cocok. Apalagi sekolah yang buat gitu kita gatau juga limit pemakaian nya berapa. 


Mangkanya disini aku pengen nawarin kartu simcard yang aku jual. Kartu SIMcard yang aku jual ada 3 macem, semuanya ini udah termasuk internet 4G Unlimited 1 tahun, harga mulai NTD 3000 s/d NTD 4500.

Aku jelasin dari yang paling murah dulu. 


Provider T-star

Harga beli NTD 3000

Harga perpanjang paket di apps cuma NTD 2256, bisa perpanjang mandiri dengan cara isi pulsa sendiri ato kalo perpanjang di aku jadi NTD 2500 (Kalau perpanjang di aku udah langsung terima jadi)

Tidak bisa di pakai di Kinmen.


Provider FET (Far East Tone)

Harga beli NTD 4000

Harga perpanjang NTD 1350 / 3 bulan, tidak bisa perpanjang manual.

Harga perpanjang bulanan bisa NTD 500+

Bisa di pakai di Kinmen


Provider Taiwan Mobile (T-mobile)

Harga NTD 4500

Harga perpanjang NTD 2400/6bulan. Tidak bisa perpanjang manual.

Bisa di pakai di Kinmen.


Buat aku bisa terima pembayaran dengan rupiah, harga tergantung kurs hari pembayaran. Semoga bisa membantu. 

ps. kalo emang ada yang minat boleh langsung ke IG aku aja @Michiko_Akane, 

Provider yang besar di Taiwan ini ada 3 sebenernya ; T- Mobile, FET, & Chunghua.


Aku bukan bermaksud nyuruh kalian semua HARUS beli kartu sama aku. Ngga. Cuma ya kalian kan dateng sebagai student, bukan mau hura hura, jadi ada baiknya kalian saving some money dulu. Apalagi di awal, sebaiknya berhemat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade