Study In Taiwan (Bahasa Ver.)

Hello peeps! hahaha 😊
Balik lagi ke blog aku, I know jarang banget post ke blog.. Karena aku agak sibuk sih emang..

Sebagai pelajar di Taiwan, jadi kali ini aku pengen share ke kalian soal gimana cara study ke Taiwan. Benernya ada banyak banget cara buat study di Taiwan, khususnya buat kalian yang berdarah tionghoa, karena Taiwan lagi ada banyak beasiswa buat overseas Chinese gitu, ditambah lagi Taiwan saat ini juga butuh banyak tenaga kerja, jadi sekarang banyak program sekolah sambil kerja gitu.

Berikut beberapa list yang aku tau soal study ke Taiwan.

1. Program Kelas Bahasa
Ikut program kelas bahasa ini adalah cara paling gampang buat datang di suatu negara (ga hanya Taiwan) untuk belajar & dapat student visa. Biasanya program paling singkat itu 3 bulan & paling lama 1 tahun. Universitas di Taiwan banyak yang sediakan program ini juga, tapi jujur menurutku program ini useless sih, karena kurang bermanfaat gitu, juga banyak makan biaya dan ga bisa part time karena ga ada izin (bisa sih kalo nyolong nyolong tapi ketangkep malah masalah tar).

Kalo emang pingin jalan jalan di Taiwan dengan waktu agak lama bisa lah ikut program ini. Program ini juga ga ada batasan umur, jika minat bisa langsung contact ama Uni yang pengen di masukin aja. Admin uni biasanya pasti bisa pake bahasa inggris dan mereka pasti arahin gimana cara daftar, dll.


2. Program D2 Subsidy (Bagi keturunan tionghoa).

Nama lain dari program ini kelas Haiqing (海青班). Program ini adalah salah satu program resmi yang dibuat oleh pemerintah Taiwan (OCAC), yang udah jalan lebih dari 40 tahun katanya (bahkan bokap gue juga dlu di Taiwan ikut program ini, ambil bisnis). Jadi program ini adalah kuliah 2 tahun secara gratis (hanya bayar living cost + uang praktek aja).

Program ini bisa juga di extend selama 2 tahun untuk mendapatkan gelar S1.

Total sampe saat ini ada hampir 50 jurusan seperti; Bisnis, Fashion Design, Elektro, Performing arts & Design, dll. Uni yang ikut dalam program ini juga bukan hanya uni kecil tapi uni besar juga seperti FengChia University (Universitas Ekonomi Terbaik Taiwan), Asia University, TransWorld University, dll.

Biasanya berangkat 2x setahun karena di Taiwan itu biasanya uni starts kan Fall (September) ama Spring (Maret). Tapi lebih banyak jurusan di Spring sih. Di program ini sih kalian bisa magang 20 jam seminggu (katanya sekarang boleh lebih dan ga ketangkep), tapi harus cari sendiri. Kelasnya ga akan campur sama orang Taiwan but instead bakal banyak orang Malay, dll.

Syarat & Ketentuan:
  • Usia 18-40 tahun
  • Keturunan Tionghoa
  • Minim pendidikan SMA kelas 2

3. Program SMK Kerja (Bagi Keturunan Tionghoa)
Program ini lagi rame banget. Nama lain mandarinnya 輪調班 / 建教班 atau juga program 3+4. Kenapa 3(+4) karena program ini bisa di extend 4 tahun (kuliah), dengan sistem yang sama yaitu 3 bulan sekolah dan 3 bulan kerja. Program ini juga telah berjalan selama 10 tahun.

Program ini resmi dari pemerintah Taiwan (OCAC). Ya kayak namanya program ini SMK (sekolah menengah kejuruan) dengan program magang, yang biasanya rolling setiap 3 bulan, jadi 3 bulan sekolah, 3 bulan kerja (ada juga sekolah yang program rollingnya setiap 6 bulan). Tapi jangan khawatir juga program ini juga ngasih kita kesempatan part time ketika kita di sekolah. 

Syarat:
  • Keturunan Tionghoa
  • Lulus SMP
  • Usia: 16-22 tahun

Untuk info lebih lanjut tentang daftar sekolah dan jurusan bisa klik di sini.

4. Qiao Da / Kelas Yin Fu
Basically 2 ini itu kayak foundation program kalo istilah di dalam Inggris, sama sama kelas penyetaraan gitu apalagi ijazah indonesia masih dianggap ga qualified ato ga setara gitu. Bedanya (mungkin), kalo Qiao Da harus setahun & kelas Yin Fu paling cepet sebulan. Beda lainnya lagi, Kelas Yin Fu ini buat masuk ke Universitas Nasional, kalo Qiao Da lebih buat swasta yang favorite kayaknya.

Ga gitu ngerti gimana cara daftar, dll mungkin bisa hubungi uni yang kalian mau dulu nanti mereka yang arahin gitu. Karena aku tau beberapa uni swasta mereka ga minta ginian.


5. Progran S1 Wajib Kerja
 Ini kayaknya masih baru fresh & aku baru nemu info HANYA 2 UNIVERSITAS yang nyediain, yaitu Vanung University, Taoyuan & TungFang University, Kaohsiung. Simpelnya sih ini sama kayak program SMK tapi S1 (jadi 4 tahun), gaji yang dijanjikan lebih tinggi sedikit, dan TIDAK HARUS KETURUNAN CHINESE.

Untuk info lebih lanjut coba hubungi Uni nya aja, karena bahkan PATI (Perserikatan Alumni Taiwan Indonesia, kalo ga salah namanya, mereka ini organisasi non profit gitu) ga ngerti soal program ini, jadi kemungkinan besar ini bukan program pemerintah tapi program uni tersebut secara independent.

Syarat
Lulus SMA / SMK sederajat

6. Program S1 1+3
Banyak uni swasta sekarang punya program ini, yang aku tau sih contohnya Shu-Te University di Kaohsiung. Kok 1+3? Karena 1 tahunnya buat belajar mandarin dulu, karena 1 kelasnya nanti bakalan sama orang Taiwan asli (Tapi bisa juga ngga sih). Karena ada beberapa uni, mereka bahkan ada yang sekelas isinya orang indo semua.

Cara daftar nya coba hubungi uni yang diminati aja.


7. Program Universitas Biasa.
Ya ini program biasa aja ga ada yang khusus. Ada uni yang pengajarannya pake bahasa inggris. Beberapa info yang aku tau, kadang sekelas bisa isinya bukan orang Taiwan, contoh, di I-Shou University, Kaohsiung jurusan Interior Design, sekelas isinya orang Indo semua. Info lebih lanjut, langsung contact Universitas yang diminati aja


Sebenernya University disini pun banyak program nya ada bahkan beberapa University yang menyediakan program magang bagi siswa nya bahkan diluar negeri, ada juga yang menyediakan program yang memang muridnya diajak untuk student exchange di negara negara dengan Universities yang bekerja sama.


Mungkin info yang aku berikan kurang proper dan kurang lengkap kalian bisa check di Study In Taiwan. Di link itu kalian lebih bisa lihat jurusan di Uni-Uni yang menerima murid asing, bahasa pengantar yang di gunakan, short-term program & testimoni. 


Ini aja info yang aku tau bakalan aku update lagi soon when I have new information
Dan aku bakalan buat versi inggrisnya.
Feel free juga kalo mau tanya bisa add line Ini, atau bisa juga kunjungi FB page Ini

Kalian juga bisa request konten blog asal berkaitan dengan sekolah di Taiwan 


Komentar

  1. Pagi michko daftar di mana ya untuk program smk 3.bln kerja dan 3 sekolah dan brp biaya dan syarat thank semoga sukses di taiwan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo!
      Sorry for really late reply,
      Pendaftaran tahun 2020 February akhir udah di tutup. Kalo untuk pendaftaran 2021 bulan January 2021 baru di buka.

      Untuk infocontact person pendaftaran bisa DIRECT MESSAGE ke Instagram aku ya. 😊.

      Thank you so much for reading ♥️♥️♥️

      Hapus
  2. apakah haiqing akan slalu diterima asalkan keturunan tionghoa? mohon dijawab yaa thankyuu 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena masuknya juga tanpa test, tapi sebisa mungkin usahakan sudah punya basic mandarin agar bisa mengikuti proses pembelajaran.

      Hapus
  3. Hallo dear..
    Anakku minat sekali program ini.apakah saya bisa minta informasi kapan saya bisa mendaftar?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo juga :)
      Form pendaftaran untuk kelas kejuruan 3+4 biasanya kelaur pada bulan December,
      Pendaftaran D2 Subsidy untuk tahun depan sudah lewat.
      Untuk menghindari penumpukan file pada saat pendaftaran dibuka, biasa nya sekarang sudah mulai prapendaftaran (translate dokumen, legalisir rapot, SKHUN & Ijazah)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade