Cara Berhemat Di Taiwan

https://assets.jenius.com/assets/2020/02/03015614/Hidup-Hemat.jpeg 

 

Kalau kalian datang ke Taiwan sebagai student pasti harus banget belajar cara berhemat. Pintar berhemat itu penting banget apalagi kalau baru datang. Meskipun jujur buat aku biaya hidup di Taiwan itu sebenernya ga mahal. temen aku di Taipei asal hemat bisa abis cuma NTD 1000 aja seminggu. Kuncinya sebenernya jangan gampang laper mata aja.

Kali ini aku mau bagi bagi tips berhemat di Taiwan.

 

1.  Bawa Botol Minum KEMANAPUN 

Di Taiwan banyak tempat yang menyediakan dispenser! Sekolah, MRT & Mall khususnya. jika kalian memutus kan untuk beli , harga sebotol air mineral (beli di convenient store seperti family mart/ 7-11) kemasan 600ml biasanya 15-20NTD. Bayangin aja kalian keluar seharian beli 2 botol = 40NTD. Tambah 10 NTD udah bisa dapet nasi goreng di Kaohsiung.

 

2. Masak

Kalau kalian bisa masak di asrama, masak juga salah satu cara berhemat aku, bukan masak mie tapi ya,, GA SEHAT!! Hahaha. Apalagi kalau kalian lagi pengen banget makan masakan Indo, yang mana kalau beli di Rumah Makan Indonesia harganya bisa 100NTD keatas. Masak bener bener bisa jadi jalan keluarnya.

Kalian juga ga perlu khawatir ga bisa masak, karena takut ga bisa nemu bahan-bahannya. Di Toko Indonesia, kalian pasti bisa nemu bumbu instant, seperti bumbu soto, bumbu rendang, bumbu balado, dll. Menurut aku cukup lengkap sih.

Bahan - bahan masak di Taiwan juga menurut aku cukup murah (khususnya di Kaohsiung ya, karena aku domisili Kaohsiung, kalau main ke Taipei aku biasanya cari makanan jadi, jadi kurang tau kalo ternyata harganya ga sama.

Contoh paling simple itu telor, di Taiwan biasa udah beli 1 kotak itu isi 10. Telor biasa warna putih gitu. itu harganya 40 NTD kadang bisa 35NTD doang karena ada yang retak 

Kalau kalian rajin masak, temen ku vegetarian bisa abis cuma 1 juta doang sebulan untuk makan sehari hari (Ini diluar jajan ya, atau belanja makanan sabtu minggu ya itungannya).  

       3. Naik Sepeda

Iya naik sepeda. Sepeda siapa tapi? Sepeda pemerintah dong! Jujur aku kurang tau di kota kecil ada ga sepeda gratis begini, cuma kemiren waktu main ke Tainan sih juga ada. Biasanya sih sepeda ini gratis pakai selama 30 menit pertama. Kalau di Kaohsiung sih 30 menit berikutnya cuma NTD 5 aja. Murah banget kan. Kalian bisa olahraga sambil berhemat. GA USAH NGEGYM juga udah sehat.

Kalau kalian ga mau kena biaya 5 ntd caranya gampang kok, banyak tempat (khususnya tempat jalan jalan, MRT Station & dekat sekolah itu nyediain tempat buat ambil & letak sepeda ini. Jadi kalau emang ga mau rugi ya kalian bisa balikin dulu sepedanya terus diambil lagi. 


4. Pilih Paket Internet yang Tahunan

Di Taiwan paket internet nya semua 4G (4Gnya lebih cepet dari di Indo btw), sudah juga tersedia paket internet 5G juga (lebih mahal). Tapi di Taiwan ini paket nya 80% UNLIMITED (BENER BENER UNLIMITED GA ADA DI BAGI BAGI PAGI MALEM DLL. haha).

Karena paket internet di Taiwan ini udah UNLIMITED tanpa batasan apapun biasanya harga nya agak mahal sekitar 400-600NTD perbulan untuk jaringan 4G (tergantung provider). Coba berhitung sedikit ya, hitung dari 400 sebulan dikali 12, setahun 4800 (2,4 jt). Di Taiwan ada paket internet unlimited tahunan dengan harga mulai dari 3000/tahun!

Sedikit FUN FACT! Paket internet tahunan ini hanya diperuntukan orang asing (bukan orang Taiwan), jadi kalau kalian minta tolong temen kalian orang Taiwan beliin kemungkinan besar mereka ga tau. Kalian juga ga bisa ke counter providernya karena biasa mereka juga ga jual disana.

*) Untuk Paket Internet Unlimited pertahun aku bisa bantu kalian provide ya, kalian bisa hubungi aku melalui DM Instagram kalau mau pesan. Bagi yang belum di Taiwan, aku juga bisa kirim ke sekolah/uni kalian. Jadi begitu bisa sampe bisa langsung punya Internet.


Sekian dulu tulisan aku kali ini, kalau ada tips lain nya aku pasti bakal update!

Thanks for reading!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade