Spill Biaya Keberangkatan SMK Magang Taiwan

 Halo semuanya! 

Selama ini aku selalu info tentang sekolah ke Taiwan, tapi aku ga pernah spill biaya ataupun agentnya secara blak blakan. Jadi kali ini aku mau spill biaya keberangkatan secara detil, apalagi kan sekarang kondisi udah normal, ga covid lagi, harga juga lebih stabil buat di bahas.


Agent aku itu Study ke Taiwan namanya, agentnya namanya Miss Susy, beliau ini sudah terima murid selama 6 tahun. Area kerjanya mostly di Surabaya - Jakarta, tapi muridnya sudah banyak juga yang dari Kalimantan Barat (Pontianak, Singkawang), Sulawesi juga ada, bahkan dari Papua (Sorong).


Kenapa aku rekomen buat kalian daftar di Miss Susy aja?

Dari pengamatanku ya, biasanya agent lain itu punya les-les an mandarin. Jadi kadang berangkatnya itu di paketin dengan les yang mungkin agak mahal, kalo murah pun juga terikat harus les berapa lama. Ga jelek sih program begini, cuma aku pribadi karena kaum mendang mending kurang suka aja, lebih suka belajar sendiri hemat. Tapi kalo agent lain punya tempat kursus Mandarin, pasti ga bisa kasih kita bonus seperti yang diberikan oleh Miss Susy.

KELAS MANDARIN ONLINE GRATIS DENGAN GURU NATIVE SPEAKER. (ASLI ORANG TAIWAN)

Kalian yang nonton tiktokku pasti tau kalo ada 3 sekolah yang kerja sama dengan agent STUDY KE TAIWAN (Miss Susy). Ini salah satu advantage yang paing menggiurkan buat aku sih. Sekarang memang ada ketentuan harus pernah belajar bahasa mandarin setidaknya 240 jam. Kalo les kira kira udah habis berapa juta? Bagi kalian yang kesulitan ekonomi dan pengen banget berangkat ke Taiwan supaya bisa mandiri secara finansial dan membiayai sekolah kalian sendiri, pasti merasa kepentok kalo harus ngeluarin uang beberapa ratus ribu untuk ikut kelas mandarin, bener ga?

Aku tau banyak diantara yang ikut program SMK Magang ini punya background yang mungkin menengah atau bahkan kebawah, sayang banget kalo program bagus kayak SMK malah terhalang dana. Jadinya aku sangat rekomen buat daftar ke Miss Susy atas alasan ini. Kalian cuma perlu bayar biaya pendaftaran aja, soal les mandarin kalian ga usah ngeluarin banyak, cukup sedia paket Internet.

Kalo kalian cari guru native sendiri berapa lagi biayanya? 

Jadi dengan daftar ke Miss Susy aku ngerasa kalian bisa hemat banyak!!!


Selain itu Miss Susy juga nawarin service post-keberangkatan. Apa nih maksudnya?

Banyak agent lain di Taiwan yang setelah kalian berangkat itu ga diurusin lagi, jadi mereka stop ngurusin ketika kalian sampe di Taiwan. Bahkan ada yang mewajibkan kalian tanda tangan surat diatas meterai yang menyatakan bahwa sesampainya kalian di Taiwan, maka kalian sudah akan menjadi tanggung jawab sekolah, bukan lagi agent.

Kalian mungkin sekarang merasa ohh yaudah cuma gitu doang.

Tapi kalau semisal, kalian buntu ga ada yang bantu, mandarin ga bagus, kakak kelas ga berani bantu ngomong ke guru. Siapa yang kalian mau andelin di situasi ini?

Aku dulu juga pernah di situasi di mana ga ada kakak kelas Indo (angkatan pertama sekoah itu), aku alergi dan memang ngerasa ga cocok dengan jurusan itu, aku akhirnya balik ke agent lama aku (memang waktu itu, Surabaya dan Bali sama sekali ga ada agent). Agentku cuma bilang ga bisa pindah sekolah dan kalo pulang ga bisa balik lagi karena sudah lebih dari 120 hari masa stay.

Saking ga betahnya aku akhirnya pulang dan cari agent lain buat berangkatin lagi, karena kan aku ga bisa lanjut karena alergi parah, bukan aku nya manja banyak maunya. Ketemu lah dengan Miss Susy yang waktu itu statusnya cuma anggota organisasi, di bantu ajukan berangkat lagi ke TETO. 

Jadi bagi aku pribadi, aku merasa Miss Susy adalah pribadi yang sangat tanggung jawab terhadap muridnya bahkan setelah di Taiwan. Setiap kali kunjungan ke Taiwan, Miss Susy akan sebisa mugkin meluangkan waktu untuk bertemu murid muridnya dan mereka yang terkena masalah. (Aku pernah nemenin Miss Susy ke Tainan, ketemu anak SMK disana yang katanya ijazahnya di tahan sekolah dan diancam DO, padahal anak ini bukan murid Miss Susy).

Beberapa kali aku juga ada denger Miss Susy bantu complaint masalah pembayaran (minta bantuan untuk mencicil uang sekolah, dsb) ke sekolah.


Ok deh, sekarang ayo kita spill berapa sih nominalnya yang harus di keluarin buat dapet service mewah ini? 

Total yang harus di keluarkan itu biayanya 8,5 juta (seperti yang aku udah spill di Tiktok ya). Tapi eitsss...

Tenang!! Ini tuh ga langsung bayar di depan segitu kok! (Jadi kayak rada dicicil gitu). Jadi kalian bisa tarik napas dan sambil kumpulin uang.

Yang harus di bayar di depan;

1. Administrasi dan Penterjemahan dokumen : 2.000.000 (dilunasi di Sept 2023 - Jan 2024)

Setelah pendaftaran kita harus nunggu sampe di terima kan ya, penerimaan biasanya bulan Mei. Setelah Officially di terima baru bayar lagi ke agent uang berikut ini.


2. Biaya Medical Check Up: 800.000-1.450.000  (Juni/ Juli) (tergantung lokasi/daerah)

3. Biaya Visa : 1.300.000 (Juli/Agust)

4. Tiket Pesawat : 3.500.000 - 6.000.000 (Agust)

5. Airport Handling : 200.000 (luar Jkt) (Agust)


Gimana menurut kalian range harga sekian itu termasuk mahal atau murah?

Menurutku ini sangat murah ya, karena jujur aja aku ada nemu agent yang minta sampe 35 juta untuk berangkatnya aja.


Bagi kalian yang berminat buat daftar, bisa langsung dm aku untuk kontak agentnya 


Thank you!


Ohh iya ini bonus testimony agent aku hehe...











Komentar

  1. Salam kenal Michico, saya Hery. Saya berminat mendaftarkan untuk anak saya Andrea Tan yamg sekarang sedang kelas XII IPS. Domisili di Jakarta. Apakah Michico bisa memberikan imformasi dimana saya bisa menghubungi miss Susy, agen yang Michico referensikan itu?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK Huade

SMK ZhuangJing