SMK di Taiwan, Kuliah & Beasiswa

Halo semuanya.. Udah bulan Maret, pasti banyak banget ortu yang masih galau buat berangkatin anaknya buat SMK di Taiwan..

National Taiwan University - McDonnell International Scholars Academy

Aku ngerti banget kok, apalagi ini once in a lifetime choice dengan pastinya konsekuensi. Ya namanya pilihan pasti ada konsekuensinya ya kan..
Beberapa orang tua bahkan secara pribadi mengutarakan ke galauannya ke aku melalui dm instagram. Salah satu yang menarik perhatian aku adalah pertanyaan tentang SMK di Taiwan dan beasiswa kuliah.

Akhir akhir ini aku juga sangat aktif di tiktok, aku mendapati bahwa beberapa kawan SMK Taiwan di tiktok juga sepertinya ingin kuliah dengan beasiswa ini.. Ya gimana ngga? Beasiswa kuliah kadang bahkan menunjang biaya hidup (seperti di bayar untuk bersekolah. Haha) kalau sudah seperti ini siapa sih yang ga tergiur? Bener ga? Apalagi bagi mereka yang takut dunia kerja (kayak aku).

Setiap program studi apapun dan dimana pun pasti ada plus minusnya, termasuk SMA / SMK di Taiwan dan kuliah di Taiwan.

Dari sejauh yang aku liat, beberapa orangtua takut menyekolahkan anaknya di tingkat SMK / SMA di Taiwan karena ga bisa dapet beasiswa saat kuliah seperti MOE di Taiwan.

Aku sendiri bukan tipe pengejar beasiswa, secara akademis aku juga tidak semenonjol itu jadi aku gimanapun lebih memilih memiliki status overseas Chinese yang sudah pasti dapat subsidi dari pemerintah. Kalaupun uang saku kan bisa dapat dari part time, gaji part time di Taiwan kan juga udah banyak asalkan ga boros.

Menurutku pribadi jalur overseas Chinese itu adalah privilege buat aku yang keturunan Tionghoa dan harus dimanfaatkan.

Perlu banget diingat kalo beasiswa apalagi yang "sultan" pasti banyak peminatnya, ga semua orang bisa dapet, jalurnya juga mungkin khusus international student aja bukan overseas Chinese, kalo ga dapet ato dapetnya sedikit jadinya malah mahal atau beda sedikit dengan program overseas Chinese.

Benernya ikut jalur overseas Chinese itu juga ada beasiswanya kok walau ga "sultan". Menurutku bahkan saingannya sesama overseas chinese itu ga sebanyak international student (International student kan dari seluruh dunia), tetep pastinya dengan syarat nilai. 
 
Ngomongin soal beasiswa Overseas Chinese nih, setauku ada 1 beasiswa dari OCAC bagi semua penyandang jalur Overseas Chinese, kayakya beasiswanya cuma 1tahun sekali dengan syarat ga boleh bolos sekolah dan nilai rata rata diatas 80. Beasiswanya itu paling gede nominalnya NTD 50ribu, dan kalo ga salah semua yang masuk kriteria bakalan dapet NTD 5000.

Beberapa universitas juga ada kasih beasiswa bagi misalkan 3 besar di kelas (ranking) berupa potongan uang sekolah.. Jadi ya sebenernya ga rugi juga kalau masuk SMK / SMA Taiwan dan melanjutkan ke jenjang kuliah, tergantung pinternya kita cari peluang.

Cara lain mungkin dengan aktif mencari  dan ikut lomba (beberapa lomba yang aku tau di selenggarakan oleh OCAC dan memang khusus bagi overseas Chinese aja). Hadiah lomba juga bisa jadi biaya tunjangan sekolah kalian.

Minus nya yang aku liat mungkin kalau dari SMK / SMA Taiwan, masuk university nya (apalagi yang punya target universitas nasional) harus ujian negara (ujian masuk universitas) dan universitas yang kita bisa masuk terbatas dengan hasil nilai kita. Kalo memang pengen dapet beasiswa beasiswa khususnya beasiswa promosi sekolah, kalian bisa juga pakai cara pulang ke Indonesia dulu dan re-apply ke Taiwan, tapi ini belom tentu bisa (aku sih pernah denger ada yang bilang bisa ada yang bilang ga bisa... Bisanya juga harus pake syarat misalkan passportnya udah ganti, nama mandarin juga ganti, dsb).

Tapi, tau ga sih.. Di Indonesia ada program namanya yinfuban (program ini cuma kelas selama 9/10 weeks gitu belajar biar bisa ikut ujian masuk universitas Taiwan). Program ini harganya 20 juta ga salah, cuma buat prepare ujian dan ujian, kalo nilai jelek pilihannya ke sekolah kayak foundation gitu persiapan lagi buat ujian tahun depan (tentunya biaya lagi), atau pulang ke Indonesia belajar sendiri. Biasanya peserta program ini tuh ambisinya buat masuk ke university nasional dengan jalur overseas Chinese (karena murah).

I mean.. Some people is actually dying to get what we easily get. Dari SMA / SMK Taiwan daftar ujian masuk universitas itu gampang gampang aja apalagi kalo di bantu sekolah, ga usah ngeluarin biaya lebih. Dan juga ibaratnya kita udah nyolong start, yinfuban belajar cuma 3 bulan, anak SMA/SMK Taiwan persiapannya 3 tahun.

Disini aku ga bermaksud menghasut bilang program SMA /SMK Taiwan sangat bagus ya. Ngga ada sama sekali maksud begitu. Aku disini pengen ngelurusin aja kalo walaupun jalur SMK / SMA Taiwan tetep ada caranya biar bisa sekolah murah.

Aku pernah mention buat mengevaluasi program SMK Taiwan yang sambil magang secara keseluruhan, termasuk kuliahnya. Kuliahnya SMK ini memang aku sendiri merasa kurang worth karena belajarnya jadi sedikit, cuma bukan berarti 100% jelek. Buat yang suka kerja, kapan lagi kerja, dinilai dan masuk nilai sks. Lulusnya juga S1, kuliahnya jadi ringan karena tugasnya mungkin ga banyak. Dari sisi uang sekolah biasanya tidak semahal uang sekolah kuliah reguler. Semua plus minus itu tergantung dari perpekstif kita aja.

Kalo memang anaknya atau kita cari peluang ditambah dengan kehendak Tuhan, ga ada yang ga mungkin kok. Bisa jadi memang beasiswa di Taiwan nya ga dapet, tapi kan bisa dapet beasiswa di tempat lain. Contohnya temennya partner aku, ada 1 yang dapet beasiswa full di Russia karena bisa mandarin, kuliahnya juga sambil kerja gitu mungkin sebagai gantinya kuliah, ga ngerti juga detailnya gimana karena aku ga kenal langsung. Ada juga 1 lagi ke Jepang, entah beasiswa atau ngga, pokoknya apply setelah dari Taiwan, yang di pake daftar itu rapot Taiwan (lulusan jurusan IT).

Itu kalo ngejarnya beasiswa, kalo ngejarnya kerja kayaknya ga usah di ragukan lagi, apalagi buat yang mau belajar IT, elektro dan jurusan setipe lainnya.
 
Apalagi kan setelah lulus dari SMK/SMA di Taiwan, gelar yang kita dapetin itu Diploma (D1), beda dengan di Indonesia yang gelarnya sedikit lebih rendah daripada lulusan high school diluar negeri.
 
Gelar diploma doang ini gunanya apa, nah aku sendiri dulu kan sempet pengen kuliah di UK, aku sendiri ada cari cari informasi.. Biasanya kalo lulusan Indonesia sama universitas universitas ini disuruh masuk foundation program yang kira kira lamanya itu 9 bulan. Apa itu Foundation program? Foundation program itu kayak kelas penyetaraan ijazah SMA/SMK Indonesia ke gelar Diploma itu tadi.

Nah jadi kalo selepas SMA / SMK di Taiwan terus mau lanjut kuliah di negara lain, kalian bisa skip nih foundation program, lumayan juga hemat waktu dan biaya 9 bulan hehe.

Sampe sini dulu artikelku kali ini.. Aku ngebut nih bikinnya biar ga telalu terlambat buat di renungkan. Sorry kalau dalam penulisanku belibet dan susah dimengerti. Kedepannya pasti akan aku edit dan perbaiki.

Tentunya.. Semoga bermanfaat.
Salam,
Michiko Akane.

Komentar

  1. SMK disana boleh rambut panjang nggak??

    BalasHapus
  2. Hallo

    Thank you udah ninggalin comment..

    SMK Di Taiwan benernya ga seketat itu kok, rambut ga boleh di cat tapi boleh panjang dan kalo kesekolah biasanya harus rapi di kuncir aja bukan di urai..

    Semoga bermanfaat!

    Salam,
    Michiko Akane

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMK negeri di kaohSiung apa aja?

      Hapus
    2. Halo
      Terima Kasih udah ninggalin comment

      SMK yang partisipasi untuk program sambil magang ga ada yang SMK Negeri ya..
      :)

      Salam,
      Michiko Akane

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Sekolah SMK 3+4 Sambil Kerja di Taiwan

SMK ZhuangJing

SMK Huade