Culture Shock di Taiwan

Sering banget ngebahas atau hal yang di Taiwan dianggap umum tapi di Indo jadi ga umum. Jadi kali ini aku pengen banget ngebahas tentang culture shock. Ini semua berdasarkan pengalaman pribadi & juga pengalaman dari temen ya. Beberapa juga hal-hal yang menurutku bisa jadi kayak culture shock buat kalian yang dari lingkungan keluarga yang kurang terbuka.

Agama

Di Taiwan, khususnya anak muda tuh udah jarang yang punya agama. Aku kalo ke gereja (Aku kebetulan agama Katolik), gereja yang sering ku datengin tuh kecil, beda banget ama gereja katolik di Indo, ini tuh kayak kapel (Iya se-kecil itu), terus umatnya ga banyak. Kalo misa di hari minggu biasa, umatnya cuma setengah dari kapasitas gerejanya. Kalau Paskah barulah rame tapi rame juga banyakan orang tua, kalau masih muda karena diajak ortu biasanya, atau kalo ngga juga orang asing.

Aku juga pernah masuk gereja Kristen, dikit juga umatnya, cuma anak mudanya ada lah ga sampe dikit banget. Kalau Kristen biasanya ada gereja sendiri sendiri, kayak gereja Indo ya isinya anak-anak Indo. Banyakan disini gereja Filipin sih, jadi kalau ga ketemu gereja Kristen Indonesia, Filipin biasanya pakai Inggris, bisa juga kalian ikut gereja Filipin, daripada kalau mandarin ga ngerti.

Kalau untuk gereja, kalau kalian di Kaohsiung bisa sih nanti aku ajak ke gereja-gereja yang pernah aku datengin, yang aku kenal pendeta ato romo nya. Kalau di Taipei kan Kristen ada Gereja Kristen rame banget anak Indonya, namanya GBI Taipei ga salah.

Kalo Katolik kan nyari ga susah amat, yang susah biasanya kristen, salah masuk tar sesat gimana hahaha.  

Jangan kaget juga kalau di Taiwan kalian liat agama-agama yang di Indo dianggep sesat, aku gatau status sebenernya gimana, tapi mereka kadang buka banner atau bagi-bagi brosur di depan pintu MRT gitu. Contohnya saksi Yehovah, aku pernah ngomong ngomong ama mereka, friendly sih. Cuma ya harus hati-hati aja. Jujur aku di Indo punya temen baik saksi Yehovah dan aku sih fine-fine aja, mereja emana tertutup pernah main kerumah sekali doang. Tapi berteman doang sih orangnya friendly juga jadi aku ga pernah fine problem with them.. Jadi ketemu jemaat saksi Yehovah aku sendiri sih biasa aja. 


Toilet

Banyak banget yang kalo aku bilang di Taiwan itu toiletnya ga ada air itu kaget. Padahal kayaknya di Indo, mall yang gede yang bagus juga seingetku ga ada airnya, kecuali hotel kalo hotel biasanya ga ada semprotan air tapi klosetnya udah bisa nyemprot air. Jadi aku sendiri di Taiwan ga kaget-kaget amat jujur. Ato mungkin karena aku jijik ama semprotan toilet umum jadi aku prefer pake tissue kali ya di Indo. Ya intinya aku ga kaget lah. Hahahaha

Jadi ya prepare tissue aja ama tissue basah, Tissue basah paling yang gede 20 ribu doang kok, hahaha ada yang ga sampe malahan. Tissue kering karena belinya gede, bagi-bagi aja sekamar.

Toilet di Taiwan juga banyakan jongkok, soalnya orang sini jijik ama toilet duduk, karena bokong tempel di dudukan terus kalo rame kan belum sempet di lap ama petugas toiletnya udah di dudukin lagi, jadi mereka jijik. Cuma di mall ato MRT sih pasti ada duduk lumayan banyak, jadi kalo emang suka toilet duduk, tenang aja. Biasanya ada at least 1, biasanya buat orang cacat. Kalo ga ada orang masuk aja ga ada yang ngelarang hahaha.


Orang Taiwan mandinya cuma sekali

Jadi biasanya orang Taiwan itu cuma mandi malem doang, ga mandi pagi. Biasanya pagi ga mandi itu karena malem sebelum tidur mereka udah mandi. Jadi orang Taiwan itu punya kebiasaan mandi malem setelah pulang dari semua aktifitas di luar, jadinya pagina mereka ngerasa masih bersih & cuma cuci muka ama gosok gigi doang.


Sekolah Luar Biasa

Biasa SLB ini sekolahnya khusus untuk anak-anak cacat, di Taiwan biasanya di setiap sekolah ada kelas khusus gitu buat anak anak cacat mental, kalau cacat fisik kurang tau juga mereka di bedain juga atau ngga, cuma aku sering liat sih dulu. Jadi anak anak cacat mental ini diajarin cara bertani tapi yang rumahan gitu, diajarin cara jualan, jadi mereka udah panen misal kangkung gitu kan, mereka keliling kekelas-kelas buat jualan kangkung itu.

Aku ga tau di Taiwan ada ga sekolah khusus buat mereka, cuma yang aku tau ya mereka 1 sekolah ama orang normal juga banyak.


Ada tentara di sekolah 

Kalau kalian suka neliat film Taiwan kayak 'At coffee 6', 'Apple of my eye', 'Our Times', dll. Pasti ga asing ama sosok tentara di sekolah ini. Aku kurang tau jenjang SD ada ga tapi yang jelas sampan di tingkat kuliah sosok tentara ini masih ada.

Kalau ini katanya sih bakalan dihapusin tapi masih beberapa tahun lagi. Tentara ini tujuannya ya jaga sekolah biar tertib & aman. Mereka yang biasa ngehukum kalau kalian ad ga tertib situ. Mereka yang biasa bikin razia. Tentara ini dipanggil JiaoGuan. Benernya mereka kadang ga galak kok, kadang baik banget malahan, cuma namanya kerja hahaha.

Mereka juga di tugasin di asrama, jadi kalau ada yang rame banget guru ga bisa handle, ya panggil jiaoguan ini. Ato kalo ada yang berantem tonjok tonjokan, guru asrama kan banyakan cewe jadi kurang kuat. Tapi biasanya jiaoguan ini turun tangan kalo masalah udah parah. Jadi santai aja, aku dulu kira guru asrama tuh bohong, soalnya ga pernah keliatan. hahaha. Ternyata nih tentara kalo pake baju bebas jadi biasa aja. lol


Barang di Taiwan itu gede gede

Kalo ini bukan shock sih sebenernya, cuma emanı bingung aja jadinya mau ngabisin gimana. Maksudnya gede-gede gimana? Kalian kalo belanja barang sehari-hari itu biasanya dalam ukuran besar, contohnya : sabun, disini ukurannya biasa ukuran 1 liter, shampoo, conditioner juga, kalau ada yang kecilpun biasanya 500 ml keatas. Contoh kedua, Tissue, biasanya dijual kemasan 10 pax gitu. Sabun cuci bau yang bubuk itu ada kemasan yang se-karung gitu.

Jadi barang Taiwan mostly harganya mahal karena ukurannya yang biasa emang lebih gede-gede. Karena gede, jadi saran aku sih kalau emang mau beli mending kongsi, biar bisa hemat.

Orang Taiwan karena suka barang gede-gede itu mereka suka banget ke Costco. Dan emang kuakuin belanjanya jadi murah, bahkan banyak orang Taiwan, khususnya yang mulai agak tua itu nyari sampingan legat belanja di Costco. Mereka kayak buat jasa titip buat beli barang di Costco, jadi kalian ga usah bikin member Costco.


Pelihara anjing

Apa yang salah ama pelihara anjing? Kan gapapa pelihara anjing. Ya emang gapapa pelihara anjing emang, tapi Taiwan kan ga kayak di Indo yang banyak muslimnya, jadi anjing anjing ini di bawa kemana - mana. Yes! Kemana-mana (ya emang pake tali sih bawanya bukan disuruh lari-lari. Jadi jangan heran kalo bakalan sering liat anjing naik motor. 

Anjing- anjing ini juga ga cuma jalan-jalan naik motor, tapi juga pake stroller bayi. Yang lucu aku punya pengalaman liat sekeluarga jalan, anaknya masih balita.. Jalan kaki, yang naik stoller anjingnya. Anjing di Taiwan kalo jalan juga ga cuma ke taman ato ke pantai, banyak tempat di Taiwan bolehin basa anjing, dengan syarat kayak harus dikasih tali, atau masuk di stroller atau harus masuk di tas kecil, kayak misalnya di mall, atau di pasar :) Iya loh anjing masuk mall!

Ini karena orang Taiwan sekarang banyak yang ga mau punya anak, banyak yang mutusin buat ga nikah dan jadiin anjing jadi teman hidup. Orang tua yang anaknya merantau juga suka banget pelihara anjing.


Nah kalo  video di bawah ini perbedaan antara Indonesia dan Taiwan nih

Kayaknya segini dulu ceritaku kali ini hahaha.. kalo ada yang baru aku bakalan update, jadi di tunggu ya :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade