Pengalaman Part-Time Aku

Aku lagi pengen sharing pengalaman aku tentang Part-Time. Aku sering banget cerita aku ga suka Part-Time, bukan berarti aku ga pernah Part-Time. Jadi disini aku mau share juga kenapa aku ga suka part-time. Mungkin as a bonus, aku bakalan share pengalaman part-time temen aku disini juga. Baca sampe abis yaa..



Pada dasarnya kayak aku pernah bilang, kebanyakan part-time di Taiwan itu lebih banyak ga enaknya daripada magang. Karena orang butuh tenaga part-time itu pasti di jam-jam sibuk, yang mana bikin kerja part time khususnya di restaurant, PASTI CAPEK. Misalnya aja restaurant BBQ, pasti rame waktu weekend, otomatis weekday mungkin mereka cari tenaga part-time cuma 2 orang, kalau weekend mereka tambah jadi 4 orang part-timer.

Emang ga ada ya part time yang enak? Ya ada pasti, tapi susah dicari, gimana-gimana yang enak pasti yang nyari juga banyak. 

Aku sendiri pernah part-time di lumayan banyak tempat, mulai dari salon sampe resto. Berikut ini kisah pegalaman part-time aku

 

  • Restoran

Favoritku sih di buffet restaurantnya Hi-Lai Hotel. Tapi disini mandarin diutamakan, biasanya setelah interview kalian dikasih coba 1x, kalo Bahasa ok misalnya, kalian bakalan di masukin ke group buat 排班 (paiban ini tur jadwal part time, mau ambil misal pulang sekolah ato sabtu minggu). 

Yang mau part time tuh biasanya banyak apalagi jam pulang sekolah, karena yang part time kan ga cuma orang asing doang. Jadi harus rebutan, terus kalian baru tau ada part-time ato ngga itu H-1 nya. Jam terbaik buat part time tuh benernya pagi, lebih gampang masuknya karena biasanya kebanyakan orang lebih suka masuk siang.

Kerjanya sih biasanya cuma angkat piring kotor, capek jalan doang karena harus muter-muter. Tangan juga bisa pegel sih, karena kadang dorongannya penuh dan posisinya abis, jadi harus nunggu, selagi nunggu karena ga boleh diem jadi piring kotor di meja harus diangkat pake nampan. Aku biasanya ambil part time di restoran juga karena dapet makan, lumayan jadinya hemat uang makan.

Yang aku ga suka dari part-time di Hi-Lai buffet tuh karena banyak seafoodnya kadang tangan ga sengaja ketusuk ama cangkang kepiting, alhasil alergi. Terus juga karena aku suka ambil shift malem, jadi kerjanya biasanya disuruh bersih-bersih.

Hi-Lai ini gede, restonya ga cuma buffet, tapi ada wedding hallnya juga. Nah kalo di wedding hall/ballroom ini waktu magang enak, karena ga tiap hari orang pesta ato bikin party lah. Jadi, kalo misalnya kalian magang di ballroom & kebetulan lagi sepi kadang kerjaannya ngelipetin serbet / bersih-bersih apa gitu. Kalau anak part-time pasti dicari nya waktu mereka ada pesta doang

Soal gaji, Hi-Lai ini gajinya keluar 2 minggu setiap hari selasa. Biasanya sih bisa minta tolong ambilin.   

Balik lagi ke ballroom restaurant gitu, itu sistemnya disini beda dari kalian biasa ke kawinan di Indo. kalo di Indo biasanya 1 orang jaga 1 meja, di Taiwan 1 orang minus 3 meja jadi mesti cepet & piringnya berat apalagi kalo menu sup. Jadi aku kurang suka part time di Ballroom. Kalo awal tangan bisa biru-biru gitu. Bedanya lagi kalo orang di Indo nunggu pulang baru minta bungkus, di Taiwan ga nunggu pulang orang udah minta bungkus, dan yang bungkus itu kita. Jadi di pinggir-pinggir ruangannya itu disediain 1 station buat bungkus makanan istilahnya 打包 (dabao).

Ada lagi & aku belum pernah coba itu restoran yang harus pakai pesan makanan. Tbh, pengen banget nyoba tapi kayaknya susah karena aku ga pinter nulis apalagi nulis cepet. Hahaha

Job desk di resto biasanya lebih complex, kadang kalau kamu udah bisa satu hal, misalnya bagian terima telpon gitu, kadang kerjamu bisa jadi bagian terima telpon.

 

  • Pabrik Daging

    Aku juga pernah part time di pabrik daging. Biasanya rame part -time dari pabrik daging ini waktu menjelang musim dingin karena musim dingin orang Taiwan suka banget makan hotpot. Pabrik daging itu dingin! Biasanya 16 derajat kira kira suhunya, tujuannya ya biar dagingnya ga rusak. 

note: yang aku kerjain ini kerjaan cewe, ada juga cowonya, tapi ga banyak. Biasanya cowo disuruh bagian lain yang aku gatau juga apa. Ada yang bilang sih bagian nge pack ato angkat angkat tapi entahlah. Karena wajib pake masker & topi, semua orang keliatan kayak Ninja in White lololol.

    Capek? Ga terlalu paling capek berdiri doang ama tangan jadi dingin, soalnya emang dagingnya itu daging beku. Kerjanya biasanya ya nyusun daging sebelum di masukin ke packaging. Kerjanya  bukan sekedar atur daging aja, harus teliti ngeliat di daging itu ada kotorannya ato ngga. Kadang di daging itu ada tulangnya, nah ini harus dipotong atau kalau males potong harus pinter pinter sembunyiin!. hahah (Aku sih kadang males potong kecuali udah gede banget aku biasanya suruh bagian depan (memang bagian motongin gituan) buat motong. 

    Jadi daging beku di keluarin dari freezer dulu, terus masuk ke mesin potong tipis tipis gitu, abis itu ada yang paling depan ini bagian ngecekin daging nya kotor ato ngga, cuma kalau luput ya kita lagi yang motongin (karena mesinnya kayak restoran sushi gitu jalan terus), cuma pisaunya tuh ga tiap orang pegang 1 jadinya kadang males carinya. Biasanya diaturnya di buat jadi kayak kipas gitu, abis itu disusun jadi 3 tumpukan.

Selain 排肉 (pai rou atau atur daging) ada juga bagian timbang daging gitu. Gatau juga aku lupa ini daging buat apa intinya depan kita ada timbangan (1 orang 1 timbangan)

Aku sendiri kurang suka pergi part-time disini karena aku rada alergi dingin, jadi kalo lagi kerja suka ingusan.

Gajinya, biasanya di transfer ke rekening sebulan sekali kayak gajian gitu. Sistem pabrik kayaknya hampir sama semua.


  • Hotel

Part-time di hotel sih udah kayak kerja magang kayak biasanya, cuma kadang bisa aja jadi bagian bantu yang lagi kerja. Bantuannya berupa bantu buang sampah dan narikin sprei sama sarung bantal, jadi yang lagi kerja tinggal cuci kamar mandi ama langsung kasih sprei biar cepet kerjanya. 

Tapi ga jarang juga emang bersihin. Yang aku tau kalo hotel mahal dan bebintang gitu biasanya ada shift malem juga, tapi kalo malem ini biasanya masuk kamar yang ada tamunya aja (kamar yang ada orang check-in tapi tamunya bisa aja keluar jalan, kadang bisa juga di dalem dan agak awkward... Tapi kalo kayak gini cuma bersihin kamar mandi aja sama mungkin kasih air lebih, dan buang sampah).

Kalo enak sih itu biasanya ngerjain sekamar berdua (biasanya hotel gede doang juga yang  begini), jadi ga bosen dan stress amat, aku ngerasain yang sendiri sih selama ini dan kadang suka stress sendiri karena jarang bisa ngobrol ama orang. Cocok banget buat introvert kayaknya.

Tanggapan aku pribadi, so far Hotel ini paling sulit pertama ato kedua buat aku yang orangnya cukup lemot. Aku sering harus lari lari karena kerjaku lama... Alhasil aku sering ngerasa kurang oksigen karena di ruangan tertutup dan pusing.  


  • Salon

Beranjak ke salon, aku part time di salon tuh waktu di Shute. Biasanya emang part time nya udah di bantu carikan & di tentukan di cabang mana ama sekolah. Jadi ga usah pake acara interview segala.

Jam kerjanya biasaya dari jam 10 sampe jam 7 malem (mereka biasanya terima waktu weekend karena rame). Enaknya sih sekarang boleh part time sehari doang, dulu waktu aku part time ga boleh.

Pertama kali part time biasanya anak-anak disuruh nyapu-nyapu & mengamati tempat kerjanya, ya penyesuaian diri lah. Kenalan ama temen kerja dulu, terus mungkin liat cara kerja, perhatiin letak barang barang, gimana cara ngomong ke client dll.

Kedua ato ketiga kali part-time biasanya udah disuruh buat nyuci rambut client (harus di test guru di salon dulu). Nyuci nya mulai dari yang biasa, baru abis itu diajarin jenis cuci yang lain (tergantung salon sih, cuma kalo tempatku dulu ada beberapa macem).

Soal gaji aku ga ngerti juga sekarang gimana, katanya sih cash tapi harus 2 minggu. Kalo dulu seminggu sekali (tiap hari minggu) & cash juga.

Dulu aku ga mau di bodohin masa seharian part time dikasih 700NTD doang padahal dulu gaji UMRnya 21009ntd. Cuma ujungnya sekali kena paksa, katanya daripada di asrama sendiri. (ya zaman di Shute soalnya emang ga ada yang ngawasin sabtu minggu gitu jadi radak ga boleh suka suka hati).

 

  • Part-time di sekolah!

Iya ada juga part-time di sekolah tapi emang ga dikasih banyak, karena benernya di sekolah itu ibaratnya bantuin doang tapi dikasih duit, duit makan lah. Aku sih ga sering-sering amat ikut beginian. Ada pernah beberapa kali lah, karena kadang gatau mau ngapain jadi yaudah bantu bantu aja gitu kupikir kan.

Bantu-bantunya macem macem, kadang berupa jaga ujian. Sekolah kadang jadi tempat ujian buat orang asing, entah dari perusahaan yang lagi seleksi pegawai atau cari pegawai terus ada ujiannya gitu, ada juga yang memang buat ujian aja, bahasa inggris atau apa.  Ada juga yang sekolah lagi ada acara apa, kita bantu. Kadang dikasih angpao dikit.


  • McDonald's atau KFC

Ini berdasarkan pengalaman temen ya. Katanya kalo part time di McD ato KFC itu emang ga dapet makan ato dapet cuma 1 paket gitu, terus harga paketnya jadi lebih murah 50% ga salah. Lumayan kalo ada yang nitip beli McD ato KFC bisa diuntungin dikit, ato kalo ga pake matah makan kita dijual hahaha. Lumayan dapet tambahan 100NTD itung itung gratis ongkos part time hahaha.

 

  • Minimarket

Kalau ini berdasarkan pengalaman temen juga, diaturin part-time di mini market gitu. Katanya sih capek banget, karena dia cowo, kadang dia bagian angkat angkat barang buat disusun di etalase. Kalau ga ada barang & lagi rame orang buat bayar, ya otomatis bantu kasir juga.

Nah, Seven-eleven dan minimarket lainnya di Taiwan tuh yang di layani ga cuma beli barang doang, mereka ada jasa manasin makanan pke microwave (ini masih gampang). Mereka banyak melayani pembayaran ini itu. Contohnya, pembayaran tagihan listrik, air, telpon. Orang yang beli tiket secara online juga bisa bayar melalui seven-eleven dsb. Ga cuma itu! Seven Eleven bisa kirim uang juga!

Mini-market disini banyak yang kayak indomaret point, jadi ada minumannya segala, dan itu kita yang bikin juga. Di Seven eleven ada mesin photocopy, juga. Jadi ngeprint, copy, bisa lewat seven eleven. Seven Eleven biasanya juga menerima pengiriman barang (lewat sesama seven eleven atau lewat pihak ke 3). Juga di seven eleven ini biasanya orang ambil barang dari shopee, dan platform belanja lainnya.

 

 Papaku selalu bilang masa muda itu penting pengalaman, pernah ngerasain ini itu. Jadi aku part time juga asal dapet pengalaman aja, udah ngerasain ya yaudah gitu. Papaku orangnya ga pernah nyuruh aku buat ngeutamain uang di umur segini. Itu bikin mindset ku jadi kayak sekarang, merasa duit magang udah cukup, jadi buat apa cari part time sampe full banget.

Aku ngerasa bikin bisnis kecil lebih enak daripada part-time, aku juga lebih pengen ngembangin diri lewat tulisan-tulisan aku di blog daripada ngembangin bisnis orang lewat cara part-time. Ya emang sih part-time kalo seharian udah bisa beli sepatu merk sepasang cuma kalo aku sendiri, part time itu cuma sementara aja, nyari pengalaman. Kayak aku kalo dapet pengalaman di share lewat blog. Hahaha.

Karena ya balik lagi, kamu istilahnya udah ngumpulin duit waktu magang, terus masa skolan masih part-time, jadinya kayak ga ada waktu buat kembangin diri, kerja ikut orang bakalan berata kayak robot kalo aku, mgkanya aku ga suka. In fact, aku juga ga suka magang. hahaha. 

Part time tuh menurutku banyak menyita waktu, part time nya mungkin bisa aja cuma 4 jam, tapi waktu perjalanan & juga siap siapnya bisa 2 jam sendiri.

 

 Semangat buat kalian yang lagi cari cari part time ya, semoga bisa nemu yang sesuai dengan kalian. !

Semoga bermanfaat,

 

 Salam,

Michiko Akane

Komentar

  1. Cici pernah sekolah di Shute?😳😳

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Kanala

      Iya pernah dulu 1 semesteran gitu.. hahaha
      kenapa?

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus

  2. cici boleh tanya, apa ada daerah" di taiwan yang susah dapat part-time gitu? Soalnya rada takut ga dapet part-time kalo disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Thank you banget udah ninggalin comment disini..
      Sorry banget aku baru sempet bacain dan balesin comment sekarang..

      Menjawab pertanyaan kamu ini, Kalo soal part time nih dimana mana pasti ada.. Jadi ga usah takut ga kebagian part time.. Tapi balik lagi ke kamu nya mau cari bidang apa.. Kalau mau yang tipe semacam pabrik gitu ya di Taipei pun akan susah dicari, Tapi kalau mau yang bentuknya semacam restoran, sudah pasti kota besar akan banyak banget.

      Kalau mau banyak pilihan banget paling bagus di Taipei, karena part-time di Taipei banyak macemnya, entah jadi semacam accountant part time gitu ato bahkan kerja part time di Shopee gitu di Taipei bisa.

      Sekian jawaban dari aku, semoga bisa membantu pertanyaan kamu.

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade