*Update* SMK SanShin

SanShin Vacational High School 
(高雄市私立三信高家事商業職業學校)

Tampak luar SMK Sanshin

SanShin VCS merupakan salah satu SMK Swasta yang terletak di tengah kota Kaohsiung, Taiwan.

 

Sejarah Sanshin

SMK Sanxin di didirikan 1958, sekolah ini awalnya merupakan SMK Putri.

 

 

SMK Sanshin menyediakan 3 jurusan untuk program overseas Chinese SAMBIL MAGANG yaitu;

  •  Tourism / Pariwisata
  •  Kecantikan / Beautification
  •  Food and Beverages / Tata Boga

SMK Sanshin juga menyediakan program sekolah Reguler (sekelas dengan orang Taiwan). Untuk jurusan kelas regulernya, semua jurusan ada, mulai dari jurusan bahasa, jurusan early childhood education sampan jurusan DKV gitu.



Apa saja yang diajarkan di Sanshin?

    Semua pelajarannya akan dalam bahasa Mandarin ya (banyak banget yang tanya kalo pelajarannya full mandarin ato ngga, jadi disini aku jelasin aja deh ya). Ini juga termasuk Bahasa Inggris-nya juga pake mandarin buat ngasih tau artinya (lucunya kalo buat aku dan kebanyakan anak indo lainnya, karena bahasa Inggris di Taiwan itu gampang banget pelajaran SMA kayak pelajaran Inggris SD di Indo, jadi pelajaran Inggris berasa kayak pelajaran Bahasa Mandarin).

*)note: Inggris orang Taiwan biasanya jelek & banyak yang ga bisa Bahasa inggris, jadi kalo kalian bisa Hokkien, Taiwan tempat terbaik meskipun ga bisa mandarin bisa pake hokkien.  

    Di Taiwan ini KKM nya ditentukan sama pemerintah, jadi setiap sekolah KKM nya sama yaitu 60 aja. Untuk ujian sendiri biasanya di Sanshin ini ada ujian harian aja ama tugas doang. Untuk UAS, kelas qiaosheng ga ada.

    Pelajarannya tergantung jurusan yang di pilih pastinya, akan tetapi perlu diingat juga pelajaran- pelajaran pokok seperti komputer, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, Sejarah, Geografi, Matematika, tetap akan ditemui. 

    Di Sanshin sendiri murid asing di wajibkan untuk ikut ujian sertifikat yang diakui secara national dan International*, dan murid Sanshin di haruskan untuk memiliki 1 buah certificate ini untuk agar bisa lulus. Certificate ini sendiri bertujuan untuk membuktikan bahwa murid yang belajar telah menguasai dan memenuhi standard dalam suatu bidang tertentu. Certificate ini digunakan juga jika murid nantinya saat bekerja agar bisa mendapat gaji yang lebih tinggi.

    Ujian ini ada teori & ada prakteknya. Untuk teori sudah diberi soal + jawaban 1000~1500 soal yang harus di hafalkan (soal yang keluar saat ujian adalah acak 80 ~100 soal. Prakteknya harus menyelesaikan task dalam kurun maktu tertentu. Jika teori gagal & praktek lulus maka harus mengulang ujian teori (bayar lagi.. duit melayang hahaha). Tapi kalau praktek gagal teori lulus harus ngulang dua-duanya.

*) Kurang yakin tapi beberapa guru bilang certificate yang di dapat dari ujian tersebut, di sebagian negara telah di akui.

 

  •  Tourism:

Tahun pertama akan lebih banyak diajarkan Table Setting (mengenal jenis-jenis alat makan), dan cara melayani tamu restaurant bintang 5. Ada 2 Table Setting yang diajarkan untuk ujian yaitu untuk western (meja persegi) dan Chinese (meja bulat berisikan 10 orang). Table setting ini akan ujian kenegaraan. 

Praktek ujian kenegaraan untuk table setting sendiri meliputi:

Mengenal sendok, garpu, pisau (jadi biasanya ada menu seperti misalnya steak, makan harus menggunakan garpu & pisau steak, bukan garpu & pisau ikan)

Cara Service (cara meletak kan roti, menuang air, menuang wine, cara membuka serbet, dll)

Seperti ini. (Anak boga juga butuh belajar tapi tidak sampai ujian).



 

Tahun kedua akan belajar Bartending dan Setting ranjang sesuai dengan standard hotel. Ada juga pelajaran memasak masakan barat.

Tahun ketiga karena lebih santai, jadi banyak mendapat pelajaran praktek memasak, seperti masakan jepang, masakan perancis & baking.

 

  •  Kecantikan:


Saat pertama kali datang akan banyak diajari tentang cara mencuci rambut client (cuci tidur & cuci duduk), karena ini merupakan skill paling dasar untuk dapat bekerja di salon.

 

 

l Food & Beverages


 

Tahun pertama mungkin lebih banyak untuk belajar mandarin & belajar potong sayur awal

 

 

Dimana tempat magangnya?

Untuk pertanyaan ini saya kurang bisa menjawab secara detail karena setiap tahun biasanya ada perubahan dan penambahan tempat magang (karena murid yang semakin lama semakin banyak).

 

Secara garis besar bekerja di Taiwan ini tidak ada yang job desk nya hanya itu itu saja, apalagi sebagai murid magang, biasanya perusahaan akan mengajari kita agar jago dalam segala bidang di tempat kita bekerja. Perusahaan akan men-encourage kita agar kita bisa menangani setiap masalah. Ini termasuk dalam hal bersih - bersih.

Kira kira seperti ini;

 

l Jurusan Tourism

Untuk magang jurusan tourism di Sanshin rolling nya setiap 6 bulan, sehingga 6 bulan masa magang dan 6 bulan masa sekolah. Biasanya siswa akan lebih banyak magang yang membutuhkan banyak percakapan, seperti pelayan restoran atau jika mandarin dalam baca & menulis juga bagus, maka bisa mendapat pekerjaan sebagai penerima telpon untuk reservasi Restoran.

 

Pekerjaan yang saat ini disediakan *sejauh yang saya tahu*:

1. Pelayan Restoran All You Can Eat (Job desk utamanya hanya mengambil piring kotor dari meja tamu agar piring & gelas tidak menumpuk).

        Job desk lainnya bisa juga seperti:

        a) Bagian penerima tamu, ini biasanya menentukan tamu akan duduk di mana.

        b) Penerima telepon (untuk reservasi)

        c) Bagian pembayaran

        d) Bagian pemilah sampah (biasanya di pilih yang laki laki atau mandarinnya kurang lancar)

2. Pelayan di Restoran Hotpot (Job desk nya ada 2 biasanya boleh pilih, ingin bekerja di dapur/jadi pelayan, tapi mostly biasanya jurusan tourism akan di encourage untuk jadi pelayan, khususnya perempuan)

a) Jadi pelayan biasanya akan dibutuhkan skill mandarin khususnya dalam bidang sayur-sayuran. Siswa harus bisa mencatat & mengulang pesanan tamu. Tidak menutup kemungkinan juga siswa akan menjadi penerima telpon untuk reservasi restoran.

3. House Keeping Hotel (Job desknya tentu membersihkan kamar tamu, sehari hingga 15 kamar)

4. Bekerja di Resort / Villa (Job desknya bermacam-macam tergantung bagian, tidak ada bagian dapur)

a) ada di restoran, restoran sendiri ada bermacam - macam; all you can eat & ala carte.

b) Menjadi houskeeper, bagian ini cukup susah mengingat villa/resort memiliki detail lebih rumit dibandingkan hotel.

5. Pelayan restoran mie sapi

 

l Jurusan Kecantikan

Magangnya akan berkutat di dunia salon khususnya rambut, di indo lebih di kenal sebagai kapster. Saat ini sejauh yang saya tahu, hanya ada 2 perusahaan salon yang menerima murid overseas chinese (dulunya salon ini merupakan 1 nama namun pecah menjadi 2).

Untuk yang belum jelas job desknya sebagai berikut:

1. Memijat (kepala hingga pundak saja)

2. Mencuci rambut pelanggan (ada 2 metode yaitu cuci sambil tidur & cuci sambil duduk)

3. Mengaplikasikan product kepada pelanggan (mulai dari masker hingga bleach / semir)

4. Creambath.

5. Perm / memasang keriting rambut.

6. Mengeringkan rambut (tidak termasuk styling).

Job desk tambahan : menjual product salon (akan menjadi bonus pemasukan jika client membeli).

 

Jam kerja & libur:

Siswa magang sejauh pengetahuanku sih ya (berdasarkan pengalaman juga), harus datang jam 9 pagi untuk beberes sedikit, seperti melipat handuk, menyapu kembali, meeting sebentar (pengenalan product baru, dll), ini tidak dihitung kerja, mulai kerja pada jam 10.

Off work pada sekitar jam 8 malam, akan tetapi tidak boleh langsung pulang karena masih perlu berberes-beres seperti menyapu, mengepel, buang sampah, membersihkan kamar mandi, membersihkan alat-alat, dsb. Murid magang juga harus menyelesaikan client terakhir yang dilayani sebelum off work.

1 bulan akan mendapat 8 hari libur, akan tetapi akan ada 2 hari (dari hari libur) dimana kita diwajibkan untuk ikut kelas (belajar gratis) tentang warna rambut, produk, dll yang berkaitang dengan salon dan perusahaan. Pada saat belajar ini juga ada evaluasi kemampuan yang akan dinilai, jika lulus akan mendapat uang yang akan ditambahkan pada gaji.

Apa setiap salon sama? Hmm.. Kalau di Sanshin karena ada 2 jadi mirip sih, kurang tau juga bedanya dimana. Tapi, dari aku pergi dua-duanya sih mirip, kalau beda ya mungkin beda dikit, segi harga juga biasanya sama.

Sekamar 8 orang (kalau cewe biasanya cuma diisi 7 orang, karena barang cewe biasanya relatif lebih banyak). Kamar anak cowo lokasinya di lantai 4, sedangkan anak cewe kebanyakan di lantai 5 & sebagian di lantai 4 (antara asrama cewe & cowo dikasih pagar pembatas tinggi & 



l Jurusan Tata Boga


Untuk magang jurusan tata boga di Sanshin rolling nya setiap 6 bulan, sehingga 6 bulan masa magang dan  6 bulan masa sekolah. Magangnya lebih banyak di bagian belakang seperti dapur / pabrik.

 

 

1. Pelayan di Restoran Hotpot (Job desk nya ada 2 biasanya boleh pilih, ingin bekerja di dapur/jadi pelayan, tapi mostly biasanya jurusan tata boga akan lebih banyak di bagian dapur), antara lain;

a) Menyiapkan kuah hotpot

b) Menyusun rapi daging & sayur hotpot

c) Menghias piring dengan sayur yang dibentuk

2. Pabrik roti (Job desknya bermacam macam, bisa jadi membuat adonan, bisa jadi dekat oven, bisa juga jadi tukang angkat roti ke pick up/mobil. Kalau perempun biasanya di tempatkan jadi pembentuk roti/quality control. Tempat kerja relatif panas)

3. Pabrik daging (Job desknya tergantung pabriknya, kalau cewe sih biasanya lebih ringan, mular dari cabut bulu ayam hingga mengatur rapi daging agar siap di packaging)

4. Pabrik makanan instant Mini-Market (Job desknya tergantung bagian, karena mereka produksi tidak                     hanya 1 macam product, ada yang bekerja jadi pembuat sushi, ada yang bekerja jadi pembuat kari, ada juga yang membuat nasinya.)


Universitas Kerja Sama Sanshin


Untuk jurusan pariwisata & Kecantikan, Sanshin ini kerja sama dengan universitas Fooyin.





Biaya SMK SANSHIN 
Untuk biaya SMK Sanshin 2021 bisa dilihat di sini


FAQ About Sanshin

Bagaimana cara ke Sanshin?

Lokasinya strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan.

➳ MRT station terdekat (Wukuaicuo) dapat di tempuh hanya dengan 10 menit jalan kaki.

➳ Bisa juga turun si MRT Sanduo Shopping district lalu naik bus nomor 100/70 dari Shin Kong Mitsukoshi Department Store

➳ Jalan 5 menit sudah terbangun LRT (tengah-tengah SMK guoqi & Wuquan Elementary school)

➳ Di depan sekolah pun terdapat sepeda gratis pakai* dan halte bus.

 

*) gratis pakai selama 30 menit pertama, 5 NTD pada 30 menit selanjutnya.

 

Suasana lingkungan sekolahnya gimana?

Lumayan rame sih ya sekolahnya, cuma memang orang Taiwan sudah mulai sedikit, ini bukan karena sekolahnya jelek, tapi karena populasinya mulai menurun.

Untuk cari makanan pagi juga ga susah, kalau takut terlambat bisa beli makan di dalam sekolah. Di dalam sekolah ada. Dalam sekolah juga ada Family-Mart.


Asrama Sanshin gimana?

Sekamar 8 orang 


Biaya SMK Sanshin

Untuk biaya bisa klik Disini


Pengalaman bersekolah di Sanshin

Sekarang aku sudah jadi murid kelas 3 Tourism, sejauh ini menurutku sih, cukup OK. Awal pertama kali datang kita dapat karantina selama 1 bulan (disuruh lari, berdiri 2 jam, dll) dengernya sih serem ya hahaha. Tapi ini latihan karena waktu kerja kadang kita 8 jam berdiri & jalan nonstop, waktu awal pasti kita bakalan mikir buat apa sih kan capek dll. Tapi waktu kerja pasti ngerti kok :)

 

Awal datang di Sanshin juga 1 bulan agak strict ga boleh keluar jalan jalan & harus ada kakak kelas yang ajak, ini supaya ga kesasar. Keluar nya juga dibatasi ga boleh tiap hari / tiap minggu, gantian sama yang belum pernah pergi. Karena baru datang pasti kita kan butuh beli banyak barang dan lain lain.

 

Di depan sekolah sih ada toserba gitu, jual sabun jual mie, jual ember, cuma kalo kurang bisa minta ke kakak kelas untuk ajak keluar jalan,

 

 Pelajaran kelas 3nya sih agak di campur dengan jurusan Tata Boga, jadi ada dapat pelajaran baking kue

Komentar

  1. Hai kak, aku tertarik nih buat SMK di Taiwan. Kira", aku boleh minta no kontak kakak ga? Gmail misalnya? Soalnya ada banyak yg aku mau tanyain. Misalnya semenjak covid ini, di Taiwan nerima murid baru atau ngga? Makasih kak sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Hallo Shar,
    Thank you for leaving comment. Maaf atas slow respondnya, karena aku baru balik dari Taipei.

    Semenjak Covid ini justru Taiwan membuka kesempatan untuk yang memiliki visa Student. hanya saja karena kondisi Indonesia semakin parah, maka semenjak beberapa hari yang lalu pemerintah Taiwan akhirnya menghentikan sementara penerbangan dari & ke Indonesia.

    Kalau kontak aku (seperti nomor telpon, karena terlalu private) aku ga share ke public ya, mungkin bisa reach out melalui instagram @michiko_akane

    untuk contact agent bisa menghubungi studyketaiwan@gmai.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  3. Hallo kak, mau nanya..
    Kalo misal gk ada keturunan tionghoa sama sekali bisa gak masuk ke SMK di taiwan? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dila, terima kasih sudah meninggallkan comment

      Menanggapi pertanyaan ini, jawaban iya harus berketurunan walaupun sedikit, karena program ii kebetulan dibuat oleh komite overseas chinese Taiwan. bukan program dari kementerian pendidikan.

      Sekian awaban dari aku.
      Thank you

      salam, Michiko

      Hapus
  4. Hai kak sya mau tnya, misalnya bahasa mandarin kita kurang lancar apa bermasalah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halloo,
      Terimakasih udah ninggalin comment
      Sorry baru balas ya

      Kalau soal bahasa sih sebenernya ga lancar juga ga apa, karena aku dulu bahkan ga bisa sama sekali mandarin.. Cuma bekal nekad aja pokoknya..

      Kendalanya mungkin cuma cari tempat magang ama part time nya aja agak susah.. Kalau magang sih masih bisa di pabrik..

      Semoga bisa membantu

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade