Program Setara SMA di Taiwan

Pilih SMK / SMA?

Halo semua nya ~ lololol

Jadi sekarang aku mau sharing tentang program program sekolah yang setingkat dengan SMA di Taiwan. Jadi buat kalian yang ga terlalu pengen program SMK sambil magang 3+4, kalian tetep bisa lanjut study ke Taiwan kok.

Apa sih untungnya sekolah tingkat SMA di luar negeri, mending di Indonesia aja.. Kan sama aja

EITSSSS.. Jangan salah, sebenernya SMA di Indonesia dengan KURIKULUM INDONESIA itu kurang bagus!

Hah?! Kok bisa? Iya karena lulusan SMA/ sederajat di Indonesia itu sebenernya kurang setara dengan SMA sederajat di luar negeri, ini karena SMA/SMK di luar negeri, termasuk Taiwan, Jika lulus akan mendapatkan gelar DIPLOMA, sedikit lebih tinggi daripada gelar SMA di Indonesia, sehingga jika ingin meneruskan pendidikan kuliah di luar negeri, otomatis biasanya harus mengikuti semacam foundation program.

Progam SMA/SMK ini cocok untuk kalian yang memang ingin melanjutkan SMA/SMK diluar negeri

1.   Program SMK 3+4

Ya seperti yang kalian semua udah tau program ini sistemnya 3 (6) bulan sekolah 3 (6) bulan magang selama 3 tahun.  Aku udah banyak banget nulis tentang ini jadi untuk sekarang aku ga akan jelasin lebih banyak lagi disini hehehe.

Intinya kalian bisa belajar mandiri, bayar uang sekolah sendiri & juga bahkan bisa ngirim balik ke orang tua (asal tidak boros).  

 

2. Program SMK Regular 

Aku emang buat post ini karena pengen banget ngebahas program ini. Jadi banyak SMK Swasta & Negeri Taiwan (bahkan yang ga nerima murid SMK sambil magang) itu punya program ini, dan malahan ga semua sekolah yang nerima SMK 3+4 juga nerima murid program ini.

Program ini cocok buat kalian yang pengen bener-bener sekolah selayaknya orang Taiwan, biar ilmu yang di dapet itu ga kepotong potong. Ibaratnya karena kalian sekolahnya full, pasti bisa belajar lebih banyak daripada yang belajarnya cma setegah seperti di Program SMK 3+4.

(Informasi lebih lanjut tentang program, akan aku buat artikel khususnya, jadi boleh di tunggu)

 

3. Program SMA BanQiao : National Overseas Chinese Senior High


 ini video perkenalan sekolahnya

https://s3-media0.fl.yelpcdn.com/bphoto/za9bYosMHRZwP_3x7lKGLQ/o.jpg

Program ini sudah banyak yang ikut, walaupun kalah popularity nya sama Program SMK 3+4. Mungkin juga karena banyak siswa/i yang takut join program ini karena pelajaran SMA kan banyak teori & semua nya diajarkan dalam Mandarin.

Program SMA ini hanya terdapat di 1 sekolah khusus buatan pemerintah (National). Kalau kata papaku, dari 30 tahun lalu sekolah ini udah ada, sekolah ini dulunya di tujukan buat anak-anak yang HALF atau yang salah satu orang tua nya bukan orang Taiwan. Tapi sekarang menerima juga untuk murid perantauan (Overseas Chinese).

Tetapi karena ini SMA otomatis pelajarannya semua merupakan teori (selayaknya SMA pada umunya). Materi pemebelajarannya semua dalam Mandarin, sehingga akan jauh lebih baik jika ingin masuk program SMA ini, kalian sudah membaca & menulis mandarin dengan lancar.

Belajarnya sendiri sekelas dengan murid perantauan asing lainnya.

SMA seperti ini biasanya lebih memfokuskan para pelajarnya buat sirap menghadapi ujian masuk perguruan tinggi gitu.

 

  • Step Pendaftaran

Karena Program SMA-SMK di Taiwan hanya sekali 1 tahun (beda dengan kuliah yang bisa masuk fall & spring) jadi otomatis pendaftaran nya juga hanya sekali setahun yaitu mulai bulan January.

*) Untuk program SMA, biasanya karena sedikit pemintanya maka tidak semua agent bisa membantu mengurus. Jika memang berminat bisa menghubungi email StudyKeTaiwan@gmail.com 

 

Sampai sini dulu info yang bisa aku bagi kali ini. Boleh leave comment jika ada pertanyaan.

(Blog akan diupdate ketika aku nemu info baru tentang program - program diatas)

Semoga bisa membantu








Komentar

  1. Aku kemaren udah daftar di banqiao sama agen aku, terus katanya ga keterima gara-gara kuotanya full :( Jadi aku SMA dulu 1 tahun di Indo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Karen?

      Oh iya? Setauku sih ga ada kuotanya program ini, cuma kalo dari pihak sekolah yang nentuin kuota itu sih lain cerita.. Tapi emang NOCHS itu muridnya banyak sih.. Mungkin emang bangku mereka terbatas..

      Saranku kalo emang mandarin kamu ok, pilih aja SMK yang ada pilihan 普通科 (putong ke). Putong ke ini tuh sebenernya kayak SMA umum, cuma mungkin kalo ambilnya di SMK itu diajarin skill sedikit sedikit, kayak ada nyicipin pelajaran di SMK, misal masak, ato design (mencicip aja jadi emang ga sampe pro).

      Enaknya lagi kalo pilih ini sih ya, kamu sekelas tuh bareng ama orang Taiwan, kalo NOCHS kan katanya sekelas hampir orang Indo semua, yah well pilihan kamu juga sih..

      I wish you all the best luck deh..

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus


  2. Hallo..mau nanya.. program smk 3+4 kan namanya JJB yak trus kalo SMA namanya ban qiao nah kalo SMK reguler namanya apa ce? Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo
      Thank you ya udah ninggalin comment

      SMK Reguler tuh mandarinnya
      正規班 Bacanya zheng gui ban.

      Berminat join kah? hhahaha

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade